Beranda > Artikel > 5 Cara Mengelola Klinik Kesehatan di Era Digital

5 Cara Mengelola Klinik Kesehatan di Era Digital

cara mengelola klinik kesehatan

Menjalankan usaha di bidang kesehatan harus dilakukan dengan usaha yang maksimal. Bisnis pelayanan kesehatan dan pengelolaan klinik kesehatan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kalau sebelumnya dilakukan secara manual atau konvensional, saat ini sudah menggunakan sumber daya teknologi yang maju. Bahkan, proses marketing dan layanan yang diberikan sudah terintegrasi dengan sistem, dan memiliki berbagai teknologi menarik.

Apabila Anda memiliki usaha atau jasa klinik kesehatan dan semua aktivitasnya dilakukan secara manual, lebih baik segera diubah. Anda wajib memanfaatkan teknologi untuk memudahkan semua pekerjaan dan mendatangkan banyak pasien. Bisa dengan membuat aplikasi rumah sakit ataupun berbagai ide menarik lainnya. Berikut cara mengelola sebuah klinik kesehatan di era digital.

Membuat Platform yang Mudah Diakses

Buat platform pada bidang kesehatan yang mudah diakses oleh siapa saja dalam sekali waktu. Misal Anda membuat semacam aplikasi untuk klinik yang sedang dijalankan. Pasien atau calon pasien bisa memasang aplikasi ini di ponsel untuk melihat apa saja layanan kesehatan dan juga dokter yang menangani di sana.

Platform atau aplikasi ini juga berguna untuk dokter karena mereka bisa membuat dan mengubah jadwalnya, mengetahui ada tidaknya jadwal konsultasi, hingga memajang portofolionya. Jadi, semua orang akan mendapatkan manfaat dan terhubung dalam satu platform yang seamless. Akan bisa meningkatkan kualitas usaha klinik kesehatan Anda, serta membantu mengurangi beban kerja para karyawan.

Pesan Konsultasi secara Online

Platform yang sudah dibuat nantinya akan dipakai untuk membuka jadwal konsultasi secara online. Misal dokter A melayani konsultasi pada pukul 10.00-14.00. Selama itu ada beberapa slot konsultasi yang bisa dipesan oleh calon pasien. Jadi, saat datang ke klinik, mereka bisa segera dilayani, tanpa harus antri. Memberian keuntungan bagi pasien dan juga dokter.

Sistem pemesanan secara online ini juga bermanfaat untuk dokter yang sedang praktik. Mereka jadi tahu berapa pasien yang akan ditangani dalam satu hari sehingga bisa melakukan persiapan dengan baik. Cara ini juga menghindari penumpukan pasien yang ingin mendapatkan layanan kesehatan dalam sekali waktu dan membuat waktu konsultasi dengan dokter tidak bisa berjalan baik.

Membuat Website dan Dioptimasi

Buat website yang juga terintegrasi dengan aplikasi atau platform yang sudah dibuat. Website ini akan dioptimasi dengan baik dengan cara SEO dan SEM. Anda bisa memilih sendiri mana yang akan dipakai agar saat dicari di Google, posisinya berada di halaman pertama dan paling atas. Ini bisa juga menjadi portal informasi bagi para pasien dan juga karyawan serta dokter. Anda bisa membagikan informasi mengenai bidang kesehatan kepada banyak orang.

Proses optimasi memang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran. Namun, kalau sudah berjalan dengan baik, website akan mendatangkan banyak traffic dari orang yang tidak sengaja lewat atau orang yang memang membutuhkan perawatan di klinik.

Meningkatkan Rating Klinik

Saat ini, semua orang akan mencari informasi terkait dengan masalah kesehatannya melalui internet. Mereka akan memasukkan kata kunci tertentu atau nama dari klinik yang Anda miliki. Saat pencarian muncul, daftar dari beberapa klinik akan muncul khususnya yang mengaktifkan Google My Business (GMB).

Berikan pelayanan terbaik pada pasien yang sudah datang. Selanjutnya, minta mereka memberikan rating. Semakin banyak orang memberikan rating dan bintangnya naik, tingkat kepercayaan akan meningkat. Calon pasien yang akan datang akan tahu kalau klinik yang sedang berjalan memang kredibel.

Membuat Konten yang Disukai

Cara mendatangkan orang untuk mau ke website atau platform adalah menyajikan konten yang disukai dan berkualitas. Konten bisa dalam bentuk artikel atau dalam bentuk media lainnya.

Setiap akhir konten jangan lupa untuk menyematkan CTA atau call to action. Dengan begitu, mereka bisa tertarik dan menggunakan jasa layanan kesehatan di klinik.

Dengan memaksimalkan cara pengelolaan sebuah klinik kesehatan di atas, Anda bisa dengan mudah mengubah sistem lama jadi baru. Pasien juga mudah dijaring khususnya di area itu karena memiliki website yang kuat dan GMB yang juga berating tinggi. Selebihnya, Anda hanya perlu meningkatkan pelayanan agar pasien merasa nyaman, dan saksikan bagaimana klinik Anda akan berkembang.

Bagi yang masih bingung, silahkan perhatikan solusi rumah sakit yang satu ini untuk bisa mengelola klinik Anda menjadi lebih baik dengan berbagai macam teknologi menarik.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :