Beranda > Artikel > 7 Faktor Utama Penyebab Prostat

7 Faktor Utama Penyebab Prostat

faktor utama penyebab prostat

Apa itu prostat? Prostat merupakan organ pada sistem reproduksi pria yang terletak di bawah kandung kemih, fungsinya adalah untuk mengeluarkan cairan yang melindungi dan menutrisi sperma/air mani ketika ejakulasi. Seiring bertambahnya usia, kondisi prostat akan terus menurun. Sayangnya, masih ada banyak pria di Indonesia yang menyepelekan kesehatan prostat dengan tidak rutin melakukan tes kanker prostat yang bisa menyerang pria kapan saja.

Lantas, Apa Saja Faktor Utama Penyebab Kanker Prostat?

Jangan sepelakan penyakit ini dan berikut adalah faktor utama penyebab kanker prostat yang harus diketahui secara lebih lanjut.

1. Genetik, bawaan keluarga

Jenis kanker yang satu ini memilki banyak faktor yang bisa menyebabkannya, seperti faktor genetik yang menjadi faktor utama penyebab dari kanker kelenjar prostat yang sejatinya tidak bisa dihindari. Dalam sebuah studi, pria yang memiliki riwayat keluarga saudara atau orang tua yang menderita kanker prostat memiliki risiko dua kali lipat lebih besar untuk menderita penyakit kanker prostat yang sama. 

Risiko ini juga terus bertambah seiring banyaknya anggota keluarga Anda yang menderita kanker prostat tersebut. Ini dikarenakan adanya kemungkinan Anda mewarisi gen yang termutasi, sehingga berpotensi menyebabkan kanker prostat. Namun, faktor utama penyebab kanker prostat ini umum terjadi bagi pria yang berusia dibawah 50-65 tahun. 

2. Usia

Selain gen, faktor risiko yang menjadi penyebab kanker prostat yang tidak bisa dihindari selanjutnya adalah usia. Sebuah studi mengungkapkan bahwa risiko terkena kanker prostat melonjak tajam setelah memasuki usia 55 tahun dan akan mencapai puncaknya di usia 70 hingga 74 tahun. Mengapa demikian? Sejumlah studi berargumen bahwa hal ini dikarenakan kanker prostat yang memiliki periode induksi yang cukup lama sehingga proses penuaan bisa menjadi penyebab dari penyakit ini.

3. Ras atau etnis

Hal yang cukup mengejutkan adalah ras atau etnis termasuk faktor utama terjadinya kanker prostat. Faktor ras atau etnis ini bisa juga dikaitkan dengan faktor genetik, di mana sebuah studi menunjukkan bahwa orang Afrika-Amerika 60% lebih berisiko mengalami pertumbuhan sel kanker di bagian prostat dibandingkan dengan orang Kaukasia, ditambah lagi dengan tingkat kematian akibat kanker prostat yang 144% lebih tinggi bagi kaum Afrika-Amerika. 

Tidak hanya itu, kaum Hispanik memiliki risiko terkena kanker prostat 14% lebih rendah daripada kaum Kaukasia. Selain karena hubungan ras atau etnis dengan faktor genetik, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan budaya. 

4. Lokasi tempat tinggal

Melanjutkan poin sebelumnya, faktor ras atau etnis memang berpengaruh terhadap risiko kanker prostat. Namun, lokasi tempat tinggal juga menjadi faktor utama yang bisa menyebabkan kanker prostat yang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tingkat kasus kanker prostat pada kaum Afrika-Amerika jumlahnya 60 kali lipat lebih besar dibanding kasus kanker prostat di Shanghai. 

Namun, hal yang menarik adalah studi yang membandingkan kasus kanker prostat pada warga Asia yang bermukim di Amerika dengan warga Asia yang bertempat tinggal di negara asalnya. Ditemukan bahwa kasus kanker prostat pada warga Jepang yang bermukim di Amerika 43 kali lebih banyak dibandingkan pada warga Jepang yang tetap tinggal di Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa faktor lingkungan cukup berpengaruh terhadap risiko mengalami kanker prostat. 

5. Kebiasaan merokok

Merokok menjadi faktor lainnya yang bisa menyebabkan kanker prostat, dan seharusnya bisa Anda hindari. Lebih buruknya lagi, kebiasaan merokok cenderung berkaitan dengan kasus kanker prostat yang agresif. Terutama bagi perokok aktif berat yang memiliki risiko untuk terkena kanker prostat dua kali lebih besar. Bahkan, perokok berat memiliki 24% hingga 30% risiko yang lebih tinggi terhadap kematian akibat kanker prostat. 

6. Diet dan berat badan

Salah satu faktor utama penyebab kanker prostat adalah diet sehari-hari. Sejumlah studi menemukan fakta bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker prostat. Sementara itu, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan makanan berlemak dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat, walaupun para peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut untuk mengukuhkan pernyataan ini. 

Oleh karenanya, sebaiknya Anda mulai menjalani diet yang sehat serta rutin berolahraga untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat ini. 

7. Infeksi saluran kemih

Tidak seperti anggapan orang bahwa kanker prostat dipengaruhi oleh kuantitas aktivitas seksual, nyatanya infeksi saluran kemih yang berkelanjutan atau terulang terus-menerus dapat meningkatkan risiko kanker prostat. 

Sebuah studi mengungkapkan fakta ini dan membuktikan bahwa pria yang memiliki lebih dari 5 kasus infeksi uretra dalam setahun punya risiko yang besar untuk mengidap kanker prostat. Hal ini disebabkan karena infeksi saluran kemih yang berulang menyebabkan inflamasi dan menjadi titik mutasi sel yang akhirnya dapat membentuk sel kanker di prostat. 

Selain kanker Prostat, ada satu lagi gangguan kesehatan atau penyakit yang akan dialami oleh kelenjar prostat. Benign Prostatic Hyperplasia/pembesaran prostat jinak yang bisa terjadi karena adanya pembesaran ukuran prostat namun masih bersifat jinak dan non-kanker, namun berbagai gejala yang akan dialami dapat sangat mengganggu aktivitas. Nah, gejalanya antara lain:

  • Rasa ingin buang air kecil yang cukup intens, terutama pada malam hari.
  • Adanya rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Sering tidak mampu menahan buang air kecil.
  • Ada kala kesulitan mengeluarkan urine.
  • Mengejan pada waktu buang air kecil.
  • Aliran urine yang keluar tidak lancar dan kadang disertai darah.
  • Merasa tidak tuntas meski telah buang air kecil.

Itulah beberapa faktor penyebab kanker prostat yang perlu Anda ketahui. Sebisa mungkin, hindari faktor-faktor seperti merokok, memakan makanan berlemak, dan juga kegiatan yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Selalu jaga kesehatan Anda dan jika Anda mengalami gejala sakit, Anda bisa mencatatnya segera di aplikasi Carevo. Download sekarang di Google Play dan App Store.

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1476014/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4203149/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5207623/
  4. https://www.researchgate.net/publication/269961814_Prostate_cancer_risk_
    factors_diagnosis_and_management
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836346/#:~:text=Current
    %20smokers%20had%20an%20increased,prostate%20cancer%20incidence
    %20and%20mortality.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :