Beranda > Artikel > 3 Pantangan Autoimun yang Wajib Diwaspadai

3 Pantangan Autoimun yang Wajib Diwaspadai

pantangan autoimun

Sistem imun merupakan sekumpulan jaringan, organ dan sel yang berfungsi untuk melindungi tubub dari organisme yang merugikan seperti virus dan bakteria yang dapat menimbulkan penyakit. Pada penderita autoimun, sistem imun akan menyerang sel sehat dan menimbulkan gejala. Peneliti masih belum mengetahui penyebab dari kondisi autoimun, namun faktor genetik, infeksi yang pernah terjadi dan faktor lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ini.

 

Tatalaksana untuk Mengurangi Respon Imun Berlebih

Tatalaksana jangka panjang bretujuan untuk mengurangi respon imun yang berlebihan dan tidak diberikan antibiotik untuk penyakit ini karena tidak berhubungan dengan infeksi bakteri. Walaupun penyakit ini masih belum dapat disembuhkan, hanya bisa menjadi remisi atau gejala menjadi minimal atau tidak ada sama sekali. Penderita tetap dapat hidup secara normal jika sudah mendapat tatalaksana yang sesuai untuk memperlambat progresi penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Tatalaksana umum yang dapat dilakukan antara lain :

1. Mereedakan gejala

Gejala yang muncul dari penyakit kebanyakan adalah nyeri sehingga terapi yang dapat dikonsumsi berupa antinyeri seperti aspirin atau ibuprofen tergantung dengan keparahan gejalanya. Selain itu obat antinyeri juga dapat meredakan gejala depresi, cemas, lemas, gangguan tidur yang dialami penderita.

Pada kebanyakan kasus, olahraga secara teratur dan konsumsi makanan nutrisi tinggi juga membantu untuk meredakan gejala yang muncul.

2. Mengkonsumsi obat sesuai dengan penyakit

Penyakit autoimun dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi sel ataupun substansi yang dibutuhkan tubuh. Contohnya seperti, diabetes mellitus tipe 1 mencegah pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup dan penyakit tiroid membuat jumlah hormon tiroid yang diproduksi tidak sesuai dengan kebuttuhan tubuh. Penggantian substansi ini dengan obat-obatan membantu tubuh agar dapat menjalani fungsinya dengan normal. Pda DM tipe 1 dapat digunakan insulin injeksi dan pada penyakit tiroid dapat menggunakan pil untuk melengkapi kekurangan hormon.

3. Imunosupresan

Immunosupresan merupakan obat yang dapat menekan sistem imun tubuh, sehingga sistem imun yang berlebihan dapat ditekan pembentukannya dan memperlambat progresi penyakit. Walaupun terapi ini cukup berperan penting pada autoimun, banyak efek samping yang didapatkan dengan konsumsi obat ini, sehingga penggunaannya harus diatur oleh dokter.

4. Menghindari paparan

Pada beberapa kasus, menghindari paparan dapat mengurangi dan memperlambat progresi penyakit. Contohnya seperti diet tanpa gluten dapat mencegah gejala dari penyakit celiac.

 

Pantangan Penderita Autoimun

Berikut beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari penderita autoimun :

1. Tidak melakukan aktifitas fisik

Jika tubuh tidak berolahraga secara rutin dan teratur, maka lebih mudah terserang infeksi. Selain itum dengan berolahraga, tidur juga menjadi leebih berkualitas karena terdapat senyawa kimia yang dikeluarkan tubuh sehingga tidur lebih pulas. Maka dari itu, olahraga dapat dilakukan secara teratur setiap hari selama 30 menit.

2. Makan makanan olahan dan diet tipe Western

Makanan yang sehat dan bernutrisi membantu dalam membangun imun tubuh. Konsumsi buah dan sayuran setiap hari bermanfaat karena kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Perlu diingat sebelum konsumsi buah dan sayuran, harus dicuci teerlebih dahulu dan makanan dimasak sampai matang. Penelitian telah menyatakan bahwa salah satu teori tejadinya autoimun adalah makanan tinggi lemak dan kalori serta rendah serat dan vitamin, maka konsumsi makanan jenis ini harus dihindari

3. Kurang tidur

Kurang tidur dapat memiliki efek yang sama sepreti stress, dan dapat memperberat gejala penyakit karena hormon stress yang dikeluarkan tubuh. CDC merekomendasikan waktu tidur untuk dewasa minimal 7 jam per hari dan pada bayi dan anak berkisar antara 8-17 jam per hari.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

 

Referensi

  1. Stuart A. Tips for a Quiet Tummy, Restful Sleep. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/digestive-disorders/indigestion-sleep
  2. 7 Foods That Fight Back: Immune System Boosters | Everyday Health. Available from: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/7-foods-fight-back-immune-system-boosters/
  3. Autoimmune Diseases. National Library of Medicine. Available from: https://medlineplus.gov/autoimmunediseases.html
  4. Dunkin MA. How to Use Your Immune System to Stay Healthy. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/how-use-your-immune-system-stay-healthy

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics