Beranda > Artikel > 7 Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi

7 Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi

cara menjaga kesehatan alat reproduksi

Seiring dengan berkembangnya zaman, organ reproduksi merupakan sesuatu yang tidak asing untuk didengar. Walau bagi sebagian masyarakat masih terdengar tabu, namun tahukah anda bahwa organ reproduksi merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk dijaga.

 

Apa itu organ reproduksi?

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organ reproduksi adalah organ yang berfungsi sebagai alat pengembangbiakan. Pengembangbiakan yang dimaksud adalah secara seksual. Organ ini akan berinteraksi bersama dengan hormon, cairan, feromon untuk menjalankan fungsinya. Organ reproduksi dapat dibagi menjadi dua, yaitu organ reproduksi pria dan wanita. Organ reproduksi wanita secara biologis dapat dibagi menjadi vagina, tuba fallopi, ovarium, serviks, dan uterus. Sedangkan organ reproduksi pria secara sederhana dapat dibagi menjadi penis, testis, dan skrotum.

Karena organ reproduksi merupakan organ yang sangat vital dan penting bagi manusia, maka sangat dianjurkan untuk dijaga kesehatannya, terutama apabila anda masih di usia remaja. Usia remaja merupakan usia “emas” untuk berkenalan dengan organ reproduksi dan menjaga kesehatannya, hal itu diharapkan agar dapat membangun kebiasaan yang baik dan rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan alat reproduksi seiring bertambah usia.

 

Bagaimana cara menjaga alat reproduksi yang benar?

1. Membersihkan dengan benar

Walaupun terdengar sepele, namun ternyata masih banyak orang yang salah ketika membersihkan alat reproduksi. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui karena apabila cara membersihkannya salah, maka hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan alat reproduksi anda.

Terutama bagi wanita, bersihkanlah organ intim anda dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari terbawanya bakteri yang berasal dari anus yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

2. Jangan memakai sabun antiseptik

Pemakaian sabun antiseptik sering kali disalah artikan dapat membersihkan organ vital secara maksimal, khususnya pada wanita. Namun tahukah anda bahwa penggunaan sabun antiseptik justru dapat membunuh bakteri baik yang merupakan flora normal organ reproduksi. Cukup basuh dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan tisu kering dan bersih dari depan ke belakang.

 

3. Melakukan sunat untuk laki-laki

Sunat dinilai penting untuk dilakukan karena tujuan utama sunat bagi laki-laki adalah untuk menghindari resiko infeksi yang berasal dari tumpukkan kotoran yang terdapat di kulit kulup ujung penis.

 

4. Rutin mengganti celana dalam

Mengganti celana dalam secara rutin dapat mencegah pertumbuhan jamur. Apabila anda malas mengganti celana dalam, terutama setelah berolahraga atau berjemur di cuaca panas, kondisi lembap dan kotor tersebut dapat memicu pertumbuhan jamur. Selain rutin mengganti celana dalam, pastikan juga bahan celana dalam anda dapat menyerap keringat dengan baik.

 

5. Hindari hubungan seksual yang beresiko

Hubungan seksual yang beresiko adalah yang dilakukan dengan banyak pasangan tanpa menggunakan alat pengaman. Pasalnya, penyakit menular seksual merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Oleh sebab itu, edukasi seks sejak remaja merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat di usia remaja, anak harus diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap segala tindakkan yang dapat membahayakan kesehatannya, termasuk kesehatan organ reproduksi.

 

6. Berhenti konsumsi rokok dan alkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh secara general, rokok dan alkohol juga dapat menganggu kesehatan organ reproduksi anda. Berdasarkan penelitian, rokok dan alkohol terbukti dapat menganggu tingkat kesuburan baik pria maupun wanita.

 

7. Perhatikan nutrisi harian anda

Makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan lemak baik terbukti dapat menunjang kesehatan reproduksi dan tingkat kesuburan. Kandungan tersebut dapat diperoleh dari sayur, buah-buahan terutama alpukat, daging, ikan, susu, dan kacang-kacangan.

 

Menjaga kebersihan alat reproduksi merupakan kewajiban bagi pria maupun wanita. Hal ini harus diterapkan sejak dini untuk membangun kebiasaan yang baik kelak. Sebab, apabila anda lalai menjaga kebersihan organ reproduksi, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi yang dapat membahayakan. Mulai sekarang, marilah lebih memperhatikan organ reproduksi anda!

Selalu Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record

 

Referensi

  1. Ramli R. Prevention and treatment of reproductive tract infection. Journal La Mediheal. 2020; vol. 1, no. 1. Diakses dari: https://newinera.com/index.php/JournalLaMedihealtico/
  2. Aliyu MS, Musa B, Hussaini IM, Charanchi AS.  Effects of feminine wash (soap) on some pathogenic bacteria causing urinary tract infections (UTIS). IJIRD. 2016; vol. 5, issue 1. Diakses dari: https://www.researchgate.net/
  3. Grund JM, Bryant TS, Jackson I, Curran K, Bock N, Toledo C. Association between male circumcision and women’s biomedical health outcomes: a systematic review. The Lancet Global Health. 2017. Vol 5, issue 11, E1113-22. Diakses dari: https://www.thelancet.com/journals/langlo/article/PIIS2214-109X(17)30369-8/fulltext
  4. Sharma R, Biedenharn KR, Fedor JM, Agarwal A. Lifestyle factors and reproductive health: taking control of your fertility. Reprod Biol Endocrinol. 2013; 11:66. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3717046/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :