7 Cara Mengatasi Sakit Maag yang Mudah, Praktis, dan Alami

7 Cara Mengatasi Sakit Maag yang Mudah, Praktis, dan Alami

Melansir situs Mayoclinic, sakit maag atau dispepsia dapat diartikan sebagai ketidaknyamanan yang muncul di area perut bagian atas. Penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk infeksi bakteri Helicobacter pylori dan adanya luka pada tukak lambung. Gangguan pencernaan ini juga kerap disertai gejala-gejala seperti heartburn atau timbulnya sensasi terbakar di bagian dada, begah, mual, dan kembung. Nah, kira-kira ada tidak cara mengatasi sakit maag yang mudah dan alami?

Inilah Cara Mengatasi Sakit Maag

Penyakit maag merupakan salah satu kondisi tubuh yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Akan sangat bahaya jika kita tidak segera mengatasinya. Untungnya, ada berbagai cara alami yang bisa mengatasi penyakit maag ini. Jika Anda tertarik, mari perhatikan 7 cara mengatasi sakit maag yang tidak sulit serta alami ini.

Teh Kamomil

Teh kamomil telah lama digunakan sebagai obat untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, teh ini juga sangat ampuh sebagai cara mengatasi sakit maag yang akan meredakan ketidaknyamanan di usus dan mengurangi asam lambung di saluran pencernaan. Tidak hanya itu, teh kamomil bisa bertindak sebagai agen anti-inflamasi untuk tubuh dan membantu Anda meredakan rasa nyeri. 

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa teh kamomil tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. Hal ini karena teh kamomil memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi dalam memperlancar peredaran darah. 

Jahe

Jahe telah dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit, terutama sebagai cara mengatasi sakit maag. Khasiat tersebut berasal dari kandungan antioksidan dalam jahe yang disebut gingerol. Selain mampu mengatasi peradangan dalam tubuh, gingerol juga terbukti dapat mengurangi asam lambung. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi wedang jahe secara berlebihan karena itu justru bisa memperparah ketidaknyamanan di lambung Anda. Ya, terlalu banyak minum wedang jahe bisa menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan, mulas, dan juga kembung. 

Daun Mint

Kandungan mentol dalam daun mint dapat membantu meredakan rasa nyeri di tubuh, mual, diare, dan kejang otot di usus. Menurut beberapa penelitian, daun mint juga ampuh untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan, terutama sakit maag. Anda bisa mengkonsumsi daun mint sebagai salad atau mencampurnya ke dalam teh. Jika tidak ada daun mint, mengisap permen mint juga dinilai ampuh dalam meredakan rasa nyeri dan heartburn

Air Kelapa

Mengandung banyak magnesium dan kalium, air kelapa atau degan dapat membantu mengurangi rasa nyeri, kram, dan kejang otot. Selain itu, air kelapa juga merupakan pilihan yang lebih sehat untuk menghidrasi tubuh dibandingkan mengonsumsi minuman ion kemasan. Apabila kebetulan sakit maag Anda kumat, minumlah 2 gelas air kelapa setiap 4-6 jam untuk meredakan rasa nyerinya. 

Pisang

Pisang tergolong sebagai buah yang rendah asam. Karena itu, buah ini sangat efektif dalam membantu Anda meredakan asam lambung atau sakit maag, dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Dengan demikian, ketidaknyamanan yang muncul di lambung pun akan berangsur hilang. 

Selain itu, pisang adalah makanan yang mengandung serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan. Nah, pektin adalah salah satu jenis serat larut yang dijumpai pada pisang. Pektin berperan penting dalam memperlancar perpindahan isi lambung untuk masuk ke saluran pencernaan. Mengapa itu penting? Sebab jika makanan terus menempel pada dinding lambung, itu dapat menghasilkan asam yang nantinya membuat sakit maag Anda kumat.

Melon

Merupakan sumber magnesium seperti pisang, melon juga merupakan obat yang mujarab untuk meredakan atau menetralkan asam lambung atau penyakit maag. Selain itu, melon juga memiliki kadar pH 6,1 yang berarti tingkat asamnya tergolong rendah sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. 

Oatmeal

Karena mengandung serat tinggi, oatmeal dapat mencegah kenaikan asam lambung. Bahkan, serat dalam oatmeal tidak cuma baik untuk usus lho, itu juga bisa mengurangi risiko sembelit dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Mengenal Gejala Maag

Kita harus sadar, siapa saja bisa mengalami sakit maag. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori, sampai adanya efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Gejala sakit maag yang biasanya akan dialami adalah seperti berikut ini:

  • Rasa nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada
  • Mual saat atau setelah makan
  • Perut terasa kembung
  • Mudahnya merasa kenyang
  • Sendawa yang berlebihan
  • Naiknya produksi asam lambung
  • Penurunan berat badan


Anda bisa menggunakan berbagai cara alami atau konsumsi obat maag bila merasakan gejala sakit maag di atas. Selain gejala penyakit maag ini, ada beberapa gejala sakit maag yang bisa dikatakan berbahaya dan perlu penanganan yang cepat, seperti:

  • Mual dan muntah secara terus menerus
  • Tinja berwarna gelap atau mengandung darah
  • Muntah darah
  • Rasa nyeri yang berlebihan pada area perut
  • Kesulitan bernapas


Ada baiknya jika Anda mengalami gejala penyakit maag yang satu ini, segera menuju rumah sakit untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Demikian cara mengatasi sakit maag secara alami dan gampang. Yuk coba tipsnya, terutama jika sakit maag Anda cenderung kumat karena produksi asam lambung Anda tinggi. Hindari juga mengonsumsi makanan pedas atau minuman bersoda. Tetap sehat ya!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :