Beranda > Artikel > 5 Manfaat Kunyit Putih untuk Lambung dan Hal Lainnya Agar Tetap Sehat

5 Manfaat Kunyit Putih untuk Lambung dan Hal Lainnya Agar Tetap Sehat

manfaat kunyit putih untuk lambung

Kita pasti sudah mengenal dengan baik jenis kunyit yang berwarna kuning dan digunakan dalam berbagai macam masakan. Namun ada juga jenis kunyit putih yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk lambung kita. Di Indonesia, bahan alami juga dijadikan sebagai bumbu masakan. Kandungannya juga tidak jauh berbeda dengan kunyit kuning pada umumnya. Yuk, kita cari tahu manfaat kunyit putih untuk lambung dan hal lainnya hanya di Carevo.

Manfaat Kunyit Putih untuk Lambung dan Organ Lainnya

Kunyit putih atau zedoary merupakan rempah-rempah kuno. Secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma zedoaria, akar ini adalah rimpang yang memiliki kulit cokelat dan oranye terang dan bagian dalam yang keras. Meskipun termasuk dalam keluarga kunyit, baunya seperti mangga yang dicampur kunyit. Umumnya dijual dalam bentuk bubuk atau dikeringkan dan bahkan diiris tipis. Sangat mirip dengan jahe. Tanaman Curcuma zedoaria ini berasal dari India dan Indonesia, tetapi juga telah dibudidayakan di Eropa dan Amerika Serikat. 

Personal Health Record

Kunyit putih sangat baik untuk tubuh kita karena memiliki berbagai kandungan kimia yang meliputi tianin, pati, kurkumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid, hingga protein toksik yang memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk lambung dan tubuh manusia.

1. Membantu Pencernaan

Selama ribuan tahun, kunyit putih telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial yang berasal dari tanaman ini bermanfaat dalam pengobatan kolik, gangguan pencernaan, kejang, kehilangan nafsu makan, infestasi cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan rasa hambar. 

2. Masalah Pernafasan

Dahak dan lendir yang menyumbat saluran hidung akan menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk. Kunyit putih bisa diolah untuk menjadi obat yang meringankan kondisi ini.

3. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Kunyit putih memiliki kemampuan anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Tanaman ini digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis). 

Sifat diuretik yang dimiliki juga akan mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan kelebihan cairan, terutama di persendian. Jika tidak ada detoksifikasi, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus radang sendi dan rematik. Kunyit putih juga dipercaya mampu mengurangi suhu tubuh selama demam dengan membersihkan mikroba menular dan meningkatkan keringat. 

4. Antimikroba

Anti-mikroba C. zedoaria sama kuatnya dengan obat kumur komersial dalam menghambat pertumbuhan patogen mulut. Kemampuan ini juga efektif dalam menghentikan pertumbuhan spesies jamur yang tahan terhadap obat. 

5. Penghilang Rasa Sakit

Kurkumenol, senyawa yang diperoleh dari tanaman kunyit putih ini, akan memiliki fungsi dalam aktivitas penghilang rasa sakit yang lebih baik daripada aspirin. Ekstrak kunyit putih ini terbukti memiliki aktivitas penghilang rasa sakit untuk masalah seperti kejang perut. Senyawa kurkumenol dan dehydrocurdione berkontribusi terhadap aktivitas analgesiknya.

Itulah manfaat dari kunyit putih untuk lambung dan juga berbagai macam hal baik lainnya. Kamu bisa mengkonsumsi tanaman ini pada makanan atau menggunakan berbagai macam bentuk produk lainnya. Ada banyak bahan alami yang bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan hidup yang sehat. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :