Beranda > Artikel > 11 Manfaat Air Asam Jawa dan Gula Merah Bagi Kesehatan

11 Manfaat Air Asam Jawa dan Gula Merah Bagi Kesehatan

manfaat asam jawa dan gula merah

Siapa yang tidak kenal dengan buah asam jawa? Asam jawa (Tamarindus indica) merupakan buah yang tumbuh di daerah-daerah tropis, memiliki bentuk yang unik dan rasa yang asam segar. Asam jawa sering kali dipakai di dunia kuliner sebagai penyedap makanan maupun minuman. Rasa asam segar dari asam jawa biasanya dipadukan dengan rasa manis dari gula merah agar lebih lezat untuk di konsumsi. Ternyata, kedua perpaduan itu tidak hanya lezat namun juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Yuk simak bersama manfaatnya!

 

1. Penangkal radikal bebas

Kedua perpaduan dari asam jawa dan gula merah memiliki beberapa kandungan fitonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan termasuk beta-karoten. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang berasal dari luar tubuh. Radikal bebas merupakan cikal bakal dari penyakit-penyakit kronis yang dapat menganggu kesehatan anda.(1)

 

2. Mengatasi masalah kulit

Ramuan asam jawa sudah terkenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan kecantikkan. Asam jawa memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang berperan penting untuk membuat kulit anda lebih sehat. Selain itu, jika dioleskan secara langsung ke kulit, asam jawa dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadikan kulit anda lebih sehat dan bercahaya. (1,2)

 

3. Menjaga berat badan ideal

Asam jawa merupakan buah yang cenderung rendah kalori, dimana per 100 gram hanya memiliki kalori sebanyak 112. Asam jawa juga dapat memperlancar sistem pencernaan karena kaya akan serat. Gula merah, sebagai pendampingnya, juga merupakan gula alami yang aman jika anda ingin menjaga berat badan ideal. Dengan kalori sebanyak 54 kalori per sendok makan, anda bisa mendapatkan minuman yang lezat namun tetap rendah kalori dengan manfaat yang banyak sebagai pendamping diet anda. (1,2)

 

4. Memiliki efek anti-kanker

Tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, asam jawa juga memiliki efek anti-kanker. Terdapat penelitian yang melaporkan bahwa asam jawa dapat menghambat proses perkembangan karsinoma sel renal. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang dapat menghambat signal yang berperan dalam pembentukkan sel kanker. (1,2,3)

 

5. Menjaga kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang kuat sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Perpaduan asam jawa dan gula merah, tidak hanya lezat dan menyegarkan, tapi juga dapat berkontribusi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anda. Hal ini disebabkan karena kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu sistem pertahanan tubuh untuk bekerja maksimal dalam menangkal sumber infeksi dari luar tubuh. (1,2,3)

 

6. Menjaga kesehatan otak

Otak dan sistem saraf membutuhkan vitamin B agar dapat berfungsi optimal. Namun, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin B sendiri sehingga membutuhkan asupan yang cukup dari makanan maupun minuman sehari-hari. Asam jawa merupakan salah satu sumber vitamin B, terutama vitamin B1 (tiamin) dan B9 (folat) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. (1,2)

 

7. Membantu menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tercukupinya mineral yang dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap kokoh, seperti magnesium dan kalsium. Asam jawa merupakan salah satu buah yang kaya akan magnesium. Selain itu, diteliti bahwa kandungan kalsium pada asam jawa juga cenderung lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Dengan kedua kandungan tersebut, asam jawa dapat membantu menjaga kesehatan tulang anda. (1)

 

8. Melindungi jantung dan menurunkan kolesterol

Karena kandungan polifenol dan flavonoidnya, asam jawa memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah dan meningkatkan kolesterol HDL, sehingga mengurangi resiko penumpukkan kolesterol di dinding pembuluh darah (atherosclerosis). Selain itu, asam jawa juga dapat mengontrol tekanan darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. (1,2,3)

 

9. Memiliki efek antibiotik alami

Asam jawa memiliki senyawa yang dapat berfungsi sebagai antibiotik alami, yaitu lupeol. Keuntungan dari mengkonsumsi makanan antibiotik alami adalah tubuh anda jadi lebih kuat dari sumber infeksi seperti bakteri. Selain itu, asam jawa juga sering kali digunakan untuk mengawetkan makanan agar lebih tahan lama karena mengandung lupeol ini. (1,3)

 

10. Mencegah diabetes

Asam jawa dipercaya dapat mengontrol kestabilan gula darah apabila anda memiliki diabetes. Namun, jika dikonsumsi bersama dengan gula merah, perlu diperhatikan bagi anda yang menderita diabetes untuk mengkonsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan. (1,2,3)

 

11. Melindungi kesehatan hati

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) merupakan penyakit yang disebabkan karena penumpukkan lemak di hati (hepatosteatosis). Asam jawa telah diteliti memiliki efek untuk melindungi hati karena memiliki antioksidan prosianidin yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas di hati dan mencegah penumpukkan lemak. (3,4,5)

 

Air asam jawa dan gula merah merupakan kombinasi yang banyak disenangi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya lezat dan segar, manfaatnya juga sangat banyak bagi kesehatan anda, seperti yang sudah tertera di atas. Sekarang, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mencoba kombinasi ini. Walau harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasilnya, tapi ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record/

 

Referensi:

  1. Arshad MS, Imran M, Ahmed A, Sohaib M, Ullah A, Nisa M, Hina G, et al. Tamarind: a diet-based strategy against lifestyle maladies. Food Sci Nutr. 2019; 7(11):3378-90. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6848808/
  2. Thombare PB, Kumar S, Kale PA. Tamarind: value added products and its health benefits. Agriculture & Food. 2020. Vol 2, issue 5, p. 2581-8317. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/341069628_Tamarind_Value_Added_Products_and_its_Health_Benefits
  3. Kuru P. Taramindus indica and its health related effects. 2014. Vol 4, issue 9, p. 676-81. Diakses dari: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2221169115300885
  4. Sasidharan SR, Joseph JA, Anandakumar S, Venkatesan V, Madhavan CAN, Agarwal A. Ameliorative potential of Tamarindus indica on high fat diet induced nonalcoholic fatty liver disease in rats. ScientificWorldJournal. 2014; 2014: 507197. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3932208/
  5. Agular AJFC, de Queiroz JLC, Santos PPA, Camillo CS, Serquiz AC, Costa IS, Oliveira GS, et al. Beneficial effects of tamarind trypsin inhibitor in chitosan-whey protein nanoparticles on hepatic injury induced high glycemic index diet: a preclinical study. Int. J. Mol. Sci. 2021, 22(18), 9968. Diakses dari: https://www.mdpi.com/1422-0067/22/18/9968/htm

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :