Beranda > Artikel > 10 Makanan Penambah Imun Tubuh Untuk Anda

10 Makanan Penambah Imun Tubuh Untuk Anda

Dalam keseharian, kita seringkali terpapar dengan mikroba yang berpotensi membahayakan kesehatan kita. Sistem imun tubuh, merupakan rangkaian kompleks memiliki beberapa jalur untuk melindungi tubuh dari penyakit yang dapat ditimbulkan. Selama musim hujan, dimana banyak orang menderita flu terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang mencari makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Nutrisi penting seperti vitamin C yang terdapat dalam buah sitrus, teh dan juga madu merupakan beberapa contoh makanan yang dicari banyak orang. Sistem imun sendiri merupakan rangkaian sistem yang kompleks dan dipengaruhi banyak faktor seperti gaya hidup, lingkungan dan makanan. Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang meliputi berbagai macam vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lainnya sangat efektif untuk menjaga imun tubuh dan membantu untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit.

Makanan yang rendah nutrisi dan makanan kalengan atau instan dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh. Diet Western yang mengkonsumsi banyak gula olahan, daging merah dan rendah buah-buahan dan sayuran juga dapat mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme usus yang mengakibatkan inflamasi dan imunitas yang menurun. Maka dari itu, sangat penting untuk memilah makanan mana yang dikonsumsi untuk tetap menjaga kesehatan.

 

Berikut 11 daftar makanan penambah imun tubuh :

  1. Buah sitrus

Yang termasuk dalam golongan buah ini meliputi jeruk, anggur, lemon, jeruk nipis. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat meningkatkan imunitas. Karena tubuh kita tidak memproduksi, vitamin C, maka sangat penting untuk menambahkan konsumsinya setiap haro. Rekomendasi vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

  1. Paprika

Paprika juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi bahkan dibandingkan seluruh sayuran dan buah-buahan. Kandungannya lebih banyak 3 kali lipat dibandingkan buah jeruk. Selain itu, paprika juga memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

  1. Brokoli

Brokoli meruoakan sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kandungan yang terdapat didalamnya meliputi vitamin A, C dan E, serat dan antioksidan. Cara konsumsi terbaik adalah dengan mengukusnya agar kandungan nutrisi didalamnya tidak hilang.

  1. Bawang putih

Bawang putih hampir selalu ditambahakan dalam setiap masakan karena memperkaya citarasa makanan. Kandungan yang memperkuat imun dalam bawang putih adalah allicin. Selain itu, bawang putih juga dapat melawan infeksi dan menurunkan tekanan darah.

  1. Jahe

Jahe dapat menurunkan proses inflamasi yang terjadi dalam tubuh jika sedang terjadi infeksi. Selain itu, jahe juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri dan menurunkan kolesterol

  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga membantu memperkuat sistem imun tubuh. Proses memasak yang direkomendasikan adalah dengan waktu yang singkat agar kandungan nutrisinya tidak terbuang

  1. Yoghurt

Yoghurt mengandung prebiotik yang berfungsi menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu meregulasi sistem imun tubuh

  1. Kacang almond

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi. Kandungan ini membantu sistem imun tubuh kita bekerja lebih baik dan mendukung kerja dari vitamin C.

  1. Teh hijau

The hijau memiliki kandungan flavonoid, yaitu antioksidan kuat. Selain itu, juga memiliki kandungan asam amino L-theanine yang dapat membantu kerja sel darah putih untuk memberantas bakteri

  1. Sup ayam

Sup merupakan salah makanan yang dicari ketika sedang sakit, hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B-6 didalamnya. Vitamin ini sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah baru dan membantu banyak reaksi kimia dalam tubuh. Kaldu dari sup yang dibuat dari tulang ayam juga memiliki banyak kandungan nutrisi untuk imunitas tubuh.

 

Referensi

  • 15 foods to boost the immune system [Internet]. 2018. Available from: https://www. medicalnewstoday.com/articles/322412
  • What to Eat and Drink to Boost Your Immune System [Internet]. Healthline. 2020. Available from: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system
  • Nutrition and Immunity [Internet]. The Nutrition Source. 2020. Available from: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/
  • Immune-Boosting Foods [Internet]. WebMD. Available from: https://www.webmd.com /cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :