Beranda > Artikel > Anda Tipes? Kenali Gejalanya

Anda Tipes? Kenali Gejalanya

ciri cici gejala tipes

Gejala tipes seringkali muncul bertahap dan dapat menyerupai beberapa penyakit lainnya seperti demam berdarah, malaria, hepatitis akut, leptospirosis dan lainnya. Oleh karena itu, kenalilah gejalanya sehingga dapat ditangani dengan baik.

Apa itu Tipes dan mengapa dapat tertular?

Typhoid fever atau yang lebih dikenal awam sebagai penyakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Anda dapat terinfeksi bakteri ini ketika makanan atau minuman yang anda konsumsi terkontaminasi oleh kuman ini. Maka dari itu, sanitasi yang bersih perlu dijaga dalam mencegah penyebaran kuman ini. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin mencuci tangan, memastikan kebersihan makan dan minuman yang dikonsumsi serta menjaga lingkungan yang bersih.

Gejala tipes

 S.typhi memiliki masa inkubasi yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun, gejala tipes umumnya akan muncul setelah 10-20 hari setelah anda terinfeksi kuman S.typhi. Gejala yang ditimbulkan juga berkembang secara bertahap dari minggu ke minggu:

Minggu Pertama

Pada minggu pertama tanda & gejala yang timbul umumnya tidak spesifik seperti nyeri kepala, rasa tidak enak badan, demam yang meningkat perlahan, sulit BAB, dan batuk kering. Namun pada akhir minggu pertama dapat ditemukan juga pembesaran hati & limpa serta bercak merah/ rose spot.

Minggu Kedua

Pada minggu ini, pasien akan terlihat sakit, apatis, suhu tubuh yang tingg, perut yang agak cembung, lidah keputihan/ cotton tongue, buang air besar seperti “sop kacang”/ pea soup, gangguan detak jantung, dan juga bercak kemerahan/rose spot(tanda khas dari tipes).

Minggu Ketiga

Jika pasien tidak dapat mendapatkan pengobatan yang sesuai pada minggu ini, maka pasien dapat jatuh ke keadaan yang lebih serius dimana pasien akan jampak jauh lebih sakit, penurunan kesadaran, perut semakin membesar, hipotensi dan bahkan kematian.

Kematian yang terjadi pada umumnya disebabkan akibat komplikasi yang terjadi yaitu toxaemia¸infeksi pada otot jantung (myocarditis) serta perdarahan atau perforasi usus.

Kapan anda harus ke dokter?

Seperti yang sudah diketahui bahwa tipes memiliki beberapa tahapan, maka dari itu jika anda menemukan gejala-gejala diatas sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melalukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, tes darah, tes widal, kultur tinja atau darah. Jika hasilnya mengarah ke gejala tipes, maka dokter akan memberikan beberapa pengobatan dan juga saran seperti konsumsi makan makanan lunak, tirah baring/ bed rest, pemberian antibiotik, serta beberapa pengobatan simptomatis lainnya.  

Diagnosis serta penanganan yang tepat oleh dokter dapat membuat anda dijauhi dari komplikasi serta mendapatkan kesembuhan yang cepat dan efektif. Apakah anda merasakan gejala tipes pada tubuh anda? Catat gejalanya di Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :