Beranda > Artikel > 5 Kandungan Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

5 Kandungan Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh harus selalu terjaga terlebih dimasa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu cara agar imun tubuh tetap terjaga adalah dengan mengatur asupan nutrisi yang dimakan. Penelitian menunjukkan bahwa diet sangat mempengaruhi kekebalan tubuh seseorang, karena nutrisi dapat mempengaruhi mikrobiota usus, fungsi proteksi organ dan fungsi sel darah putih yang semuanya harus bekerjasama dengan baik mempertahankan diri dari serangan patogen.

Terdapat 2 tipe diet yang dikenal secara umum, yaitu diet western dan diet meediterranean. Diet western yang biasanya mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi, proses pembuatan instan, kandungan garam dan gula yang tinggi dan kandungan kalori yang tinggi secara keseluruhan berkaitan dengan terjadinya penyakit kronik seperti darah tinggi dan diabetes. Hal ini karena kandungan tersebut dapat memicu proses inflamasi berkepanjangan dalam tubuh dan merubah kerja sistem imun yang menyebabkan memburuknya keadaan. Makanan yang termasuk dalam kategori ini dan sebaiknya dihindari antara lain soda, permen, sereal, biskuit olahan dan makanan kalengan.

Berkebalikan dengan diet Western, tipe diet Mediterranean yang kaya akan kandungan sayuran, kacang-kacangan, buah, dan makanan sehat lainnya dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit karena menekan proses inflamasi dan juga dapat membuat bakteri usus baik bekerja optimal. Makanan dalam diet Mediterranean tinggi akan kandungan serat dan mempermudah terbentuknya SCFA (short chain amino acid) atau asam amino rantai pendek. SCFA ini merupakan produk akhir dari fermentas bakteri dalam usus dan memiliki efek modulasi sistem imun terutama pada lapisan saluran pencernaan. Selain itu makanan dalam diet ini juga mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kerja sistem imun, antara lain :

  1. Vitamin A (Beta karoten)

Vitamin A selama ini diketahui berkaitan dengan kesehatan mata. Namun, fungsi vitamin A sendiri meningkatkan proteksi tubuh secara keseluruhan. Bentuk vitamin A terdapat 2 jenis yaitu preformed vitamin A dan provitamin A. Bentuk preformed terdapat dalam makanan seperti daging merah, ikan dan produk susu. Bentuk provitamin A dalam makanan adalah beta karoten yang terdapat dalam wortel, ubi, labu dan blewah.

  1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi dan memperpendek jangka waktu sakit karena dapat membantu memperkuat kerja sistem imun. Vitamin ini terdapat dalam banyak jenis makanan seperti buah sitrus, bayam, kubis, paprika, tauge, stroberi, pepaya dan juga kiwi

  1. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, kandungan vitamin E sebagai antioksidan kuat juga membantu tubuh dalam melawan infeksi. Vitamin ini berperan dalam berbagai reaksi biokimia dalam tubuh. Makanan yang kaya kandungan vitamin E antara lain kacang almon, kacang-kacangan, selai kaacang, biji bunga matahari, minyak bunga matahari dan minyak kedelai

  1. Zinc

Banyak enzim yang hanya dapat bekerja jika ada zinc. Enzim ini akan berperan dalam rekasi kimia antar sel dalam tubuh termasuk dalam sistem imun. Maka dari itu, cakupan zinc yang inadekuat dapat menyebabkan disfungsi imun. Beberapa makanan yang kaya kandungan zinc antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, daging unggas dan juga makanan laut seperti ikan dan kerang.

  1. Asam lemak omega-3

Omega-3 merupakan salah satu bentuk asam lemak esensial yang berkerja dalam mensupresi inflamasi dan memantau kerja sisrem imun tubuh. Kerja dari omega-3 lebih untuk proteksi sistem imun menyerang sel tubuh yang sehat seperti pada penyakit autoimun. Penyakit autoimun yang dapat dicegah seperti arthritis reumatoid, gangguan usus seperti crohn’s disease dan kolitis ulseratif. Makanan yang kaya dengan kandungan oemga-3 antara lain ikan seperti tuna, salmon, mackerel, sarden dan ikan haring serta biji-bijian seperti kacang walnut, chia seed dan biji bunga matahari.

 

Referensi

  • Diet and the immune system: What is the link? [Internet]. 2021. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-and-why-does-diet-influence-immune-function
  • Can Supplements Fight Coronavirus (COVID-19)? 15 Immune Boosters [Internet]. Healthline. 2021. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/immune-boosting-supplements
  • 5 immune boosters to help keep you healthy amid COVID-19 outbreak [Internet]. good-food. Available from: https://health.ucdavis.edu/blog/good-food/5-immune-boosters-to-help-keep-you-healthy-amid-covid-19-outbreak/2020/01
  • 5 Food Nutrients to Supercharge Your Immune System [Internet]. Verywell Health.. Available from: https://www.verywellhealth.com/types-of-foods-to-boost-your-immune-system-89020

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :