Beranda > Artikel > 10 Manfaat Vitamin D untuk Wanita

10 Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Apa itu vitamin D?

Vitamin D (atau biasa disebut calciferol) adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan dapat ditemukan di beberapa jenis makanan. Vitamin ini juga diproduksi oleh tubuh kita saat terkena cahaya matahari. Vitamin D yang didapat dari makanan, suplemen atau cahaya matahari merupakan bentuk yang belum aktif dan akan diubah menjadi bentuk aktif nya di hati dan ginjal.

 

Apa saja manfaat vitamin D?

Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu:

  1. Tulang yang sehat.

Vitamin D berguna dalam penyerapan kalsium di usus, sehingga membantu mempertahankan kadar kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang.

  1. Mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis)

Bersama dengan kalsium, vitamin D juga membantu mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis) pada wanita dewasa.

  1. Membuat gigi lebih sehat.

Penelitian menunjukkan konsumsi vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko gigi berlubang hingga 36-49%.

  1. Mengurangi risiko infeksi.

Vitamin D juga berperan untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem imunitas/kekebalan tubuh.

  1. Kehamilan yang sehat.

Pada wanita hamil dengan kadar vitamin D yang cukup akan mengurangi risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan, seperti tekanan darah tinggi (preeklamsia) dan kelahiran prematur.

  1. Bayi yang lebih sehat.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin D berperan penting untuk mengurangi risiko timbulnya alergi pada bayi dan berguna sebagi terapi tambahan untuk bayi dengan asma yang kebal dengan obat.

  1. Mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Pada wanita dengan kanker memiliki risiko kematian yang lebih rendah bila mengkonsumsi vitamin D yang cukup.

  1. Mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung.

Kadar vitamin D yang tinggi pada wanita dengan gagal jantung dapat mengurangi risiko perburukan dan kematian.

  1. Sebagai terapi penunjang penyakit psoriasis.

Penggunaan vitamin D atau obat-obatan oles tang mengandung vitamin D dapat membantu pemulihan penyakit psoriasis.

  1. Mengurangi risiko perburukan gejala COVID-19.

Vitamin D berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh yang akan membantu melawan virus COVID-19 dan menurunkan risiko kematian akibat COVID-19.

Bagaimana bila tubuh kekurangan vitamin D?

Pada kondisi kekurangan vitamin D (kadar vitamin D dalam darah kurang dari 30 ng/mL), tulang akan menjadi tipis, rapuh, dan cacat (bentuk tidak sempurna). Hal ini akan menyebabkan rakitis pada anak dan osteomalacia (tulang lemah) pada dewasa. Selain itu, pada wanita hamil, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan perkembangan dan pertumbuhan tulang janin, meningkatkan risiko kelahiran prematur, dan meningkatkan risiko infeksi saat bersalin. Kelainan pada gigi juga tidak jarang ditemukan pada wanita dengan kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D pada ibu menyusui dapat menyebabkan defisiensi pada bayi dan dapat mengganggu pertumbuhan tulang bayi.

 

Kekurangan vitamin D dapat disebabkan karena kurangnya intake makanan yang mengandung vitamin D, gangguan penyerapan tubuh, penggunaan obat-obatan tertentu, gagal ginjal dan obesitas, dan kurangnya paparan sinar matahari.

 

Akibat apa saja yang dapat muncul karena vitamin D yang berlebihan?

Kelebihan vitamin D (hipervitaminosis) tidak baik untuk tubuh. Kadar toksik dalam darah bila lebih dari 150 ng/mL.

Hal ini akan mengakibatkan gagal ginjal, pengerasan jaringan lunak di tubuh (termasuk pembuluh darah koroner dan katup jantung), dan gangguan irama jantung. Selain itu vitamin D yang berlebihan juga akan meningkatkan kadar kalsium darah, yang dapat menimbulkan mual, muntah, kelemahan dan kram otot, nyeri seluruh tubuh dan terbentuknya batu ginjal.

 

Darimana saja sumber vitamin D?

Makanan

Vitamin D dapat ditemukan dari beberapa jenis makanan, antara lain ikan laut (salmon, herring, mackerel), susu sapi, daging merah, hati sapi, keju, jamur, dan kuning telur.

Selain itu buah-buahan dan sayuran tertentu juga mengandung vitamin D, seperti apel, pisang, brokoli, wortel, dan beberapa kacang-kacangan (edamame dan almond). Beberapa makanan seperti produk susu, juga telah diperkaya dengan vitamin D yang akan membantu melengkapi kebutuhan harian seorang wanita.

 

Sinar matahari

Paparan sinar matahari, dimana ultraviolet akan mengubah provitamin D di dalam tubuh menjadi vitamin D. Para ahli merekomendasikan berjemur di antara pk 10-14 selama 5-30 menit, minimal 2 kali seminggu dapat membantu pembentukan vitamin D yang optimal.

Namun perlu diingat, paparan sinar matahari berlebihan juga memiliki dampak buruk pada kesehatan kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Beberapa suplemen vitamin D yang tersedia juga dapat membantu mencukupi kebutuhan harian seorang wanita.

 

Referensi

  • Khadilkar, S. S. (2013). The Emerging Role of Vitamin D3 in Women’s Health. J Obstet Gynaecol India, 63(3), 147-150.
  • NIH. (2021, March). National Institutes of Health. Retrieved from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminD-HealthProfessional/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :