Beranda > Artikel > Pentingkah Menjaga Kesehatan Otot?

Pentingkah Menjaga Kesehatan Otot?

cara menjaga kesehatan otot

Mengetahui apakah sistem muskuloskeletal itu?

Sistem otot dan tulang sebetulnya adalah satu kesatuan sistem yang tidak bisa terpisahkan. Otot atau dalam Bahasa Latin disebut Musculus. Secara umum fungsi dari otot itu adalah untuk menyokong postur tubuh, pergerakan baik kontraktilitas atau relaksasi. Dalam anatomi struktur musculoskeletal, posisi otot menempel pada tulang. Antar tulang terhubung dengan struktur bernama sendi.

Otot dibedakan menjadi beberapa jenis otot, yaitu: otot jantung, otot polos, dan otot skeletal. Ciri khas otot jantung dapat ditemukan di dinding jantung, kemudian memiliki gambaran bergaris-garis, dan jenis otot ini bukan otot yang bisa dikontrol. Jenis yang kedua adalah otot polos. Otot polos bisa ditemukan pada struktur organ di dalam saluan cerna yang berongga (usus). Otot polos ini juga sama seperti jenis otot jantung, yaitu berkontraksi dengan sendiri nya tanpa bisa dikontrol.

Jenis otot yang terakhir adalah otot rangka. Otot ini sesuai namanya yaitu menempel pada tulang (skeletal). Ciri khas otot ini adalah memiliki garis-garis pada masing-masing serabut ototnya serta pergerakannya bisa kita atur.

 

Fungsi utama sistem musculoskeletal

Sistem muskuloskeletal memiliki peran utama untuk:

1. Mobilitas

Fungsi sistem muskuloskeletal memberikan kesempatan seseorang untuk dapat bergerak.

2. Stabilitas tubuh

Tulang, otot, dan ligamen memberikan kesempatan agar tubuh dapat seimbang, tidak bergoyang-goyang saat mengangkat barang.

3. Membentuk postur tubuh

Peran otot skeletal terdapat dibagian ini. Otot ini memberikan bentuk postur tubuh seseorang sehingga seseorang dapat berdiri maupun duduk.

4. Memompa darah

Peran otot jantung memberikan seluruh tubuh kita aliran darah.

5. Fungsi pernafasan

Di dalam tubuh manusia terdapat komponen otot yang berbentuk kubah, yang disebut diafragma yang berjumlah dua buah dan posisi nya ada di kanan – kiri. Saat tubuh hendak menarik nafas dalam maka salah satu otot yang bergerak adalah otot diafragma ini.

6. Proses pencernaan

Terdapat otot polos, pada sistem pencernaan kita. Otot ini bergerak dengan sendirinya. Pergerakan otot polos ini disebut peristaltik. Pergerakan nya membantu memindahkan makanan yang kita konsumsi.

7. Berkemih

Proses berkemih melibatkan dua jenis otot yaitu otot polos dan otot rangka.

8. Penglihatan

Terdapat 6 buah otot rangka yang membantu pergerakan bola mata kita. Selain itu untuk menstabilkan posisi bola mata, serta mengikuti pergerakan bola mata.

9. Proses persalinan

Proses persalinan seorang anak dibantu oleh adanya otot pada tulang panggul sehingga membantu proses lahirnya seorang bayi.

10. Mengelola panas tubuh

Otot rangka membantu kita menjaga keseimbangan suhu tubuh dengan cara membuat tubuh kita bergerak. Nah dengan pergerakan ini, aliran darah kita akan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan energi sehingga dihasilkan panas tubuh.

 

Menjaga Kesehatan otot, Apakah penting?

Menjaga kesehatan otot merupakan satu rangkaian yang penting dan harus dipelihara. Banyak manfaat yang diberikan oleh otot, sehingga kita harus tahu bagaimana cara merawatnya, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan otot yang sehat:

1. Konsumsi makanan kaya akan vitamin D dan kalsium

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium menyediakan tulang yang sehat, dan menjadi tempat penempelan otot yang baik pula.

2. Olahraga yang teratur

Dengan keteraturan olahraga yang Anda lakukan, otot dan tulang akan semakin terlatih, selain itu olahraga bisa mengontrol berat badan kita. Kelebihan berat badan menjadi penambah beban kerja sendi, tulang, dan otot kita guna mempertahankan postur tubuh. Pilihan olahraga yang dapat dilakukan adalah melatih kekuatan. Contohnya seperti berjalan, jogging, angkat beban, naik-turun tangga.

3. Membatasi asupan makanan berlemak

Ternyata, membatasi asupan lemak juga memberikan kesempatan otot seseorang semakin terbentuk dan memperkuat otot-otot kita.

4. Hindari merokok dan meminum alkohol

Tahukah Anda bahwa merokok dan meminum alkohol bisa menyebabkan kepadatan tulang kita menurun?

5. Konsumsi makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein, menjadi salah satu alternatif dalam merawat kesehatan otot. Fungsi protein memberikan perbaikan dan pertumbuh jaringan  otot baru.

Baca juga: Ketahui Beda Nyeri Otot dan Cedera Otot yang Anda Alami

 

Daftar Pustaka

  1. Types of muscle tissue. Diakses pada: 2022, Januari 21. Dari: https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19841.htm#:~:text=The%203%20types%20of%20muscle,cardiac%2C%20smooth%2C%20and%20skeletal.
  2. Burgess L. What are the main functions of the muscular system?. Medical News Today. 25 April 2018. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321617
  3. Aging Carefully: Caring for muscles, joints, and bones. 2 Juli 2014. Diakses pada: 2022, Januari 21. Dari: https://www.comfortkeepers.com/articles/info-center/senior-health-and-wellbeing/aging-gracefully-caring-for-muscles-joints-and-bones
  4. 5 Ways to Build Strong Bones and Muscles. 22 Januari 2020. Diakses pada: 2022, Januari 21. Dari: https://santecares.com/2020/01/22/5-ways-to-build-strong-bones-and-muscles/

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics