Beranda > Artikel > Anda Merasa Cemas Berlebih? Kenali Gejala Gangguan Kecemasan

Anda Merasa Cemas Berlebih? Kenali Gejala Gangguan Kecemasan

gejala gangguan kecemasan

Cemas adalah perasaan tidak nyaman yang dialami oleh seseorang dan merupakan perasaan normal yang dihadapi setiap orang. Anda dapat merasa cemas apabila dihadapkan dengan suatu masalah di tempat kerja, sebelum menjalani ujian, atau ketika anda sedang membuat suatu keputusan.

Apa itu gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan tidak hanya cemas semata yang berlangsung sementara. Bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan, perasaan cemas tersebut tidak akan pergi secara cepat, bahkan akan memburuk seiring berjalannya waktu.

Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti performa ketika sedang bekerja, sekolah, maupun mengganggu hubungan interpersonal dengan sekitar.

Tipe gangguan kecemasan

Terdapat berbagai macam gangguan kecemasan, yaitu gangguan kecemasan menyeluruh, gangguan panik, dan gangguan kecemasan yang berhubungan dengan fobia atau rasa takut yang berlebihan.

Gangguan kecemasan menyeluruh

Bagi seseorang yang memiliki gangguan cemas menyeluruh, orang tersebut akan mengalami kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan hamper setiap hari dalam waktu setidaknya enam bulan tentang berbagai hal yang terjadi di hidupnya seperti kesehatan, pekerjaan, interaksi social, maupun rutinitas sehari-hari.

Gejala dari gangguan cemas menyeluruh antara lain, perasaan lelah setiap harinya, mudah capek, sulit untuk berkonsentrasi, sering melamun, iritabel atau mudah tersinggung, merasakan otot-otot yang tegang, kesulitan untuk mengontrol perasaan khawatir, memiliki masalah dalam pola tidur. Gangguan kecemasan lain adalah gangguan pnik.

Gangguan kecemasan panik

Gangguan panik dapat terjadi secara mendadak dengan intensitas yang tinggi dalam hitungan menit. Gangguan panik dapat dipicu oleh sesuatu kondisi dan dapat menyebabkan seseorang mengalami jantung berdebar, irama jantung yang cepat, keringat, bergetar, sensasi napas pendek, dan perasaan tidak bisa mengontrol penyakit atau emosi yang dirasakan. Seseorang yang memiliki gangguan panik dapat memiliki rasa khawatir akan serangan panic selanjutnya dan dapat menyebabkan masalah yang signifikan di kehidupan sosialnya.

Gangguan kecemasan phobia

Selanjutnya adalah gangguan kecemasan yang berhubungan dengan fobia atau rasa takut yang berlebihan. Rasa takut berlebihan dapat meliputi objek atau situasi. Gangguan fobia dapat menyebabkan seseorang untuk memiliki rasa khawatir yang berlebih dan merasakan kecemasan yang sangat intensif.

Penyebab gangguan kecemasan

Penyebab dari gangguan kecemasan beragam, salah satunya adalah factor genetik dan lingkungan, contohnya paparan terhadap pengalaman hidup yang buruk atau negative ketika kecil, dapat juga berhubungan dengan kondisi fisik seseorang misalnya seseorang yang memiliki aritmia jantung, penyakit tiroid, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Penanganan gangguan kecemasan

Tatalaksana dari gangguan kecemasan beragam dan bisa dikonsultasikan ke Psikolog atau Psikiater. Psikiater dianjurkan terutama untuk gangguan kecemasan yang membutuhkan obat-obatan karena gangguan kecemasan sangat berhubungan dengan hormone yang membutuhkan terapi agar hormon pada otak yang berhubungan dengan cemas dan kekhawatiran menjadi lebih seimbang. Tatalaksana meliputi psikoterapi, terapi perilaku obat anti cemas,dan obat anti depresi yang dapat diberikan oleh Psikiater.

Segera periksakan jika anda memiliki gejala di atas. Untuk booking dokter, gunakan Carevo sekarang!

 

NIMH, N. (2018, July). Anxiety Disorders. Retrieved October 30, 2020, from https://www.nimh.nih.gov/health/topics/anxiety-disorders/index.shtml

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :