Beranda > Artikel > 7 Manfaat Tauge untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Tauge untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tanaman Tauge

Tauge merupakan tanaman yang dihasilkan dari biji kacang – kacangan, namun dua jenis utama di dunia berasal dari kacang hijau dan kacang kedelai. Kecambah kacang kedelai memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kacang hijauh, dan memiliki warna ujung kekuningan, sedangkan pada kecambah kacang hijai, warna ujungnya cenderung kehijauan.

Tauge merupakan biji kacang – kacangan yang berkecambah. Proses kecembah ini dimulai dengan cara perendaman biji kacang selama beberapa jam. Biji kacang yang direndam akan dipaparkan dengan kelembapan dan temperature tertentu sehingga akan bertumbuh dalam waktu dua hingga tujuh hari. Produk akhir berupa tauge yang berukuran sekitar 2 – 5 cm.

Kecambah kacang ini sering ditemukan di Asia Timur, dan sering dijadikan masakan pada daerah India dan Timur Tengah, namun saat ini tauge cukup populer di dunia.

Apa Saja Kandungan dalam Tauge?

Selain rasanya yang enak dan crunchy, ternyata tauge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tauge mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan dan memiliki kandungan kalori yang kecil karena mengandung protein nabati, folat, magnesium, fosfor, vitamin C, vitamin K, namun tidak mengandung lemak. Selain itu, tauge juga merupakan tanaman yang memiliki kandungan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tauge dapat meningkatkan kadar protein serta meningkatkan kadar assam amino penting di dalam tubuh hingga sebesar 30%. Protein nabati di dalam tauge juga lebih mudah untuk dicerna.

Tahu dan susu kedelai yang dibuat dari biji kacang kedelai yang berkecambah memiliki 7 – 13% kadar protein yang lebih banyak, 12 -24% kandungan lemak yang lebih rendah, serta 56 – 81% kandungan antinutrien yang lebih rendah dibandingkan dengan tahu dan susu kedelai yang dibuat dari kacang kedelai tidak berkecambah.

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Tauge memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tauge bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, kesehatan tulang, jantng, hati, membantu mengatasi kelainan otak, serta meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, tauge juga baik untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh, membantu menyeimbangkan kadar kolesterol, membantu menjaga kesehatan mata, dan memiliki efek antioksidan. Berikut ini merupakan 7 manfaat Tauge:

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tauge meningkatkan kemampuan untuk meregulasi aktivitas enzim amilase, suatu enzim yang digunakan tubuh untuk memecah serta menyerap gula. Di dalam suatu penelitian pasien dengan penyakit diabetes tipe 2 menyebutkan bahwa kelompok pasien yang mengonsumsi 60 gram tauge per harinya mengalami penurunan kadar HbA1c sebesar 10%, suatu marker kadar gula dalam darah.

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Tauge membantu proses mencerna makanan menjadi lebih mudah. Penelitian mennyebutkan bahwa biji kacang yang berkecambah memiliki kadar serat yang lebih tinggi. Biji kacang yang berkecambah dalam 5 hari memiliki 133% kadar serat dibandingkan dengan biji kacang tidak berkecambah.

  1. Tauge dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tauge dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian pada pasien obesitas dan kelebihan berat badan dengan penyakit diabetes tipe 2 membagi pasien menjadi 2 kelompok, dimana salah satu kelompok mengonsumsi 60 gram tauge per hari. Pada akhir penelitian, kelompok yang mengonsumsi tauge mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sebesar 12%, serta mengalami penurunan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) sebesar 75-84%, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

  1. Membantu Mengurangi Kecemasan dan Stres

Tauge mengandung vitamin C, zink, dan magnesium. Nutrien tersebut penting untuk keseimbangan mood, mengurangi kecemasan, dan membantu tidur. Kandungan bioflavonoid yang ada di dalam tauge juga membantu mengurangi kualitas stres.

  1. Membantu Meningkatkan Imunitas

Tauge mengadung flavonoid yang membantu meningkatkan fungsi imun. Imun yang kuat akan membantu melawan infeksi dan menjaga Anda dari berbagai jenis penyakit.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tauge memiliki kalori yang rendah, sehingga dapat Anda jadikan pilihan makanan sehat misalnya di campurkan ke makanan lain seperti sandwich dan salad. Tauge juga memiliki kadar serat yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah makan terlalu banyak serta menstimulasi rasa kenyang.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B di dalam tauge dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B terlibat dalam ratusan proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti mengontrol ritme sirkadian, hormon, enzim, dan metabolisme energi. Oleh karena itu memenuhi kebutuhan vitamin B Anda sangatlah penting.

 

Referensi

  • Ccassoobhoy, A. (2020, August 24). Nourish by Web MD. Retrieved from Bean Sprouts: Health Benefits, Nutrition Facts, and How to Prepare Them: https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bean-sprouts#1
  • Staughton, J. (2021, August 11). Organic Facts. Retrieved from 12 Amazing Health Benefits Of Bean Sprouts: https://www.organicfacts.net/bean-sprouts.html
  • Petre, A. (2018, February 23). Healthline. Retrieved from Raw Sprouts: Benefits and Potential Risks: https://www.healthline.com/nutrition/raw-sprouts

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :