Beranda > Artikel > Apa itu Penyakit Murmur Jantung?

Apa itu Penyakit Murmur Jantung?

Artikel Carevo apa itu penyakit murmur jantung

Tidak sedikit orang berkata mengenai “sakit jantung bocor”. Lantas apa sih “sakit jantung bocor” itu? Apakah betul-betul bocor? Dalam dunia medis kebocoran jantung ini disebut sebagai penyakit murmur jantung. Lalu, apakah anda sudah mengenalnya lebih jauh? Segera ketahui pengertian, jenis, gejala, penyebab serta cara mengobatinya bersama Carevo!  

 

Apa itu Penyakit Murmur Jantung?

Murmur jantung atau yang lebih dikenal awam sebagai “jantung bocor” merupakan suara desiran ekstra yang dihasilkan akibat turbulensi darah melewati suatu rongga sempit pada jantung, baik itu lewat ke rongga berikutnya atau balik ke rongga sebelumnya. Contohnya darah yang melewati katup jantung yang abnormal atau sekat jantung yang tidak menutup sempurna. Namun walaupun dapat dikatakan sebagai sebuah kelainan, murmur jantung ini juga dapat ditemukan pada beberapa kondisi fisiologis atau normal. Contohnya pada usia tua, jantung atlet, ibu hamil, dan lain sebagainya.

Baca juga: Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahan yang Bisa Anda Lakukan

 

Personal Health Record Carevo

 

Jenis-jenis Murmur Jantung?

Penyakit murmur jantung ini dibagi berdasarkan asal kelainan pada jantung yang menyebabkan kelainan ini. Pada kondisi normal jantung memiliki 4 katup jantung (katup aorta, katup mitral, katup trikuspid dan katup pulmonal) serta sekat antara ruang jantung (sekat antara bilik kanan dan kiri dan sekat antara serambi kiri dan kanan) yang berguna untuk mencegah darah berjalan ke arah yang salah didalam jantung. Lalu jenis-jenis murmur akan dibagi berdasarkan lokasi kelainan dimana terjadinya kebocoran. Walapun demikian, klinisi akan membagi jenis murmur jantung berdasarkan fase-fase jantung yakni: murmur sistolik, mumur diastolik atau murmur terus menerus/ continuous murmur

1. Murmur Sistolik 

Murmur ini merupakan suara murmur yang terdengar saat otot jantung sedang berkontraksi. Murmur sistolik ini lalu dibagi lagi menjadi murmur regurgitasi (darah balik ke arah rongga sebelumnya) dan murmur ejeksi (suara yang dihasilkan akibat turubulensi darah yang terjadi akibat melewati suatu katup yang sempit/ stenosis dan tidak membuka sempurna).  

2. Murmur Diastolik

Murmur ini merupakan suara murmur yang terdengar saat otot jantung sedang relaksasi. Murmur yang dapat digolongkan disini berupa aortic dan pulmonal regurgitation serta mitral dan tricuspid stenosis(penyempitan). 

3. Murmur terus menerus/ continuous murmur 

Murmur yang dapat terdengar pada sepanjang siklus jantung. Berbagai penyebab dapat menyebabkan murmur ini terdengar.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner

 

Apa Saja Gejala dan Tanda Murmur Jantung?

Banyak orang dengan murmur jantung tidak memiliki gejala apapun. Namun pada beberapa kondisi, beberapa tanda dan gejala dapat dirasakan.

 

Gejala Murmur Jantung

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan berupa:

  • Rasa mudah lelah saat beraktifitas
  • Rasa ngos-ngos an, sesak nafas, lemas
  • Nyeri dada, dada terasa tidak nyaman
  • Berdebar-debar
  • Rasa ingin pingsan
  • dan sebagainya 

 

Tanda Murmur Jantung

Lalu tanda apa saja yang dapat tampak jika anda mengidap penyakit ini? Beberapa tanda yang dapat ditemui berupa:

  • Nadi yang cepat
  • Kulit bewarna kebiruan
  • Terdengar suara desiran/murmur pada pemeriksaan fisik oleh dokter 

 

Gejala Murmur Jantung pada Bayi

Pada anak kecil atau bayi, gejala serta tanda yang dapat muncul berupa:

  • Anak akan memiliki pertumbuhan yang buruk
  • Lebih rewel
  • Sulit makan
  • Sesak nafas
  • Kebiruan
  • Gangguan kognitif
  • dan sebagainya

Baca juga: Waspadai Gejala-gejala Berikut yang Bisa Menjadi Tanda Jantung Anda Bermasalah

 

Apa Saja Penyebab Murmur Jantung?

Murmur jantung dapat diakibatkan oleh berbagai penyebab, antara lain: kelainan katup jantung, keadaan infeksi pada jantung, kelainan bawaan lahir, kondisi-kondisi khusus atau mungkin keadaan fisiologis/normal.

1. Kelainan katup

Pada kelainan katup, kelainan yang mungkin terjadi berupa katup jantung yang bocor atau katup jantung yang menyempit. Tentunya kondisi ini juga dapat dipengaruhi akibat beberapa penyakit seperti pembengkakan jantung, hipertensi, dan sebagainya.  

Pada keadaan normal, ketika berfungsi dengan baik, seharusnya katup jantung akan menutup secara rapat sesuai siklus jantung setelah darah bergerak maju ke rongga selanjutnya serta akan membuka dengan sempurna ketika darah akan lewat ke rongga berikutnya. Namun pada kebocoran katup, katup tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga darah akan kembali ke rongga sebelumnya. Sebaliknya, pada katup jantung yang menyempit, katup tidak terbuka dengan sempurna sehingga darah akan kesulitan lewat ke rongga selanjutnya. Kedua kondisi ini tentunya akan menyebabkan turbulensi sehingga murmur dapat terdengar. Kebocoran atau katup yang menyempit dapat disebut sesuai katup mana yang terlibat: aortic, mitral, tricuspid atau pulmonal.

2. Infeksi Pada Jantung

Beberapa kuman pada kasus-kasus infeksi dapat menyebabkan kerusakan pada katup jantung sehinga merubah morfologi katup-katup tersebut. Tentunya, hal ini menyebabkan katup jantung tidak dapat berfungsi lagi dengan baik sehingga suaara murmur dapat terdengar. Beberapa penyakit infeksi yang dapat ditemukan berupa infective endocarditis dan demam rematik.

3. Kelainan Bawaan Lahir

Murmur jenis ini seringkali ditemukan akibat beberapa kondisi yang gagal berubah saat kelahiran. Contohnya dinding penyekat jantung yang seharusnya menutup setelah kelahiran, ternyata gagal menutup, atau pembuluh darah yang tidak menutup setelah bayi lahir, dan lain sebagainya.

4. Kondisi-Kondisi yang Mungkin Dapat Menyebabkan Murmur

Beberapa kondisi khusus lainnya yang dapat menyebabkan murmur seperti anemia, tekanan darah tinggi, hipertiroid dan demam.

5. Kondisi fisiologis/normal 

Walaupun sudah disebutkan beberapa penyebab kelainan penyebab murmur jantung, namun beberapa murmur yang ditemukan juga dapat merupakan suatu keadaan fisiologis/normal yang dapat disebut sebagai innocent murmur. Hal ini tentunya tidak menyebabkan kelainan apapun sehingga anda tidak perlu khawatir sama sekali.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Sederhana, Jaga Pola Makan, Yuk!

 

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Murmur Jantung?

Kebanyakan dewasa dan anak-anak memiliki innocent murmur yang tidak membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Namun beberapa kondisi memerlukan tatalaksana lebih lanjut tergantung kondisi yang ditemukan. Pada umumnya, dokter akan memberikan obat-obatan pada kasus-kasus yang masih dapat diobati. Namun pada keadaan berat, tindakan penggantian katup atau penutupan celah pada sekat jantung dapat dilakukan. Sebaiknya anda melakukan konsultasi lebih lanjut agar mendapatkan tatalaksana yang cepat dan tepat.  
 

Waspadalah dan segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terdekat jika anda menemui tanda dan gejala serupa. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan Aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Referensi:

  1. Beckerman J. What Are Heart Murmurs? [Internet]. 2020. WebMD. Diakses dari: https://www.webmd.com/heart-disease/guide/heart-murmur-causes-treatments. Diakses pada tanggal: 15 Juli 2022.  

  1. Saragih RE. Murmur Jantung: Muncul Suara Berdesing dan Cara Mengatasinya [Internet]. 2022. Diakses dari: https://primayahospital.com/jantung/murmur-jantung/. Diakses pada tanggal: 17 Juli 2022.  

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics