Beranda > Artikel > 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Apa itu minyak zaitun?

Minyak zaitun didapatkan dari ekstrak zaitun dan banyak digunakan dalam memasak, khususnya hidangan Mediterania. Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi asam lemak tak jenuh, yang disebut oleic acid, membuat minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsinya, seperti menurunkan kadar kolestrol dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi, dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan lain-lain. Selain itu minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk wajah dan rambut.

 

10 manfaat minyak zaitun untuk wajah

  1. Mengurangi risiko paparan sinar matahari.

Sinar matahari mengandung gelombang ultraviolet yang dapat membentuk radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Minyak zaitun yang memiliki efek antioksidan dapat membantu mengurangi risiko ini.

 

  1. Membantu pengobatan kulit yang terinfeksi.

Bakteri Staphylococcus aureus dapat menyebabkan infeksi serius di kulit. Beberapa penelitian menunjukan efek antibakteri yang dimiliki minyak zaitun dan dapat membantu mengatasi infeksi kulit yang disebabkan bakteri ini, disamping pemberian antibiotik yang tepat.

 

  1. Melembabkan kulit.

Mengoleskan minyak zaitun di wajah dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering. Terutama bila digunakan sebelum paparan dengan sinar matahari dan timbulnya minyak berlebih di wajah.

 

  1. Membuang kulit mati.

Campuran mnyak zaitun dan sedikit garam dapat bermanfaat untuk membuang kulit mati pada wajah.

 

  1. Menghapus riasan wajah.

Minyak zaitun dapat memecah bahan tahan air yang terdapat dalam beberapa jenis alat rias. Beberapa tetes minyak zaitun di kapas dapat digunakan untuk menghapus riasan wajah secara alami.

 

  1. Dapat digunakan sebagai masker wjah.

Minyak zaitun, ditambah dengan bahan-bahan lain seperti putih telur, madu murni, dan oatmeal, dapat digunakan sebagai masker wajah yang sangat bermanfaat untuk orang dengan kulit kering.

 

  1. Mengurangi keriput pada kulit.

Efek antioksidan yang dimiliki minyak zaitun dapat mengurangi penuaan pada kulit dan mencegah kulit berkeriput. Minyak zaitun dapat dioleskan di malam hari atau sebelum terpapar sinar matahari.

 

  1. Mengandung banyak vitamin.

Kandungan vitamin yang cukup banyak dalam minyak zaitun, yang meliputi vitamin A, D, E, dan K sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan mengatasi beberapa masalah di kulit, seperti psoriasis.

 

  1. Mengurangi risiko timbulnya kanker.

Efek antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi reaksi yang ditimbulkan oleh radikal bebas, yang dipercaya merupakan salah satu faktor yang memicu timbulnya kanker pada tubuh kita.

 

  1. Mengandung asam lemak tak jenuh.

Konsumsi minyak berlebih dapat meningkatkan kadar lemak di dalam darah. Namun minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi, di mana lemak tak jenuh ini baik untuk mengurangi timbulnya peradangan di wajah dan membantu mencerahkan wajah.

 

Ada banyak jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran. Memilih minyak zaitun dengan kualitas yang baik adalah kunci untuk mendapatkan beragam manfaatnya. Kualitas minyak zaitun yang tidak baik dan penggunaan yang berlebihan justru akan menyebabkan beragam masalah, seperti merusak perlindungan kulit hingga menyebabkan eksim. Sebelum menggunakan minyak zaitun untuk area wajah, sebaiknya dioleskan sedikit di area tangan untuk melihat ada tidaknya reaksi alergi.

Minyak zaitun dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, sehingga sebelum mengkonsumsi selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan menghindari efek yang tidak diharapkan.

 

Referensi

  • Bruise, C. (2018, September 18). Olive Oil Benefits for Your Face. Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-benefits-face
  • Leech, J. (2018, September 14). 11 Proven Benefits of Olive Oil. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-olive-oil
  • WebMD. (2021). Olive: Uses and Precautions. WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientreview-233-olive?drugid=233&drugname=OLIVE

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :