Beranda > Artikel > 7 Cemilan Penderita Asam Lambung yang Baik Bagi Tubuh

7 Cemilan Penderita Asam Lambung yang Baik Bagi Tubuh

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan organ yang terdapat pada perut, yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Lambung memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai tempat penampungan makanan yang turun dari esofagus sementara, berfungsi menghancurkan dan mencampurkan makanan dengan cara mengontraksikan dan merelaksasikan otot yang ada di lambung, serta berfungsi untuk mencerna makanan.

Kesehatan pencernaan akan tercapai dengan berjalananya fungsi organ pencernaan serta adanya keseimbangan bakteri pada sistem pencernaan. Seluruh organ pada sistem pencernaan termasuk esofagus, lambung, dan usus akan bekerja sama untuk mencerna makanan tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan pencernaan sangatlah penting. Beberapa kondisi dan penyakit yang sering terjadi pada lambung ialah Gastroesophageal reflux disease, Irritable bowel syndrome, Gastroparesis, ulcer, gastritis, kanker lambung, dll.

           

Cara Menjaga Kesehatan Lambung pada Penderita Asam Lambung dengan Pola Hidup

Penderita asam lambung sering merasakan rasa kembung terutama saat makan sehingga tidak dapat menghabiskan makanan, rasa penuh saat setelah makan, rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut bagian atas, penurunan napsu makan, rasa terbakar pada ulu hati, hingga mual dan muntah. Gejala pada asam lambung pada umumnya muncul karena dipicu oleh beberapa hal seperti makan terlalu cepat, makan makanan yang berminyak dan pedas, mengonsumsi kafein, alkohol, coklat, dan minuman bersoda, merokok, kecemasan, serta beberapa obat – obatan seperti antibiotic, obat antinyeri, dan suplemen besi. Beberapa tips perubahan pola hidup ini dapat Anda terapkan terutama bila Anda merupakan penderita asam lambung:

  1. Hindari makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  2. Batasi konsumsi makanan berlemak tinggi. Makanan tinggi lemak seperti chips, burger, makanan yang digoreng akan lebih sulit dicerna dan dapat memicu nyeri pada lambung serta naiknya asam lambung.
  3. Kurangi makanan pedas
  4. Piilihlah daging yang rendah lemak
  5. Makan teratur sesuai jadwal. Anda dapat mengatur jadwal makan dalam frekuensi sering serta porsi yang sedikit. Dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dalam porsi besar, sebaiknya Anda makan 6 kali sehari dalam porsi sedikit. Kebiasaan ini akan mencegah lambung menjad terlalu penuh, serta akan membantu mengurangi tekanan dalam lambung.
  6. Minum banyak air
  7. Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok, konsumsi kafein, dan alkohol. Rokok dan alkohol dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.
  8. Jaga berat badan Anda. Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya gastritis.
  9. Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menjaga berat badan
  10. Mengontrol stres dan kecemasan. Stres dapat memicu produksi asam lambung
  11. Bila Anda merasa lambung sangat nyeri dan tidak nyaman, Anda dapat mengonsumsi antasida, yang dapat membantu mengurangi serta menetralisir asam lambung. Konsumsi antasida pada umumnya dapat mengurangi gejala.

 

Ini Dia Cemilan untuk Penderita Asam Lambung

Selain melakukan perubahan pola hidup untuk mengurangi gejala asam lambung, menentukan makanan dan snacks yang tepat pada penderita asam lambung juga penting. Ini dia 7 cemilan yang dapat Anda konsumsi:

  1. Buah – buahan secara umum, tapi hindari buah – buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan nanas.
  2. Skimmed milk atau susu tanpa lemak
  3. Sayur – sayuran segar
  4. Plain yogurt
  5. Kopi decaf (tidak berkafein)
  6. Granola bars
  7. Salad

 

Referensi

  • Anatomy and physiology of the stomach. (n.d.). Retrieved from Canadian Cancer Society: https://cancer.ca/en/cancer-information/cancer-types/stomach/what-is-stomach-cancer/the-stomach
  • Indigestion (Dyspepsia). (2021, July). Retrieved from Family Doctor: https://familydoctor.org/condition/indigestion-dyspepsia/
  • What it ‘gut health’ and whhy is it important? (2019, July 22). Retrieved from UC Davis Health: https://health.ucdavis.edu/health-news/newsroom/what-is-gut-health-and-why-is-it-important/2019/07
  • McCoy, K. (2020, May 13). 11 Tips for Better Digestive Health. Retrieved from Everyday Health: https://www.everydayhealth.com/digestive-health/tips-for-better-digestive-health/
  • Good foods to help your digestion. (2019, August 27). Retrieved from National Health Service UK: https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/good-foods-to-help-your-digestion/
  • Gillson, S. (2020, March 23). Your Guide to Living With Gastritis. Retrieved from Verywell health: https://www.verywellhealth.com/your-guide-to-gastritis-1742800
  • Barhum, L. (2020, January 9). Diet tips for gastritis and stomach ulcers. Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/317027
  • Indigestion. (2021, July 15). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :