Beranda > Artikel > Penyebab Telinga Sulit Mendengar? Mungkin Telinga Anda Tersumbat Serumen Prop!

Penyebab Telinga Sulit Mendengar? Mungkin Telinga Anda Tersumbat Serumen Prop!

penyebab telinga sulit mendengar

Kesulitan mendengar merupakan satu dari beberapa penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat awam. Tentunya banyak sekali faktor penyebab terjadinya gangguan pendengaran terhadap suara. 

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pendengaran adalah penumpukan kotoran telinga pada liang telinga yang disebut dalam bidang medis sebagai serumen prop. Gangguan pendengaran ini pada umumnya dikenal masyarakat dengan tuli. 

Tuli konduktif ini biasanya disebabkan karena sumbatan kotoran telinga, infeksi, hingga tumir di dalam telinga atau pada bagian koklea telinga. Kotoran telinga atau serumen merupakan hasil produksi dari kelenjar minyak telinga yang berperan penting dalam melindungi telinga dari benda asing atau kuman-kuman penyebab infeksi. 

Pada keadaan normal, kotoran telinga yang dihasilkan tidak perlu dibersihkan dari dalam telinga karena dapat keluar dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kondisi tertentu kotoran telinga dapat menumpuk yang menyebabkan tersumbatnya liang telingga sehingga seseorang mengalami gangguan pendengaran dan bahkan infeksi saraf telinga. 

Pada kondisi tersebut kotoran telinga wajib dibersihkan sehingga kemampuan pendengaran anda dapat kembali normal. Hal ini tentunya merupakan suatu hal yang penting dan wajib diketahui agar anda terhindari dari kotoran telinga yang menumpuk pada telinga anda sehingga anda mendapatkan pendengaran yang lebih baik dan tidak bindeng. Selain ini, faktor usia juga dapat mempengaruhi. 

Penyebab Serumen Prop

Beberapa hal yang dapat menyebabkan menumpuknya kotoran telinga adalah:

  • Kotoran telinga penderita yang kering dan keras
  • Produksi kotoran telinga oleh kelenjar minyak yang berlebih
  • Infeksi telinga  
  • Kebiasaan memasukan benda ke dalam telinga seperti cotton bud, ear plug untuk mendengarkan musik dengan volume tinggi 
  • Penggunaan ear-phone dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus
  • Penyempitan saluran telinga


Tanda dan Gejala

Ketika telinga tersumbat oleh serumen prop maka beberapa tanda dan gejala akan muncul:

  • Rasa tidak nyaman pada telinga
  • Penurunan fungsi pendengaran
  • Rasa gatal pada telinga
  • Telinga terasa penuh
  • Rasa pusing terus menerus
  • Rasa pusing berputar/ vertigo


Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika anda atau orang-orang terdekat anda memiliki tanda dan gejala serupa lebih baik anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter THT agar mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Pada umumnya, dokter THT akan memberikan obat tetes telinga yang berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga yang menumpuk pada liang telinga. Setelah diberikan beberapa hari, dokter THT akan melakukan ekstrasi kotoran telinga melalui beberapa metode medis:

  • Penyemprotan air hangat kedalam liang telinga
  • Menggunakan suction yang berguna untuk membersihkan dan menyedot kotoran telinga yang menyumbat keluar dari telinga
  • Menggunakan alat bantu seperti forsep untuk mengeluarkan kotoran telinga


Pencegahan

Meskipun serumen prop tergolong tidak berbahaya, namun alangkah baiknya anda melakukan pencegahan terlebih dahulu karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Anda disarankan agar menjauhi faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya serumen prop seperti memasukan benda ke dalam telinga, menggunakan ear-phone yang terlalu lama dan menetap serta menggunakan ear candle untuk membersihan telinga dan sebagainya.

Dengan mengatahui apa itu serumen prop, tanda dan gejala, apa yang perlu dilakukan serta pencegahannya diharapkan anda terhindar dari kesulitan pendengaran, hingga telinga yang berdengung, serta mendapatkan pendengaran yang baik. 

Carevo menyediakan layanan kesehatan Telehealth berbasis teknologi untuk membantu menunjang pelayanan kesehatan pasien dan solusi bagi fasilitas pelayanan rumah sakit. 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :