Beranda > Artikel > 6 Cara MenanangkaSakit Gigi dengan Pijatan

6 Cara MenanangkaSakit Gigi dengan Pijatan

cara menyembuhkan sakit gigi

Saat sakit gigi melanda, aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Walaupun sudah minum obat pereda nyeri, terkadang rasa sakit gigi pun masih terasa, mulai dari area rahang hingga ke kepala. Untuk meredakan rasa nyeri tersebut, Anda bisa mempelajari titik akupuntur dan melakukan pijatan di area tersebut. Titik akupuntur ini sudah sejak lama dipercaya mampu meredakan rasa sakit di tubuh, termasuk juga sakit gigi. 

Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sejumlah studi yang menemukan bahwa pasien yang sedang menunggu untuk ditangani oleh dokter gigi merasakan rasa sakit gigi yang membaik secara signifikan setelah melakukan acupressure

Berikut cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan

Ada beberapa titik pijat/acupressure points yang bisa membantu Anda untuk meredakan nyeri dan menyembuhkan sakit gigi secara alami, beberapa diantaranya adalah:

1. Tulang pipi (SI18)

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan dimulai dengan menemukan titik SI18 yang berada pas di bawah pupil mata dan tepat di bawah tulang pipi. Kemudian, gunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda untuk memijat titik ini dengan pijatan melingkar. Selain meredakan sakit gigi, pijatan di titik ini juga mampu mengurangi pembengkakan rahang, wajah kaku, serta sakit kepala akibat sinus. 

2. Tengah rahang (ST6)

Jika Anda merasakan sakit gigi di area samping wajah seperti di rahang, maka cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan yang bisa dicoba yakni di titik ST6. Terlebih jika Anda baru saja menjalani prosedur cabut gigi yang seringkali menyebabkan dental neuralgia, titik ST6 bisa meredakan rasa sakit.

Titik ST6 ini berada di antara rahang atas dan bawah. Agar lebih mudah menemukannya, gertakkan gigi Anda. Dengan begitu, Anda bisa merasakan adanya otot yang menonjol tepat di antara rahang atas dan bawah, di depan cuping telinga. Otot inilah yang menjadi titik ST6. Gunakan jari telunjuk dan tengah Anda untuk menekan titik ini beberapa kali hingga rasa sakit mereda. 

3. Belakang bahu (GB21)

Titik GB21 ternyata tidak hanya bisa meredakan rasa nyeri pada bahu dan lengan saja, tetapi juga menjadi titik akupuntur andalan dalam cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan. Cara menemukannya juga tidak sulit, berada di antara leher dan ujung bahu terdalam. Untuk bisa menemukannya, cubit area di sekitar leher dan ujung bahu dengan jari telunjuk dan jempol sampai Anda menemukan otot yang keras. 

Setelah menemukannya, tetap cubit-cubit otot ini sambil memijatnya ke arah bawah. Titik ini bisa meredakan sakit gigi di area rahang serta sakit kepala yang biasanya juga dirasakan saat ada peradangan gusi bengkak. 

4. Antara jempol dan telunjuk (LI4)

Sebelum melakukan cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan di titik ini, perlu diingat bahwa titik ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena mampu menimbulkan kontraksi dini dalam uterus, sehingga berpotensi menyebabkan keguguran. Jika sakit gigi Anda juga disertai dengan sakit kepala dan mata berkunang-kunang, maka titik LI4 ini patut Anda coba. 

Posisinya berada di antara penghubung jempol dan jari telunjuk. Bentuk jempol dan jari telunjuk Anda hingga menyerupai huruf L. Titik LI4 berada tepat di sudut siku-siku tersebut. Untuk menstimulasinya, tekan titik tersebut menggunakan jempol dan jari telunjuk tangan Anda yang lain. Lakukan secara berulang hingga sakit gigi yang dirasa semakin mereda. 

5. Metatarsal (ST44)

Bagian kaki memang terkenal di dunia akupuntur karena dipenuhi titik-titik yang terhubung oleh seluruh organ tubuh. Itulah sebabnya salah satu titik disini bisa digunakan untuk menyembuhkan rasa sakit gigi. Titik ST44 juga termasuk dalam cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan. Titik ST44 ini berada di permukaan atas kaki, bukan di bawah telapak kaki, ya. 

ST44 ada di antara bagian bawah jari telunjuk dan tengah kaki. Cukup tekan titik ini menggunakan jempol tangan Anda. Selain bisa meredakan sakit gigi, titik ST44 juga dapat meredakan sakit perut, mimisan, dan sakit tenggorokan. 

6. Bawah lutut (ST36)

Dari titik ST44, Anda pun bisa melanjutkan cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan di titik ST36. Titik ini berjarak 5-6 cm di bawah tempurung lutut. Gunakan jempol tangan Anda untuk melakukan pijatan dengan tekanan sedang ke arah bawah mendekati tulang kering. Lakukan berkali-kali hingga sakit yang Anda rasakan sudah mereda. Stimulasi di titik ST36 juga dapat meredakan rasa mual dan badan yang pegal-pegal.

Mengenal Penyebab Sakit Gigi Yang Umum Terjadi

Bakteri yang ada di dalam mulut yang tidak dirawat akan “memakan” lapisan luar email yang keras pada gigi. Bakteri bisa menjadi bagian yang baik untuk kesehatan mulut dan tubuh, tetapi jika bakteri jahat dalam mulut yang terbentuk dari gula dan sisa makanan yang tersangkut di gigi, maka hal ini bukanlah sesuatu yang bisa Anda diamkan begitu saja. Mereka akan menciptakan plak yang menempel di gigi Anda.

Bahkan beberapa jenis bakteri mengeluarkan asam yang akan menyebabkan lubang di gigi. Seiring berjalannya waktu, yang awalnya merupakan sebuah titik hitam, akan membesar dan membentuk lubang di gigi Anda, menyebabkan rasa sakit gigi yang sangat menggaggu. Catat kondisi kesehatan Anda dengan layanan Personal Health Record pada Aplikasi Carevo.

  1. Acupressure therapy in orthodontics
    (https://www.researchgate.net/publication/313744351_Acupressure_therapy
    _in_orthodontics_A_review)
     

  2. Acupuncture in the Management of Acute Dental Pain
    (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2005290113000885)

  3. Acupuncture: An alternative therapy in medicine and dentistry (https://www.ejgd.org/article.asp?issn=2278-9626;year=2013;volume=2;issue=3;spage=219;epage=228;aulast=Vaidya)

  4. Acupressure Points for Toothaches (https://www.healthline.com/health/pressure-point-for-toothache#the-pressure-points)

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :