Beranda > Artikel > Atasi Baby Blues Syndrome Paska Melahirkan

Atasi Baby Blues Syndrome Paska Melahirkan

Definisi Baby Blues Syndrome

Baby Blues merupakan munculnya perasaan sedih yang dialami oleh seorang wanita beberapa hari paska melahirkan. Gejala ini umumnya berlangsung selama beberapa hari hingga 2 minggu. Ibu dengan baby blues mengalami perasaan sedih dan cemas, terkadang dapat disertai menangis. Penyebab munculnnya baby blues masih belum diketahui, namun diduga akibat adanya perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan dan setelah persalinan. Perubahan hormon menyebabkan terjadinya perubahan kimiawi di dalam otak yang menyebabkan munculnya depresi. Penyesuaian paska melahirkan juga diduga menjadi penyebab baby blues, disertai kurang istirahat, gangguan tidur, perubahan rutinitas, dan perubahan emosi akibat pengalaman melahirkan.

Memiliki gejala – gejala baby blues paska melahirkan tidak berarti bahwa seseorang tidak menyayangi bayinya, namun keadaan ini merupakan suatu kondisi kesehatan mental, dan pengobatan dapat membantu mengatasinya.

Apabila gejala baby blues terjadi terus menerus melebihi 2 minggu, maka Anda mengalami kondisi depresi paska melahirkan. Gejala depresi paska melahirkan mirip dengan baby blues, namun disertai dengan kurangnya energi, masalah ingatan, kesedihan, kecemasan, dan rasa bersalah. Gejala depresi paska melahirkan dapat berlangsung hingga satu tahun, dan perlu ditangan dengan psikoterapi, obat – obatan, dan kombinasi keduanya. Sedangkan fase lebih lanjut dinamakan psikosis paska melahirkan. Keadaan ini jarang terjadi, dapat berupa gejala halusinasi, disorientasi, paranoid, dan munculnya keinginan untuk melukai bayi yang baru dilahirkan.

Fakta Mengenai Baby Blues Syndrome

Faktanya, 70% – 80% wanita mengalami baby blues paska melahirkan. Wanita yang pernah mengalami gejala depresi sebelum kehamilan memiliki kemungkinan 2 kali lipat lebih besar untuk mengalami baby blues dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah mengalami depresi sebelum kehamilan.

Gejala Baby Blues Syndrome

Gejala baby blues umumnya terjadi setelah 4 – 5 hari paska melahirkan. Gejalanya dapat berupa:

  1. Menangis tanpa sebab khusus
  2. Rasa tidak sabar
  3. Mudah marah
  4. Kelelahan
  5. Nyeri kepala
  6. Kehilangan napsu makan
  7. Menarik diri dari keluarga
  8. Cemas
  9. Insomnia
  10. Rasa sedih
  11. Perubahan mood
  12. Sulit berkonsentrasi

 

Langkah Awal Mengatasi Baby Blues Syndrome

Menjaga dan memperhatikan ibu merupakan cara terbaik untuk mengurangi gejala baby bluesi Terdapat berbagai cara untuk mengatasi gejala terserbut.

  1. Komunikasikan perasaan Anda terhadap orang yang Anda percaya
  2. Konsumsi diet yang seimbang. Seringkali ibu paska melahirkan kurang memperhatikan gizi yang dimakan, misalnya memakan terlalu bayak karbohidrat. Mengonsumsi omega 3 dapat membantu mengatasinya. Karena DHA dan EPA merupakan asam lemak penting yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan.
  3. Catatlah pemikiran dan perasaan yang Anda rasa di dalam jurnal
  4. Bepergian keluar rumah untuk menikmati udara segar dan keluar sejenak dari rutiniras dapat membantu
  5. Istirahat yang cukup
  6. Minta bantuan orang – orang terdekat, misalnya keluarga
  7. Hindari minum alkohol karena dapat memperburuk kondisi mood Anda
  8. Bersabarlah karena keadaan tidak kembali normal hanya dalam waktu beberapa minggu. Berikan waktu sejenak untuk diri Anda pulih paska melahirkan.

Mengatasi baby blues tergantung dari tingkat keparahan yang dialami dan kebutuhan masing – masing individu. Gejala depresi paska melahirkan dapat diobati dengan obat – obatan serta berkonsultasi dengan psikiater.

Apabila Anda mengalami perasaan sedih, cemas lebih dari 2 minggu setelah melahirkan, Anda mungkin mengalami depresi paska melahirkan. Carilah pertolongan dari tenaga kesehatan profesional apabila gejala memburuk.

Referensi

  • Baby Blues. (n.d.). Retrieved from The Women’s Australia: https://www.thewomens.org.au/health-information/pregnancy-and-birth/mental-health-pregnancy/baby-blues
  • Postpartum depression. (2018, September 1). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/postpartum-depression/diagnosis-treatment/drc-20376623
  • Felman, A. (2020, September 29). What to know about postpartum depression . Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/237109
  • Baby Blues or Something More? What You Should Know About Postpartum Depression . (2014, September 2). Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health-news/mental-what-women-should-know-about-postpartum-depression-111913
  • Bradley, S. (2020, May 7). What Are the Baby Blues and How Long Do They Last? Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health/baby-blues
  • Baby Blues After Pregnancy. (n.d.). Retrieved from March of Dimes: https://www.marchofdimes.org/pregnancy/baby-blues-after-pregnancy.aspx

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :