Beranda > Artikel > 10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu (Morinda citrifolia) banyak ditemukan di daerah kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, Australia dan India. Buah ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun, untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

 

Buah mengkudu mengandung beragam jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Glukosa
  • Asam folat
  • Mineral, seperti: kalium, magnesium, kalsium

 

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah mengkudu, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

  1. Antioksidan

Beberapa penelitian yang menggunakan buah mengkudu menunjukan hasil yang cukup memuaskan untuk mengurangi kadar radikal bebas yang ditumbulkan dari paparan asap rokok, polusi udara, atau radiasi. Dengan kombinasi konsumsi buah mengkudu dan gaya hidup sehat dapat semakin mengoptimalkan efek antioksidan dari mengkudu.

 

  1. Menurunkan kadar kolestrol darah

Studi menunjukan setelah konsumsi jus mengkudu dalam waktu 30 hari, kadar kolestrol total dan trigliserida dalam darah mengalami penurunan. Hal ini juga berkaitan dengan efek mengkudu sebagai antioksidan.

 

  1. Mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki mobilitas

Buah mengkudu bersama dengan fisioterapi yang efektif dapat membantu mengurangi nyeri di persendian dan memperbaiki mobilitas (range of motion). Hal ini menunjukan manfaat antiperadangan dari buah mengkudu.

 

  1. Menjaga ketahanan tubuh

Mengkudu mempengaruhi penggunaan oksigen oleh sel selama aktifitas fisik. Peningkatan penggunaan oksigen ini dapat membantu menjaga ketahanan tubuh menjadi lebih baik.

 

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Efek oksidan atau radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh, karena dapat menimbulkan banyak penyakit. Konsumsi buah mengkudu yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap radikal bebas ini dan menjaga tubuh dari kuman yang masuk.

 

  1. Mengurangi kerusakan sel

Buah mengkudu dapat mengurangi efek berbahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok dan menurunkan kadar racun di dalam darah.

 

  1. Membantu mengontrol berat badan

Studi menunjukan bahwa konsumsi buah mengkudu dikombinasikan dengan pembatasan kalori dan olah raga yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

 

  1. Mengurangi mual dan gangguan pencernaan

Beberapa penelitian awal menunjukan manfaat buah mengkudu untuk mengurangi mual paska operasi.

 

  1. Mengurangi risiko kanker

Efek antioksidan yang dimiliki buah mengkudu berperan penting dalam mengurangi efek radikal bebas yang dapat memicu timbulnya kanker pada seseorang.

 

  1. Menjaga tekanan darah

Tingginya kadar kolestrol dalam darah berkaitan dengan timbulnya plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan masalah pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), salah satunya adalah hipertensi (kenaikan tekanan darah). Buah mengkudu, bila dikombinasikan dengan pola hidup sehat, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

 

Buah mengkudu dapat diolah sesuai dengan selera masing-masing. Buah ini dapat dimakan mentah maupun dicampur dengan buah-buahan lain dalam bentuk jus. Terdapat beberapa suplemen pula dengan kandungan mengkudu.

 

Meskipun banyak manfaat, buah ini juga memiliki beberapa efek sampiung yang harus diwaspadai:

Mengkudu mengandung cukup tinggi kandungan gula, sebaiknya dihindari pada pasien diabetes. Selain itu, kandungan kalium dalam buah ini juga tidak baik untuk penderita gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi. Buah ini juga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat tekanan darah tinggi dan pengencer darah. Pada penderita penyakit-penyakit tersebut sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

 

Referensi

  • Oly-Alawuba, N., & Iwunze, A. (n.d.). Evaluation of Nutrient, Antinutrient and Phytochemical Prop-erties of Noni Fruit (Morinda citrifolia); (Concentrate, Pulp, And Seed) (P10-047-19).
  • WebMD. (2020, November 10). Health Benefits of Noni Juice. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-noni-juice#1
  • WebMD. (2021). Noni. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-758/noni
  • West, B. J., Deng, S., Isami, F., Uwaya, A., & Jensen, C. J. (2018). The potential health benefits of noni juice: A review of human intervention studies. In Foods (Vol. 7, Issue 4). MDPI Multidisciplinary Digital Publishing Institute. https://doi.org/10.3390/foods7040058
  • Zamarippa, M. (2019, March 24). What Is Noni Juice? Everything You Need to Know. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/noni-juice

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :