Beranda > Artikel > 5 Manfaat Telekonsultasi Saat Pandemi Covid-19

5 Manfaat Telekonsultasi Saat Pandemi Covid-19

telekonsultasi

Telekonsultasi atau telemedicine adalah layanan konsultasi medis dengan memanfaatkan teknologi. Dokter dan pasien akan berkomunikasi via sambungan telepon atau video call selama beberapa saat. Dalam telekonsultasi, dokter akan memeriksa rekam medis, mendengarkan keluhan, sampai memberikan resep. Pemeriksaan dan komunikasi akan dilakukan secara pribadi.

Jenis konsultasi seperti ini sebenarnya sudah sering digunakan. Namun, sejak pandemi Covid-19 muncul di seluruh dunia, banyak RS yang menyediakan layanan ini karena bisa memberikan manfaat pada pasien dan juga dokter yang memeriksanya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Meminimalkan Kontak Langsung

Kasus penularan Covid-19 masih sangat tinggi di Indonesia. Physical distancing juga masih dianjurkan oleh banyak pemangku kebijakan. Dengan melakukan telekonsultasi, Anda tidak perlu bertemu dengan dokter secara tatap muka dan melakukan kontak dengan banyak orang sakit di RS atau klinik.

Karena tidak akan kontak langsung, biasanya dokter akan meminta rekam medis yang dimiliki dan terbaru. Dengan melihat hal itu dan juga mendengarkan keluhan yang dimiliki, dokter akan berusaha memberikan diagnosis atau nasihat medis. Mereka juga sering memberikan resep untuk meminimalkan gejala penyakit lewat telekonsultasi.

Tidak Ada Batasan Tempat

Teknologi telekonsultasi yang dilakukan tidak memiliki batasan tempat. Jadi, meski Anda berada di luar kota atau luar negeri sekali pun, layanan kesehatan tetap bisa dilakukan. Yang penting antara dokter dan juga pasien sama-sama memiliki waktu dan manajemen RS atau fasilitas kesehatan menjadi jembatannya. Aman dari ancaman virus COVID-19.

Jadi, meski Anda ingin konsultasi dengan dokter di Indonesia walau sedang berada di luar negeri pun tetap bisa dilakukan. Kelebihan inilah yang membuat telekonsultasi tetap diminati oleh banyak orang. Apalagi mereka tetap bisa nyaman di rumah dan tidak perlu antre panjang untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Menghemat Biaya

Jenis telekonsultasi cukup beragam seperti yang sudah disebutkan di atas. Ada yang berupa panggilan telepon atau dengan menggunakan video call. Cara ini biasanya diambil agar komunikasi dan konsultasi dua arah bisa berjalan dengan baik. Dokter juga bisa melihat secara visual kondisi tubuh meski rekam medis yang paling penting.

Kalau Anda tidak memiliki masalah serius dan hanya ingin melakukan konsultasi ringan saja, bisa memilih layanan chatting. Saat ini ada banyak platform penyedia layanan konsultasi via chat yang berbayar. Biaya yang dikeluarkan biasanya lebih murah dibandingkan langsung datang ke klinik dan menyampaikan keluhan Anda, dengan chat dan telekonsultasi semuanya bisa menjadi lebih mudah. Aman dari virus COVID-19 dan hemat biaya juga.

Bisa Membuat Jadwal Sendiri

Sebelum melakukan telekonsultasi secara online atau via sambungan telepon, Anda disarankan untuk melakukan booking atau membuat appointment dahulu. Manajemen RS atau fasilitas kesehatan akan memberikan nama dokter dan jadwalnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sangat berbeda dengan mengunjungi sebuah klinik, dimana hanya ada waktu dan jadwal tertentu dimana kita bisa menemui dokter untuk berkonsultasi serta mendapatkan layanan kesehatan.

Dari nama dan jadwal itu, Anda bisa memilih sendiri kira-kira mana yang waktunya tepat atau dokternya jadi “langganan” banyak orang. Atur dengan baik agar nyaman saat konsultasi serta pemeriksaan kesehatan Anda.

Tidak Merasa Was-Was

Saat ini hampir semua dokter dan perawat akan membantu penanganan Covid-19. Mereka akan melakukan kontak baik langsung atau tidak langsung dengan pasien. Anda yang sedang sakit tentu was-was kalau mau menemui dokter meski menggunakan APD lengkap.

Dengan melakukan telekonsultasi, masalah seperti ini tidak akan terjadi. Anda tetap bisa melakukan konsultasi, sampai mendapatkan obat yang nantinya akan dikirim dengan kurir. Cukup dengan komunikasi via telekonsultasi Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Telekonsultasi adalah solusi masalah kesehatan di era pandemi yang masih tidak menentu seperti sekarang. Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan kesehatan seperti berkonsultasi mengenai pengobatan Anda via pemanfaatan teknologi komunikasi seperti chat dan juga video call. Obat pun bisa dikirim menggunakan kurir terpecaya dan bisa meminimalisir penyebaran virus COVID-19 lebih jauh. Selama tidak ada masalah yang urgent atau darurat dan hanya perlu kontrol rutin saja, layanan ini sangat dianjurkan dan bisa dilakukan kapan saja, cukup perhatikan jadwal dan waktu yang disediakan. Anda hanya tinggal membuat janji agar bisa menggunakan telekonsultasi dengan baik. Jadi, Anda tetap sehat, tidak merasa was-was, dan kehidupan bisa berjalan dengan baik.

Manfaatkan layanan Telehealth untuk bisa berkonsultasi dengan baik dengan para tenaga medis dan layanan Telemedicine untuk mendapatkan berbagai resep serta obat-obatan untuk menjaga kesehatan Anda selama pandemi.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :