Beranda > Artikel > Apa Fungsi dan Bagaimana Prosedur Perawatan Prostesis Mata?

Apa Fungsi dan Bagaimana Prosedur Perawatan Prostesis Mata?

protesa mata

Apa prostesis bola mata itu?

Prostesis mata merupakan pengganti bola mata. Pengganti bola mata ini memiliki bentuk dan penampakan seperti bola mata sungguhan. Prostesis mata ini, terbuat dari kaca atau plastic kemudian dibentuk dan diwarnai seperti seolah-olah bola mata asli.

Mata buatan ini merupakan suatu terapi yang umum dilakukan pada seseorang yang memiliki riwayat kehilangan bola mata, baik karena riwayat trauma, penyakit maupun tindaan operasi.

 

Material pembuat prosthesis bola mata

Pada masa-masa sebelumnya prostesis bola mata sempat terbuat dari kaca dahulu sempat disebut ‘glass-eye’ bagi mereka yang memakainya. Saat ini prosthesis tersebut terbuat dari lapisan plastik akrilik dan dibentuk seperti cangkang kerang.

 

Sejarah bola mata palsu

Berdasarkan data yang dikumpulkan bola mata palsu pertama kali dipakai sejak 2.900 tahun sebelum Masehi. Bola mata ini ditemukan pada mata seorang wanita keturunan Iran yang terbuat dari emas. Kemudian 500 tahun sebelum Masehi ditemukan pula bola mata buatan yang menjadi bukti dari masa-masa Romawi dan Mesir Kuno. Pada masa ini pemakaian bola mata palsu belum dimasukkan ke dalam kantung bola mata.

Perkembangan bola mata palsu modern mulai terjadi setelah abad ke 16, diawali dengan pembuatannya oleh seorang ahli Bedah Prancis yang bernama Ambroise Pare. Pada masa ini bola mata palsu ada dua jenis, yaitu yang dimasukkan ke dalam kantung bola mata dan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kantung bola mata.

 

Tindakan yang memerlukan bola mata buatan

Terdapat dua buah metoda untuk membuang mata yang rusak. Kedua metoda ini menentukan pemilihan bola mata buatan. Metoda tersebut adalah:

– Eviserasi

Metoda operasi yang dilakukan untuk menyedot cairan pengisi ruang bola mata tengah. Operasi ini menyisakan lapisan luar bola mata dan kantung bola mata.

– Enukleasi

Operasi ini mengangkat keseluruhan bola mata dan termasuk membuang kantung bola mata.

 

Pergerakan bola mata prostesis

Saat operasi bola mata, dokter mata akan menutup lapisan mata buatan dengan jaringan mata asli. Kemudian pada jaringan mata ini, akan dilekatkan otot mata yang masih baik. Tujuan penempelan otot bola mata ini adalah untuk menciptakan gerak bola mata yang seolah-olah nyata dan sesuai dengan gerakan bola mata normal. Namun, pergerakannya tidak bisa sampai seperti bola mata yang asli.

 

Perawatan bola mata prosthesis

Sama seperti benda buatan yang dipasang di dalam tubuh kita, bola mata prosthesis ini perlu dirawat layaknya organ normal kita. Perawatannya harus rutin agar mencegah terjadinya risiko infeksi. Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan dalam proses perawatannya:

  1. Lepaskan bagian plastik akrilik yang membungkus bola mata prosthesis tersebut.
  2. Bersihkan bagian plastik akrilik dengan air mengalir dan sabun.
  3. Tetaplah tidur menggunakan bola mata tersebut atau ikuti saran dari dokter mata
  4. Ketika hendak memasang kembali bola mata buatan tersebut, pergunakan plunger khusus untuk mengarahkan Anda memasukkan bola mata buatan tersebut ke dalam kantung bola mata.
  5. Gunakan tetes mata buatan untuk membasahi bahan plastik akrilik yang menempel di bola mata.
  6. Jangan lupa untuk selalu kontrol ke dokter mata, agar dapat dicek kondisi prosthesis Anda.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mata yang Tepat

 

Daftar Pustaka

  1. Davis, C.P. Medical Definiton of Ocular Prosthesis. March, 2021. Diakses dari: https://www.medicinenet.com/ocular_prosthesis/definition.htm. Pada: 2022, 8 Maret.
  2. Cirino E. Everything You Need to Know About Having a Prosthetic Eye. May, 2018. Diakses dari: https://www.healthline.com/health/prosthetic-eye. Pada: 2022, 8 Maret.
  3. A Brief History of Prosthetic Eyes. Charlotte Eye, Ear, Nose and Throat Associates. July, 2021. Diakses dari: https://www.ceenta.com/news-blog/a-brief-history-of-prosthetic-eyes#:~:text=The%20earliest%20known%20evidence%20of,hold%20the%20eye%20in%20place. Pada: 2022, 8 Maret.
  4. Hoffman M. Prosthetic Eye. May 7, 2021. Diakses dari: https://www.webmd.com/eye-health/prosthetic-eye-ocular-prosthesis#:~:text=A%20prosthetic%20eye%20can%20help,structures%20in%20the%20eye%20socket. Pada : 2022, 8 Maret.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics