Beranda > Artikel > 5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Aman

5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Aman

5 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Aman

Telinga yang tersumbat dapat membuat anda merasa tidak nyaman dan terganggu, serta mengurangi kemampuan anda untuk dapat mendengar suara dengan baik. Telinga yang tersumbat dapat menjadi berbagai tanda terdapatnya gangguan pada telinga anda, mulai dari gangguan yang terkesan sederhana hingga tanda terdapatnya penyakit telinga. Simak fakta penyebab telinga tersumbat bersama Carevo di sini.

 

Apa yang menyebabkan telinga anda tersumbat?

Telinga yang tersumbat dapat merupakan tanda-tanda terjadinya gangguan pada saluran pendengaran anda. Biasanya, telinga tersumbat dapat diikuti oleh gejala-gejala lainnya seperti telinga berdengung, pusing, nyeri telinga, hingga gangguan pada keseimbangan anda. Berikut kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan telinga anda tersumbat.

1. Mendengarkan suara yang terlalu keras dalam waktu yang lama

Telinga memiliki kapasitas suara yang maksimal agar dapat didengar. Namun, apabila suara tersebut terlalu keras dan nyaring, maka dapat menjadi gangguan pada telinga anda, termasuk gendang telinga robek. Hal ini dapat terjadi apabila anda sering mendengarkan lagu dengan headset dengan volume yang terlalu keras, pekerja pabrik yang sering mendengarkan suara mesin, maupun menonton konser dengan music yang sangat kencang.(1,2)

2. Kotoran telinga (serumen)

Kotoran telinga yang terlalu menumpuk dapat menyebabkan telinga anda terasa tersumbat dan tidak nyaman. Tahukah anda membersihkan telinga dengan cottonbud justru dapat membuat kotoran di telinga anda semakin menumpuk? Hal ini karena cottonbud dapat mendorong kotoran telinga tersebut semakin kedalam, sehingga mengakibatkan semakin sulit untuk dibersihkan.(1,2)

3. Infeksi telinga

Infeksi telinga atau otitis media merupakan menyebab tersering dari telinga tersumbat. Namun, biasanya otitis media dapat disertai gejala lain seperti demam dan keluar cairan berwarna hijau-kekuningan dari telinga anda.(1,2)

4. Penyakit Meniere

Penyakit meniere biasanya dialami pada orang tua, namun tidak menutup kemungkinan anda juga dapat merasakannya. Penyakit meniere biasanya ditandai dengan telinga tersumbat, berdengung, pusing berputar, dan gangguan keseimbangan.(1,2)

5. Tekanan udara yang terlalu tinggi

Pernahkah anda berada di pegunungan, ataupun saat naik pesawat, kemudian merasakan telinga anda seperti penuh dan tersumbat? Hal ini disebabkan karena tekanan udara pada lokasi tersebut yang terlalu tinggi, mengakibatkan terdapatnya gangguan pada sistem penutupan tuba eustasius anda.(1,2)

6. Benda asing pada telinga

Benda asing dapat mengakibatkan rasa tersumbat di telinga, terutama pada anak balita.(1)

7. Flu

Hidung dan telinga memiliki saluran yang terhubung satu sama lain oleh tuba eustachius. Infeksi virus influenza dapat menyebabkan penumpukkan mukosa atau lendir pada rongga hidung, yang menyebabkan meningkatnya tekanan di tuba eustachius, sehingga dapat menyebabkan telinga terasa tersumbat.(2)

 

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi telinga tersumbat? Ada berbagai cara mengatasi telinga tersumbat. Jika masalah ini sedang anda alami, informasi dari Carevo di sini dapat membantu anda menyembuhkannya!

1. Melakukan maneuver valsava

Cara yang paling mudah untuk mengatasi telinga yang tersumbat adalah dengan melakukan maneuver valsava. Caranya sangatlah mudah, pertama anda hanya perlu menarik napas dalam-dalam dan menjepit hidung anda dengan kedua jari, kemudian hembuskan udara dari mulut anda. Teknik ini dinilai ampuh untuk mengatasi telinga tersumbat dengan aman.(3)

2. Mengompres dengan air hangat

Air hangat dapat membantu meredakan telinga anda yang tersumbat karena dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang terdapat pada telinga. Apabila aliran darah anda lancar, maka peredaran oksigen dapat lebih lancar. Anda dapat melakukan cara ini dengan merendam handuk kedalam air hangat, kemudian kompres telinga anda selama 15-20 menit, 2 kali dalam sehari.(3)

3. Makan permen karet

Salah satu cara yang terkenal ampuh dan aman untuk meredakan telinga tersumbat adalah dengan mengunyah permen karet. Cara ini dapat membantu untuk membuka saluran tuba eustachius yang terbuka, sehingga dapat mengurangi tekanan pada telinga anda. Apabila tekanan sudah berkurang, maka keluhan telinga tersumbat pun dapat berkurang.(3)

4. Kumur-kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu untuk mengurangi penumpukkan mukosa pada telinga dan hidung anda. Hal ini dapat menjadi pilihan yang efektif, terutama apabila penyebab telinga tersumbat anda adalah infeksi virus influenza. Anda dapat melarutkan sedikit garam pada air putih, kemudian berkumur selama 1 menit, dan melakukannya dengan rutin 2-3x sehari.(3)

5. Mengkonsumsi obat dekongestan

Pilihan lain, anda dapat minum obat dekongestan yang berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembekakan selaput hidung yang disebabkan oleh infeksi virus influenza, sehingga dapat mengurangi tekanan pada saluran hidung yang berhubungan dengan saluran telinga. Selain itu, obat dekongestan juga dapat dikonsumsi sebagai obat preventif. Anda dapat minum obat dekongestan 1 jam sebelum penerbangan atau mendaki gunung untuk menangkal tekanan udara yang tinggi.(3)

 

Berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membantu meredakan keluhan telinga tersumbat anda dengan aman. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record

 

Referensi

  1. Wright OJ, Wright JW, Chambers WG. Blocked ears. SAGE Journals. 2019. Tersedia di: https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1755738020906189
  2. Allen S. Outer and middle ear problems. The Pharmaceutical Journal. 2006. Tersedia di: https://pharmaceutical-journal.com/article/ld/outer-and-middle-ear-problems
  3. Djalilian H, Risbud A, Soltanzadeh S, Jamshidi S, Abouzari M. Symptoms: clogged ears and muffled hearing. The Hearing Journal. 2021; vol. 74, issue 2. Tersedia di: https://journals.lww.com/thehearingjournal/Fulltext/2021/02000/Symptoms__Clogged_Ears_and_Muffled_Hearing.11.aspx

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics