Beranda > Artikel > 10 Manfaat Vitamin D untuk Pria

10 Manfaat Vitamin D untuk Pria

Apa itu vitamin D?

Vitamin D (atau biasa disebut calciferol) yang merupakan salah satu mikronutrien yang penting untuk tubuh adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan dapat ditemukan di beberapa jenis makanan. Vitamin ini juga diproduksi oleh tubuh kita saat terkena cahaya matahari. Vitamin D yang didapat dari makanan, suplemen atau cahaya matahari merupakan bentuk yang belum aktif dan akan diubah menjadi bentuk aktif nya di hati dan ginjal.

 

Apa saja manfaat vitamin D?

Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh seorang pria, yaitu:

  1. Tulang yang sehat.

Vitamin D berguna dalam penyerapan kalsium di usus, sehingga membantu mempertahankan kadar kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang, serta mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

  1. Mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis)

Bersama dengan kalsium, vitamin D juga membantu mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis) pada wanita dewasa.

  1. Membuat gigi lebih sehat.

Penelitian menunjukkan konsumsi vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko gigi berlubang hingga 36-49%.

  1. Mengurangi risiko infeksi.

Vitamin D juga berperan untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem imunitas/kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan mental dan daya ingat.

Penelitian menunjukan bahwa seseorang dengan kadar vitamin D yang tinggi memiliki kecenderungan lebih rendah untuk mengalami gangguan daya ingat dan menderita depresi.

  1. Mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang tidak jarang ditemui. Kadar vitamin D yang cukup dalam darah dapat menghambat pertumbuhan kanker dan menyebabkan kerusakan sel-sel kanker tersebut.

  1. Mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung.

Vitamin D membantu tubuh mengatur keseimbangan sistem kardiovaskular. Dimana kadar vitamin D yang tinggi pada pria dengan gagal jantung dapat mengurangi risiko perburukan dan kematian.

  1. Sebagai terapi penunjang penyakit psoriasis.

Penggunaan vitamin D atau obat-obatan oles tang mengandung vitamin D dapat membantu pemulihan penyakit psoriasis.

  1. Membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa pada pria dengan gangguan ereksi (disfungsi ereksi) memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam darah. Vitamin D bersama dengan terapi yang adekuat dapat meningkatkan produksi NO (nitric oxide) yang berperan penting dalam ereksi.

  1. Mengurangi risiko perburukan gejala COVID-19.

Vitamin D berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh yang akan membantu melawan virus COVID-19 dan menurunkan risiko kematian akibat COVID-19.

 

Bagaimana bila tubuh kekurangan vitamin D?

Pada kondisi kekurangan vitamin D (kadar vitamin D dalam darah kurang dari 30 ng/mL), tulang akan menjadi tipis, rapuh, dan cacat (bentuk tidak sempurna). Hal ini akan menyebabkan rakitis pada anak dan osteomalacia (tulang lemah) pada dewasa. Selain itu, pada wanita hamil, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan perkembangan dan pertumbuhan tulang janin, meningkatkan risiko kelahiran prematur, dan meningkatkan risiko infeksi saat bersalin. Kelainan pada gigi juga tidak jarang ditemukan pada wanita dengan kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D pada ibu menyusui dapat menyebabkan defisiensi pada bayi dan dapat mengganggu pertumbuhan tulang bayi.

 

Kekurangan vitamin D dapat disebabkan karena kurangnya intake makanan yang mengandung vitamin D, gangguan penyerapan tubuh, penggunaan obat-obatan tertentu, gagal ginjal dan obesitas, dan kurangnya paparan sinar matahari.

 

 

Darimana saja sumber vitamin D?

Makanan

Vitamin D dapat ditemukan dari beberapa jenis makanan, antara lain ikan laut (salmon, herring, mackerel), susu sapi, daging merah, hati sapi, keju, jamur, dan kuning telur.

Selain itu buah-buahan dan sayuran tertentu juga mengandung vitamin D, seperti apel, pisang, brokoli, wortel, dan beberapa kacang-kacangan (edamame dan almond). Beberapa makanan seperti produk susu, juga telah diperkaya dengan vitamin D yang akan membantu melengkapi kebutuhan harian seorang wanita.

 

Sinar matahari

Paparan sinar matahari, dimana ultraviolet akan mengubah provitamin D di dalam tubuh menjadi vitamin D. Para ahli merekomendasikan berjemur di antara pk 10-14 selama 5-30 menit, minimal 2 kali seminggu dapat membantu pembentukan vitamin D yang optimal.

Namun perlu diingat, paparan sinar matahari berlebihan juga memiliki dampak buruk pada kesehatan kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit.

 

Referensi

  • Harvard Health Publishing. (2019, May 17). Vitamin D and your health: Breaking old rules, raising new hopes. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/vitamin-d-and-your-health-breaking-old-rules-raising-new-hopes
  • NIH. (2021, April 21). COVID-19 Treatment Guidelines. https://www.covid19treatmentguidelines.nih.gov/therapies/supplements/zinc/
  • Talib, R. A., Khalafalla, K., & Cangüven, Ö. (2017). Vitamin D supplementation on erectile function. In Turk J Urol (Vol. 43, Issue 2, pp. 105–111). AVES Ibrahim Kara. https://doi.org/10.5152/tud.2017.76032
  • Khadilkar, S. S. (2013). The Emerging Role of Vitamin D3 in Women’s Health. J Obstet Gynaecol India, 63(3), 147-150.
  • NIH. (2021, March). National Institutes of Health. Retrieved from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminD-HealthProfessional/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :