Beranda > Artikel > 8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

cara mengatasi perut kembung pada anak

Si kecil mengeluhkan perut kembung? Dilansir oleh Parents.com, ada empat penyebab anak mengalami perut kembung, antara lain, aerofagia, sembelit, intoleransi laktosa, dan IBS (Irritable Bowel Syndrome). Perut kembung memang sangat tidak nyaman, membuat buah hati tidak semangat, serta mengganggu kegiatan sehari-hari.

Nah, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan di rumah. Yuk, catat segera!

1. Hindari makanan berlemak dan berserat tinggi

Atasi perut kembung dengan mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Bukan hanya menaikkan berat badan, makanan seperti ini juga butuh waktu lama sebelum dicerna secara sempurna oleh tubuh. Makanan berlemak dapat meningkatkan gas karena bertahan lebih lama di lambung.

Selain itu, hindari pula makanan yang berserat tinggi. Serat tentu saja dikenal bermanfaat untuk pencernaan sejak dahulu. Namun, Anda beberapa sumber serat mengandung banyak gas sehingga memperparah kondisi perut kembung.

2. Buatkan teh herbal

Konsumsi teh adalah salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak yang efektif. Sebaiknya buatkan teh herbal untuk buah hati, seperti teh peppermint, teh jahe, teh hijau, atau teh kembang lawang. Campuran rempah-rempah tersebut membantu membasmi penumpukan gas di lambung. Namun, sebelum membuatkan teh untuk anak, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter.

3. Kompres perut anak dengan handuk hangat

Cara yang satu ini tidak memiliki efek samping sehingga aman untuk anak. Kompres mampu membantu meredakan kembung serta membuat otot-otot relaks. Anda dapat mengompres perut anak dengan bantal pemanas yang sudah diatur menjadi suhu terendah. Selain itu, tak ada salahnya memakai botol berisi air hangat yang dibalut kain.

Baca Juga : 5 Cara Menurunkan Demam Anak Dengan Tepat

4. Jaga agar anak tetap terhidrasi

Kebutuhan cairan anak harus tetap terpenuhi supaya tidak dehidrasi. Berikan minuman yang tidak mengandung gula dan usahakan dalam kondisi masih hangat. Minuman seperti ini akan menenangkan saraf-saraf perut dan melegakan kembung. Sebaiknya jangan memberikan produk-produk seperti susu sampai keadaan buah hati menjadi lebih baik.

5. Hindari minuman bersoda

Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata “soda”? Minuman yang mengandung banyak gas, bukan? Tidak hanya terdapat kandungan karbon dioksida, minuman ini juga diberi pemanis buatan yang tentunya tidak sehat.

6. Batasi porsi makan

Jangan berikan porsi makan yang berlebihan pada anak. Kebanyakan makan bisa membuat si kecil merasa kembung. Berikanlah makanan dalam porsi yang sedikit, tetapi jam makannya menjadi lebih sering. Terlalu cepat menelan pun dapat membuat gas berlebih masuk ke saluran pencernaan.

7. Berikan makanan yang mengandung probiotik

Makanan lain yang perlu dikonsumsi saat anak mengalami perut kembung adalah bahan-bahan yang mengandung probiotik. Konsumsi yoghurt bisa menambal hilangnya mikroba baik dalam usus. Menurut penelitian, probiotik dapat mengurangi gas berlebih penyebab kembung.

8. Pijat perut si kecil

Terakhir, cobalah pijat perut anak dengan lembut. Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada otot dan saraf perut. Gunakan telapak tangan dan jari-jari, lalu pijat di sekitar area pusar dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Lakukan pelan-pelan supaya buah hati tidak merasa kesakitan.

Sekian pembahasan seputar cara mengatasi perut kembung pada anak. Muda diterapkan, bukan? Perut kembung umumnya memang tidak sampai menuju kondisi yang parah dan bisa cepat sembuh.

Namun, bagaimana jika masalah perut kembung belum juga teratasi? Sebaiknya kunjungi dan konsultasikan masalah anak ke dokter yang ahli di bidangnya. Apabila bingung menemukan fasilitas kesehatan, Anda bisa menggunakan layanan Carevo. Dapatkan kemudahan akses di mana pun dan kapan pun!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :