Beranda > Artikel > 5 Efek Samping Buah Kurma Akibat Terlalu Sering Dikonsumsi

5 Efek Samping Buah Kurma Akibat Terlalu Sering Dikonsumsi

Apa itu Buah Kurma?

Buah kurma (dates) merupakan buah yang tumbuh pada daerah tropis. Buah kurma dapat dimakan fresh, maupun dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Anda dapat membedakannya berdasarkan tampilan buah tersebut. Apabila buah kurma tampak berkerut, maka buah tersebut sudah dikeringkan, sebaliknya, permukaannya yang halus menandakan bahwa buah tersebut masih fresh.

Buah kurma memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, dan sering dikonsumsi pada bulan Ramadan, seringkali dikonsumsi saat berbuka puasa. Rasanya yang manis sering dijadikan pemanis alami untuk menggantikan penggunaan gula. Selain manis, nbuah kurma juga memiliki rasa seperti karamel.

           

Kandungan dalam Buah Kurma

Di dalam satu buah kurma fresh, mengandung:

  1. Kalori: 20
  2. Lemak total: 0.03 gram (g)
  3. Karbohidrat total: 5.33 g
  4. Serat: 0.6 g
  5. Gula: 4.5 g
  6. Protein: 0.17 g
  7. Vitamin B6: 0.012 miligram (mg)
  8. Zat besi: 0.07 mg
  9. Magnesium 3 mg
  10. Kalium: 47 mg

Sedangkan di dalam dua buah kurma yang dikeringkan, mengandung:

  1. Kalori: 110
  2. Protein: 1 g
  3. Karbohidrat: 31 gram
  4. Serat: 3 g
  5. Gula: 27 g

Selain itu, di dalam buah kurma juga mengandung zat antioksidan, yaitu flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat untuk mengurangi inflamasi, karotenoid yang berfungsi untuk mengurangi risiko kelainan mata seperti degenerasi makula, dan asam fenol yang memiliki kemampuan antiinflamasi dan menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

 

Efek Samping Buah Kurma

Seperti sudah tertulis di atas, buah kurma memiliki kalori yang cukup tinggi, oleh karena itu, berhati – hatilah bila Anda memakan terlalu banyak buah kurma, waspada terhadap efek sampingnya:

  1. Kenaikan berat badan: Bila dikonsumsi berlebihan, buah kurma dapat berperan meningkatkan berat badan karena memiliki kalori yang tinggi.
  2. Berhati – hati mengonsumsi buah kurma terlalu banyak bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal. Buah kurma mengandung kadar kalium yang cukup tinggi, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.
  3. Alergi: Buah kurma mengandung sulfites (kandungan kimiawi yang ditemukan pada beberapa jenis makanan), terutama buah kurma yang dikeringkan. Bila Anda sensitive terhadap sulfites, Anda mungkin mengalami reaksi alergi
  4. Konsumsi buah kurma terlalu banyak juga dapat menyebabkan perut kembung, diare, dan gatal – gatal bila memiliki alergi
  5. Asma: kandungan sulfite dapat memicu gejala mengi pada orang yang memiliki riwayat asma.
  6. Buah kurma memiliki kadar gula yang tinggi, terutama buah kurma kering. Indeks gllikemi (GI) merupakan cara untuk mengukur efek karbohidrat terhadap kenaikan gula darah. GI diukur berdasarkan skala 0 – 100, dimana gula murni memiliki GI sebesar 100, nilai tertinggi dimana akan terjadi kenaikan gula darah secara maksimal setelah Anda memakannya. Karbohidrat dengan GI rendah ialah di bawah 55, dan GI sedang ialah 56-69. Buah kurma memiliki GI 44-53, sehingga dikategorikan sebagai makanan dengan GI rendah. Namun selain mengukur GI, pengukuran lain yang digunakan untk mengukur efek suatu makanan terhadap kenaikan gula darah ialah GL (glycemic load), yang mengukur porsi makanan yang dimakan dengan jumlah karbohidrat yang dikakndungnya dalam satu sajian. Pengukuran ini dihitung dengan cara mengalikan GI dengan kandungan karbohidrat dalam satu sajian makanan, dan dibagi dengan 100. Artinya, dua buah kurma memiliki kandungan karbohidrat sebesar 36 gram dan GI sebesar 49, sehingga memiliki nilai GL sebesar 18. Makanan dengan GL rendah memiliki nilai 1 – 10, GL sedang sebesar 11 – 19, dan GL tinggi dengan nilai di atas 20. Memakan 2 buah kurma berarti mengonsumsi sajian dengan GL nilai sedang. Bila Anda memiliki penyakit diabetes, pastikan Anda memakan kurma tidak lebih dari 1 – 2 buah per kali makan.

 

Referensi

  • Elliot, B. (2018, March 21). 8 Proven Health Benefits of Dates. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates
  • Jacob, D. (2020, September 12). How Many Dates Should You Eat a Day? https://www.medicinenet.com/how_many_dates_should_you_eat_a_day/
  • Brennan, D. (2020, September 24). Dried Dates: Are They Good for You? Retrieved from Nourish by Web MD: https://www.webmd.com/diet/dried-dates-are-they-good-for-you#1
  • Nall, R. (2021, January 26). Are dates healthful? Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548
  • Wartenberg, L. (2020, January 9). Can People with Diabetes Eat Dates? Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/dates-for-diabetes

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :