Beranda > Artikel > 6 Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Vitamin D merupakan salah satu nutrien yang didapat dari makanan ataupun diaktivasi oleh hormon yang dibuat oleh tubuh. Vitamin larut dalam lemak ini telah dikenal dapat membantu tubug menyerap kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Banyak organ dalam tubuh yang memiliki reseptor vitamin D sehingga ketersediannya dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh. Hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara alami, sehingga kebanyakan orang perlu mencukupi kebutuhan tersebut dengan menggunakan suplemen. Suplementasi vitamin D tersedia dalam 2 bentuk yaitu vitamin D2 (ergocalciferol atau pre-vitamin D) dan juga vitamin D3 (kolekalsiferol). Kedua bentuk ini juga merupakan bentuk yang diproduksi saat ada paparan sinar matahari terutama sinar ultraviolet B (UVB). Produksi vitamin D dalam kulit merupakan sumber alami primer manusia, namun banyak orang yang kadarnya tidak mencukupi karena paparan sinar matahari yang kurang. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap juga cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah dalam darah karena pigemen yang memberi warna pada kulit, yaitu melanin mencegah pembentukan vitamin D secara langsung.

 

Melalui penelitian, vitamin D merupakan nutrien yang populer untuk memperkuat sistem imun tubuh. Berikut beberapa manfaat vitamin D bagi ibu hamil :

  1. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Vitamin D berfungsi untuk perkembangan tulang, sehingga jika kadar dalam tubuh kurang terutama pada usia lanjut akan meningkatkan resiko tulang keropos dan tulang juga lebih mudah patah. Selain itu, kekuatan otot juga meningkat dengan sehingga dapat mengurangi kejadian jatuh terutama pada orang dengan disabilitas dan juga pada ibu hamil

  1. Mencegah kanker

Perkembangan kanker dapat dihambat oleh vitamin D. Selain itu sel kanker seperti pada payudara, ovarium, prostat dan otak yang sudah ada juga dapat diperlambat perkembangannya

  1. Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan kumpulan dari otot yang bekerja secara teratur untuk melakukan fungsinya memompa darah keseluruh tubuh. Jantung juga memiliki reseptor terhadap vitamin D. Jadi, sel imun dan sel inflamasi yang berperan dalam penyakit kardiovaskular seperti atherosklerosis dapat diregulasi melalui vitamin D. Selain itu, pembuluh darah arteri juga menjadi fleksibel dan tidak kaku sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah

  1. Mencegah penyakit diabetes

Defisiensi vitamin D dapat berdampak negatif pada jalur biokimia tubuh dan menyebabkan seseorang lebih mudah menderita diabetes mellitus tipe 2. Hal ini dikarenakan terjadinya gangguan fungsi sel beta pankreas, resistensi insulin dan inflamasi.

  1. Mencegah kematian dini

Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat mengurangi mortalitas atau angka kematian secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan vitamin D dapat menjaga sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit kronis lainnya

  1. Mencegah penyakit selama kehamilan

Banyak penyakit yang dapat terjadi selama kehamilan baik infeksi maupun bukan. Jika ibu hamil sakit, maka janin dalam kandungannya lebih rentan mengalami kegawatan seperti infeksi, air ketuban pecah sampai keguguran. Vitamin D dapat meningkatkan imun secara kesluruhan sehingga resiko ibu hamil mengalami komplikasi saat hamil lebih rendah

 

Karena manfaatnya yang banyak, ibu hamil pun dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D untuk mencapai rekomendasi kebutuhan harian, yaitu sebanyak 1000 IU (kecuali ibu mengalami defisiensi vitamin D sebelumnya, maka dosis yang diperlukan lebih tinggi). Cara untuk mendapatkan vitamin D selain berjemur adalah dengan memakan makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, antara lain :

  • Ikan salmon
  • Ikan mackerel
  • Ikan tuna
  • Jamur
  • Makanan fortifikasi seperti susu, sereal, oatmeal dan jus jeruk

 

Referensi

  • Vitamins, minerals and supplements in pregnancy [Internet]. 2020. Available from: https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/
  • WHO | Vitamin D supplementation during pregnancy [Internet]. WHO. World Health Organization; Available from: http://www.who.int/elena/titles/vitamind_supp_ pregnancy/en/
  • Vitamin D [Internet]. The Nutrition Source. 2012. Available from: https://www.hsph. harvard.edu/nutritionsource/vitamin-d/
  • 7 Healthy Foods That Are High in Vitamin D [Internet]. Healthline. 2019. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-high-in-vitamin-d

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :