Home » 7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Berfungsi Optimal

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Berfungsi Optimal

cara menjaga kesehatan ginjal

Karena ginjal termasuk organ vital di dalam tubuh, kita perlu memberikan perhatian ekstra untuk memastikannya tetap berfungsi secara optimal. Terlebih lagi, fungsi utama dari ginjal sendiri adalah menyaring limbah dan mengontrol jumlah cairan dalam tubuh. Maka, jika ginjal gagal menjalankan fungsi penting tersebut, tubuh bisa menderita komplikasi serius yang membahayakan jiwa lho. Untuk itu, berikut adalah tujuh cara menjaga kesehatan ginjal yang patut Anda coba. 

Jaga Berat Tubuh Normal

Sebagaimana dilansir Mayoclinic, mempertahankan berat tubuh normal atau ideal menjadi salah satu cara paling efektif dalam menjaga kesehatan ginjal. Untuk tahu apakah berat tubuh Anda termasuk normal atau berlebih, coba gunakan kalkulator BMI (Body Mass Index) yang kini mudah diakses di internet. Jika hasilnya tergolong ideal atau normal, pertahankan angka itu dengan disiplin menjaga pola makan dan rutin olahraga, ya

Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah, yang memicu terjadinya penurunan aliran darah di ginjal. Akibat dari kondisi tersebut, ginjal pun tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Di sisi lain, kebiasaan merokok juga terbukti dapat meningkatkan risiko hipertensi dan kanker ginjal. Oleh karenanya, yuk sayangi ginjal Anda dengan mulai menghentikan kebiasaan merokok dari sekarang!

Jalankan Diet Sehat

Apa pun yang kita konsumsi akan dipecah kembali oleh ginjal. Dengan kata lain, sangat penting untuk memastikan asupan makanan atau minuman yang masuk ke tubuh tidak membawa dampak negatif bagi kesehatan ginjal. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi gula dan garam secara berlebihan. Pun, mulai perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk ginjal seperti misalnya apel, anggur, sayuran hijau, ikan, dan lain sebagainya. 

Tetap Terhidrasi

Memastikan tubuh tetap terhidrasi juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena asupan cairan yang masuk ke tubuh akan membantu ginjal untuk mengeluarkan limbah melalui saluran kemih. Maka idealnya, minumlah 8 gelas atau sekitar 2 liter air setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa jumlah konsumsi cairan bagi setiap orang bisa berbeda, yang tentunya harus disesuaikan dengan tingkat aktivitas dan riwayat kesehatan masing-masing. 

Rutin Olahraga, Tetapi Jangan Berlebihan Ya!

Menjaga tubuh tetap aktif dapat membawa dampak positif bagi kebugaran tubuh, termasuk kesehatan ginjal. Meski demikian, olahraga berlebihan justru dapat memicu kerusakan ginjal. Oleh karenanya, berolahragalah dalam porsi yang tepat. Pun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apabila Anda memiliki riwayat kesehatan khusus yang membuat tubuh tidak boleh terlalu aktif. 

Periksa dan Kontrol Gula Darah

Mengutip situs World Kidney Day, sekitar setengah dari penderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut. Ini tentunya sangat berbahaya karena diabetes sendiri adalah salah satu penyebab umum dari kerusakan ginjal. Untuk itu, cegah tubuh terkena diabetes, yang bisa berujung pada kerusakan ginjal, dengan cara rutin memeriksa dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Hindari Konsumsi Obat Over-The-Counter Secara Berlebihan

Obat over-the-counter juga sering disebut obat bebas, yang merupakan jenis obat yang dapat dibeli di apotek tanpa perlu resep dokter. Obat jenis ini termasuk naproxen atau ibuprofen, yang tergolong sebagai obat anti-inflamasi non-steroid. Nah, konsumsi obat-obatan jenis ini secara berlebihan atau terlalu sering bisa menurunkan fungsi ginjal. Akibatnya, risiko Anda terkena penyakit ginjal kronis menjadi lebih besar.

Yuk, mulai praktikkan tujuh cara menjaga kesehatan ginjal di atas untuk memastikan fungsi organ vital tersebut tetap terjaga! 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :