Beranda > Artikel > 7 Tips Mengelola Manajemen Rumah Sakit

7 Tips Mengelola Manajemen Rumah Sakit

manajemen rumah sakit

Mengelola rumah sakit yang besar tidak mudah, apalagi di bawahnya ada ratusan dokter, perawat, dan staf lain. Berbagai kepentingan bisa saling bertabrakan, apalagi harus berhubungan dengan pasien dan manajemen yang rumit. Akhirnya, konflik tidak bisa dihindari dan menyebabkan salah satu pihak merugi. Manajemen rumah sakit yang baik sangat dibutuhkan.

Menghindari berbagai masalah dan konflik yang bisa muncul di masa depan, manajemen rumah sakit harus dikelola dengan baik. Untuk bisa melakukannya, beberapa perombakan harus dilakukan termasuk mengikuti beberapa tips bermanfaat di bawah ini.

Memanfaatkan Teknologi

Anda harus memanfaatkan teknologi yang sudah ada saat ini untuk meningkatkan pengelolaan manajemen rumah sakit. Misal dengan menggunakan program aplikasi rumah sakit yang bisa menampung semua data dan informasi mulai dari data dokter, pasien, hingga ke hal-hal yang lebih kompleks seperti keuangan.

Kalau masalah yang krusial masih ditangani secara manual dan sembarangan, risiko mengalami kesalahan akan besar. Di rumah sakit, masalah sekecil apapun akan berdampak ke banyak hal. Dengan hadirnya sebuah aplikasi yang bisa membantu mengelola data dan informasi maka berbagai kesalahan bisa di minimalisir. Bisa mengembangkan sistem pelayanan rumah sakit yang semakin baik kedepannya.

Akuntabilitas Terlihat dengan Jelas

Maksud dari akuntabilitas ini adalah bagaimana kinerja dari dokter dan semua karyawan bisa ditakar dengan baik. Misal dibuat semacam KPI sehingga apa yang dikerjakan setiap hari bisa jelas sehingga apa saja yang ada di rumah sakit bisa dimaksimalkan.

Meningkatkan Ketaatan pada Jadwal

Hal yang paling sulit dalam mengelola sebuah perusahaan termasuk jasa kesehatan rumah sakit adalah ketaatan jadwal. Dari banyak dokter, tenaga medis, dan karyawan yang bekerja pasti ada yang suka telat, kerap izin, dan tetek bengek lain yang membuat sistem kesehatan jadi berantakan. Terapkan kebijakan yang ketat mengenai hal ini.

Misal saat ada kejadian yang mendesak seperti kecelakaan dan butuh operasi, dokter jaga tidak ada. Perawat juga jumlahnya tidak banyak. Akhirnya, layanan di rumah sakit jadi berantakan. Mungkin siapkan sistem yang bisa memantau kehadiran dari para tenaga medis dan karyawan di rumah sakit.

Mengidentifikasi Hambatan yang Mungkin Terjadi

Identifikasi semua hambatan yang mungkin saja terjadi dan mencari solusinya. Hambatan yang dicari ini bisa saja tidak atau belum terjadi. Namun, Anda harus mengidentifikasinya dan berusaha untuk menyelesaikannya. Bila perlu dicatat pada dokumen tersendiri.

Kalau ke depannya ada masalah yang serupa atau sama, Anda tidak perlu lagi mencari jawaban. Semua sudah didapatkan sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan situasinya saja.

Mengontrol Departemen dengan Baik

Kontrol departemen dengan baik khususnya yang cukup krusial seperti keuangan dan juga obat. Dua departemen ini rawan sekali terjadi kesalahan dan tindakan curang yang bisa merugikan pasien dan rumah sakit.

Gunakan sistem aplikasi untuk PC dalam hal pencatatan arus pemasukan dan pengeluaran dan juga obat. Dengan begitu, semuanya bisa dikontrol dengan baik dan manajemen tidak jadi kacau.

Training Pegawai

Pegawai yang dimiliki harus di training dengan baik agar bisa bersikap sesuai pada pasien dan juga pengunjung. Selama ini, kasus pasien diperlakukan tidak baik oleh oknum sering terjadi. Hal seperti ini bisa menyebabkan rumah sakit tercoreng pamornya. Padahal secara kualitas sangat baik.

Mengelola Website dan Media Sosial

Website dan social media seperti facebook dan instagram bisa digunakan untuk lebih mendekatkan diri pada pasien dan calon pasien yang akan melakukan perawatan. Jadi, semua orang bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait dengan jadwal dokter hingga ke urusan biaya. Usahakan semua transparan.

Melalui website dan social media seperti facebook dan instagram, manajemen juga bisa dengan mudah mendapatkan kritik dan saran dari hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya.

Mengelola manajemen rumah sakit memang tidak mudah karena mencakup banyak departemen dan juga orang di dalamnya. Namun, kalau bisa diatur perlahan-lahan, sistem akan membaik sehingga masalah-masalah yang sering terjadi khususnya dalam hal layanan bisa segera diatasi dengan baik.

Dapatkan solusi rumah sakit Anda di Carevo, dan tingkatkan pelayanan Anda kepada para pasien.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :