Beranda > Artikel > 7 Manfaat Daun Gingseng yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Daun Gingseng yang Jarang Diketahui

manfaat daun gingseng

Terkenal di daerah Asia Timur, tanaman gingseng, terutama akarnya merupakan pengobatan tradisional turun-temurun yang terkenal akan segudang manfaat. Akar gingseng memiliki komponen-komponen aktif yang dipercaya dapat berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain akarnya, tahukan anda bahwa daun gingseng sebenarnya juga menyimpan banyak manfaat yang tidak kalah menarik? Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya bersama Carevo di sini!

 

1. Memperkuat memori dan ingatan

Daun gingseng memiliki kandungan saponin, alkaloid, tannin, dan flavonoid yang memiliki efek untuk memperkuat memori dan ingatan, jika dikonsumsi secara rutin, daun gingseng dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Selain itu, saponin dalam daun gingseng juga dipercaya dapat mengurangi tingkat stress, depresi, dan sakit kepala, karena dapat melancarkan peredaran darah ke otak.(1,2)

2. Mencegah penyakit jantung

Masalah utama dari timbulnya penyakit jantung adalah aliran darah yang tidak lancer, sehingga dapat menyebabkan terjadinya sumbatan. Berdasarkan penelitian, dengan mengkonsumsi daun gingseng secara rutin, anda dapat mencegah terjadinya penyakit miokardial iskemia (MI). Selain memperlancar peredaran darah, daun gingseng juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit kronik kardiovaskular lainnya.(1,2,3)

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kadar antioksidan yang tinggi dan komponen-komponen aktif yang terdapat pada daun gingseng dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selain antioksidan, daun gingseng juga mengandung provitamin A dan flavonoid yang dapat menjaga tubuh dari infeksi bakteri maupun karena memiliki efek anti-bakteri dan anti-virus.(1)

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi, daun gingseng juga memiliki efek untuk mencegah pertumbuhan tumor atau sel kanker, karena dapat menangkal radikal bebas dari dalam maupun luar tubuh. Flavonoid yang terdapat pada daum gingseng memiliki efek anti-tumor, anti-radang, dan efek sitotoksik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh anda. Selain itu, daun gingseng juga dapat mengurangi efek samping akibat pengobatan kemoterapi dan radiasi pada pasien-pasien kanker.(1,3)

5. Mengkontrol gula darah

Daun gingseng memiliki efek anti-diabetes karena dapat membantu meningkatkan sekresi insulin di dalam darah. Terdapat penelitian yang melaporkan bahwa daun gingseng dapat menurunkan kadar gula darah yang signifikan karena memiliki kandungan antioksidan ginsenoside, yang merupakan pilihan herbal alternatif untuk menurunkan gula darah anda.(1)

6. Mencegah penuaan dini

Kaya akan antioksidan, daun gingseng memiliki efek anti-penuaan dini karena dapat menangkal radikal bebas dan polusi. Anda dapat mengkonsumsi daun gingseng maupun memakai skincare yang kaya akan kandungan gingseng untuk mendapatkan efek anti-penuaan dini yang maksimal.(1,3)

7. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan ginsenoside yang terdapat pada daun gingseng memiliki efek anti-obesitas dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh anda dengan meningkatkan sintesis protein pada otot anda, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan alami bagi anda yang sedang berdiet.(1)

 

Bagaimana cara mengolah daun gingseng?

Mengolah daun gingseng untuk dikonsumsi tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda dapat merebus daun gingseng di air mendidih, dan menambahkan pemanis alami untuk menjadikan teh gingseng yang menyehatkan. Selain menjadikan minuman, anda juga dapat menumis daun gingseng menjadi kudapan yang lezat maupun merebus dan menjadikan sup untuk menambah stamina anda.(3)

 

Walaupun belum banyak diketahui manfaatnya, daun gingseng memiliki segudang manfaat yang tidak kalah dengan akarnya. Selain pilihan santapan yang lezat, daun gingseng juga dapat menyehatkan tubuh anda dan mencegah berbagai macam penyakit seperti yang dipaparkan diatas. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record

 

Referensi

  1. Wang H, Peng D, Xie J. Gingseng leaf-stem: bioactive constituents and pharmacological functions. 2009; 4:20. Tersedia di: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2770043/
  2. Xie JT, Wu JA, Lin E, Wang CZ, Yuan CS. Constituents and effects of gingseng leaf. 2004; vol 4. Issue 1. P. 1-8. Tersedia di: http://koreascience.or.kr/article/JAKO200403043172659.page
  3. Oliynyk S, Oh S. Actoprotective effect of gingseng: improving mental and physical performance. 2013; vol. 37 issue 2; p. 144-66. Tersedia di: http://koreascience.or.kr/article/JAKO201312855327050.page

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics