
We will contact you shortly
Thank you for contacting the Carevo team, our team will
immediately contact you with related topics
5 Cara Mengelola Klinik Kesehatan di Era Digital
Menjalankan atau mendirikan usaha di bidang kesehatan harus dilakukan dengan usaha yang maksimal. Salah satunya adalah dengan membuka klinik kesehatan atau rumah sakit. Bisnis kesehatan dan pengelolaan klinik kesehatan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kalau sebelumnya dilakukan secara manual atau konvensional, saat ini sudah menggunakan sumber daya teknologi yang maju. Bahkan, proses marketing dan layanan yang diberikan sudah terintegrasi dengan sistem, dan memiliki berbagai teknologi menarik. Namun ada cara mengelola klinik kesehatan yang efektif di dunia digital saat ini yang bisa menjadi peluang Anda untuk mengembangkan bisnis ini ke tahap selanjutnya. Apabila Anda memiliki usaha atau jasa fasilitas klinik kesehatan dan semua seluk beluk aktivitasnya dilakukan secara manual, lebih baik segera diubah. Anda wajib memanfaatkan teknologi untuk memudahkan semua pekerjaan dan mendatangkan banyak pasien. Bisa dengan membuat aplikasi rumah sakit ataupun berbagai ide menarik lainnya.
Dalam mendirikan klinik kesehatan ada beberapa tips ataupun cara yang bisa Anda manfaatkan, seperti:
Buat platform pada bidang kesehatan yang gampang diakses oleh siapa saja dalam sekali waktu adalah salah satu langkah terbaik untuk mengembangkan bisnis di dunia kesehatan. Misal Anda membuat semacam aplikasi untuk klinik yang sedang dijalankan. Pasien atau calon pasien bisa memasang aplikasi atau menggunkan software dari ponsel untuk dapat melihat apa saja layanan kesehatan dan juga dokter yang menangani di sana. serta mencari tahu hal apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan kesehatan mereka. Platform atau aplikasi ini juga berguna untuk dokter karena mereka bisa membuat dan mengubah jadwalnya, mengetahui ada tidaknya jadwal untuk berkonsultasi, hingga memajang portofolionya. Jadi, semua orang akan mendapatkan manfaat dan terhubung dalam satu platform yang seamless. Akan bisa meningkatkan kualitas bisnis klinik kesehatan Anda, serta membantu mengurangi beban kerja para karyawan dan membuat pasien semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Platform, sofware, ataupun program yang sudah dibuat nantinya akan dipakai untuk membuka jadwal konsultasi secara online. Misal dokter A melayani konsultasi pada pukul 10.00-14.00. Selama itu ada beberapa slot untuk berkonsultasi yang bisa dipesan oleh calon pasien. Jadi, saat datang ke klinik, mereka bisa segera dilayani, tanpa harus antri. Memberian keuntungan bagi pasien dan juga dokter.
Sistem pemesanan secara online ini juga bermanfaat untuk dokter yang sedang praktik. Mereka jadi tahu berapa pasien yang akan ditangani dalam satu hari sehingga bisa melakukan persiapan yang dibutuhkan dengan baik. Cara ini juga menghindari penumpukan pasien yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dalam sekali waktu dan membuat waktu berkonsultasi dengan dokter tidak bisa berjalan baik. Bisa menolong masyrakat dan juga dokter serta tenaga medis lainnya, terutama dalam manajemen waktu.
Buat website yang juga terintegrasi dengan aplikasi atau platform yang sudah dibuat. Website ini akan dioptimasi dengan baik dengan cara SEO dan SEM sebagai bentuk pemasaran online. Anda bisa memilih sendiri mana yang akan dipakai agar saat dicari di Google, posisinya berada di halaman pertama dan paling atas. Ini bisa juga menjadi portal informasi bagi para pasien dan juga karyawan serta dokter. Anda bisa membagikan informasi mengenai dunia kesehatan kepada banyak orang. Proses optimasi memang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran. Namun, kalau sudah berjalan dengan baik, website akan mendatangkan banyak traffic dari orang yang tidak sengaja lewat atau orang yang memang membutuhkan perawatan di klinik.
Saat ini, semua orang akan mencari informasi terkait dengan masalah kesehatannya melalui internet. Mereka akan memasukkan kata kunci tertentu atau nama dari klinik yang Anda miliki. Saat pencarian muncul, daftar dari beberapa klinik akan muncul khususnya yang mengaktifkan Google My Business (GMB). Berikan pelayanan terbaik pada pasien yang sudah datang. Selanjutnya, minta mereka memberikan rating. Semakin banyak orang memberikan rating dan bintangnya naik, tingkat kepercayaan akan meningkat. Calon pasien yang akan datang akan tahu kalau klinik yang sedang berjalan memang kredibel. Akan sangat membantu bisnis klinik kesehatan Anda untuk berkembang lebih baik.
Cara mendatangkan orang untuk mau ke website atau platform adalah menyajikan konten yang disukai, sesuai dengan yang mereka butuhkan, dan berkualitas. Konten bisa dalam bentuk artikel atau dalam bentuk media lainnya. Jangan lupakan media sosial juga ya. Setiap akhir konten jangan lupa untuk menyematkan CTA atau call to action. Dengan begitu, mereka bisa tertarik dan menggunakan jasa layanan kesehatan di klinik. Dengan memaksimalkan cara pengelolaan sebuah klinik kesehatan di atas, Anda bisa dengan mudah mengubah sistem lama jadi baru. Pasien juga mudah dijaring khususnya di area itu karena memiliki website yang kuat dan GMB yang juga berating tinggi. Selebihnya, Anda hanya perlu meningkatkan pelayanan agar pasien merasa nyaman, dan saksikan bagaimana klinik Anda akan berkembang. Bagi yang masih bingung, silahkan perhatikan solusi rumah sakit yang satu ini untuk bisa mengelola klinik Anda menjadi lebih baik dengan berbagai macam teknologi menarik.
Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.
Baca juga :
Thank you for contacting the Carevo team, our team will
immediately contact you with related topics