Beranda > Artikel > Bagaimana Menyatakan EKG Normal? Temukan Jawabannya Disini

Bagaimana Menyatakan EKG Normal? Temukan Jawabannya Disini

Bagaimana Menyatakan EKG Normal

Sinyal listrik di jantung Anda direkam oleh alat yang dinamakan elektrokardiogram. Alat ini adalah tes sederhana dan tanpa rasa sakit untuk mendeteksi masalah jantung dan melacak kesehatan jantung Anda. Elektrokardiogram (EKG) biasanya dilakukan di ruang praktik dokter, klinik, atau rumah sakit. Di ruang operasi dan ambulans, mesin EKG juga biasanya tersedia. Pemantauan EKG kini juga tersedia di beberapa gadget pribadi, seperti jam tangan pintar. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah ini pilihan yang tepat untuk Anda.

 

Indikasi

Dalam kedokteran klinis, EKG telah terbukti menjadi salah satu alat diagnostik yang paling membantu. Hal ini biasa digunakan dalam penilaian pasien dengan kelainan elektrolit, toksisitas obat, dan defibrillator implan dan alat pacu jantung untuk mendeteksi cedera otot jantung, iskemia, dan adanya infark/serangan jantung sebelumnya. EKG sangat efektif dalam mengidentifikasi kelainan irama jantung dan evaluasi penyebab pingsan yang mencurigakan. EKG juga digunakan untuk menilai penyakit metabolik dan efek samping pengobatan, serta pemeriksaan proses kelainan jantung primer dan sekunder.

 

Kontraindikasi

Selain adanya penolakan dari pasien, tidak ada kontraindikasi absolut untuk melakukan EKG. Beberapa pasien mungkin alergi terhadap perekat yang digunakan untuk menempelkan kabel, atau memiliki kepekaan terhadapnya; dalam keadaan ini, mengganti perekat yang hipoalergenik dapat menjadi pilihan utama.

 

Pemeriksaan

EKG tipikal tidak memerlukan persiapan ekstra. Anda hanya perlu memberitahu setiap obat atau suplemen yang Anda konsumsi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya beberapa obat yang dapat berdampak yang signifikan pada hasil ujian Anda. Mungkin saja Anda akan diminta untuk berganti pakaian rumah sakit dan melepaskan seluruh aksesoris berunsur logam dari tubuh Anda. Teknisi mungkin mencukur rambut di bagian tubuh Anda di mana elektroda akan ditempatkan sehingga dapat menempel dengan baik. Anda akan diminta untuk berbaring di meja periksa atau tempat tidur setelah Anda siap.

Sekitar 12 sensor (elektroda) akan dihubungkan ke dada dan anggota badan Anda selama pemeriksaan EKG. Elektroda adalah tambalan perekat yang terhubung ke monitor melalui kabel. Mereka melacak impuls listrik yang menyebabkan jantung Anda berdetak. Data disimpan dalam komputer dan ditampilkan sebagai gelombang pada monitor atau di atas kertas.

Selama pemeriksaan, Anda dapat bernapas dengan normal, tetapi Anda harus tetap diam dan tidak boleh bergerak sepenuhnya. Pastikan Anda hangat dan nyaman sebelum berbaring. Bergerak, berbicara, atau menggigil dapat menyebabkan hasil tes menjadi miring. EKG membutuhkan waktu beberapa menit untuk diselesaikan. Setelah EKG Anda, Anda dapat melanjutkan aktivitas normal Anda.

 

Hasil

Dokter Anda mungkin membagikan hasil EKG Anda pada hari yang sama atau pada janji temu Anda berikutnya. Dokter Anda akan memeriksa data dari peralatan EKG untuk melihat apakah ada masalah dengan jantung Anda, seperti:

1. Detak jantung Anda.

Biasanya, denyut nadi Anda dapat digunakan untuk menentukan detak jantung Anda. Jika denyut nadi Anda sulit untuk dirasakan, atau jika terlalu cepat atau tidak teratur untuk dihitung dengan tepat, EKG mungkin berguna. EKG dapat membantu dokter Anda mendeteksi detak jantung yang tinggi (takikardia) atau detak jantung yang lamban (bradikardia).

2. Irama jantung.

EKG mungkin mengungkapkan irama jantung yang tidak teratur (aritmia). Ketika salah satu elemen dari sistem kelistrikan jantung gagal, banyak penyakit dapat berkembang. Aritmia juga dapat dipicu oleh obat-obatan seperti beta blocker, kokain, amfetamin, dan obat flu dan alergi yang dijual bebas.

3. Serangan jantung.

EKG dapat mengungkapkan tanda-tanda serangan jantung sebelumnya atau yang sekarang. Pola pada EKG Anda dapat mengungkapkan bagian mana dari jantung Anda yang terluka dan seberapa parahnya.

4. Suplai darah dan oksigen ke jantung yang tidak mencukupi.

EKG yang diambil saat Anda mengalami gejala dapat membantu dokter menentukan apakah nyeri dada Anda disebabkan oleh penurunan suplai darah ke otot jantung, seperti dalam kasus nyeri dada angina tidak stabil.

5. Anomali pada struktur jantung.

EKG dapat mengungkapkan informasi mengenai pembesaran bilik atau dinding jantung, kelainan jantung, dan gangguan jantung lainnya.

Jika EKG Anda menunjukkan penyimpangan, dokter Anda mungkin meresepkan tes tambahan untuk menentukan apakah pengobatan diperlukan.

Baca juga: Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahan yang Bisa Anda Lakukan


Selalu jaga kesehatan Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo. Download Carevo sekarang.

 

Referensi

  1. Bayes de Luna A. Basic Electrocardiography: Normal and Abnormal ECG Patterns. Malden, MA: Wiley-Blackwell; 2007.
  2. Goldberger AL. Clinical Electrocardiography: A Simplified Approach. 7th ed. Philadelphia, PA: Mosby-Elsevier; 2006.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics