Beranda > Artikel > 5 Pantangan Makanan Penderita Kanker Hati yang Harus Diwaspadai

5 Pantangan Makanan Penderita Kanker Hati yang Harus Diwaspadai

pantangan makanan penderita kanker hati yang patut Anda waspadai

Hati adalah salah satu organ vital yang berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Ada begitu banyak penyebab kanker hati, mulai dari munculnya sel kanker di organ hati hingga penyebaran sel kanker dari organ lainnya. 

Makanan juga menjadi faktor yang bisa menentukan kesehatan organ hati, terutama bagi para penderita kanker hati. Mengobati saja tidak cukup, harus dibarengi dengan pantangan makanan penderita kanker hati.

5 pantangan makanan penderita kanker hati yang patut Anda waspadai. 

Untuk kalian penderita kanker hati harap waspadai dan jangan mencoba makanan dan minuman berikut ini :

1. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol

Konsumsi alkohol menjadi salah satu pantangan makanan penderita kanker hati yang paling utama. Ini dikarenakan kandungan alkohol dikategorikan sebagai faktor penyebab cirrhosis, sebuah kondisi di mana organ hati membentuk jaringan-jaringan baru untuk menyembuhkan luka yang ada, namun berakibat pada melemahnya kerja organ hati. 

Dalam sejumlah kasus, cirrhosis menjadi tahap awal dari kanker hati. Terlebih lagi, konsumsi alkohol dalam kadar sekecil apapun dapat meningkatkan risiko terinfeksi hepatitis C. Maka dari itu, bagi Anda yang mengidap kanker hati, wajib untuk menghindari konsumsi alkohol. Tentunya hal ini juga berlaku bagi Anda yang masih dalam kondisi sehat karena akumulasi konsumsi alkohol akan semakin merusak organ hati dan menyebabkan kanker hati. 

2. Mengandung terlalu banyak gula

Pankreas, organ yang terletak tepat di bawah organ hati, juga dapat terpengaruh oleh penyakit yang diidap di organ hati. Salah satunya adalah kanker hati. Inilah alasannya mengapa makanan manis menjadi satu dari sejumlah pantangan makanan penderita kanker hati. Organ pankreas bekerja keras mencerna gula yang dikonsumsi tubuh, sehingga mampu memperparah kondisi organ hati yang sudah tidak lagi optimal karena kanker. 

Sementara itu, makanan manis seperti kue, permen, maupun minuman dalam kemasan mengandung gula dalam jumlah banyak tetapi tidak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan obesitas yang juga menjadi faktor penyebab kanker hati. 

3. Makanan yang kaya akan sodium

Sodium menjadi pantangan makanan penderita kanker hati selanjutnya yang sulit untuk dihindari. Tentu saja, hampir setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung sodium. Akan tetapi, sodium terbukti dapat memperburuk kondisi organ hati dan meningkatkan akumulasi cairan di organ hati. Ini dikarenakan sifat garam yang menyerap dan menahan air dalam tubuh. Terlebih bagi penderita kanker hati yang juga asites (pembengkakan akibat akumulasi cairan di rongga tubuh). 

Setidaknya, kurangi konsumsi sodium Anda menjadi maksimal 2.000 mg per hari, atau setara dengan satu sendok teh per hari. Jelas akan sulit, namun pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lebih dari 400 mg sodium per porsi. Akan lebih aman jika setiap makanan yang Anda konsumsi mengandung sekitar 200 mg sodium per porsi saja. 

4. Makanan berlemak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, obesitas akan sangat berbahaya bagi penderita kanker hati karena mampu memperparah kondisi kerja organ hati. Oleh sebab itu, makanan berlemak seperti daging merah dan gorengan menjadi pantangan makanan penderita kanker hati yang sudah wajib dihindari. 

Makanan berminyak dan berlemak juga akan sulit untuk dicerna oleh pankreas. Segera beralih ke masakan yang direbus atau dipanggang. Jika Anda memang pencinta daging, sangat dianjurkan untuk mengganti daging tinggi lemak seperti daging sapi dan kambing dengan daging ikan atau dada ayam tanpa kulit. 

5. Makanan mentah atau tidak matang sepenuhnya

Pengobatan-pengobatan medis yang diterima oleh penderita kanker hati akan menurunkan imunitas tubuh. Hal ini akan berdampak pada tubuh yang lebih rentan terhadap kuman, bakteri, dan virus yang ada di bahan makanan mentah. Pantangan makanan penderita kanker hati yang harus selalu diingat, baik itu saat pengobatan maupun setelah Anda dikatakan sembuh, adalah makanan mentah.

Pastikan bahwa daging dan telur yang dikonsumsi sudah matang sempurna, tidak lagi lembek di semua sisinya. Kemudian, hindari konsumsi susu mentah ataupun olahan susu yang tidak dibuat dari susu pasteurisasi. Jaga kebersihan bahan makanan dan jauhi makanan yang sudah diproses. 

Itu dia sejumlah pantangan makanan penderita kanker hati yang harus selalu Anda ingat. Tidak ada salahnya juga untuk berjaga-jaga dengan menghindari makanan tersebut sedari kini demi menjaga kesehatan organ hati. Selalu jaga kesehatan Anda. Jika Anda merasakan gejala-gejala sakit, kini Anda bisa mencatatnya dengan mudah melalui aplikasi Carevo. Download sekarang di Google Play dan App Store!

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1476014/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4203149/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5207623/
  4. https://www.researchgate.net/publication/269961814_Prostate_cancer_risk_
    factors_diagnosis_and_management
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836346/#:~:text=Current
    %20smokers%20had%20an%20increased,prostate%20cancer%20incidence
    %20and%20mortality.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :