Bahan dan Cara Membuat Desinfektan Sendiri

cara membuat disinfektan

Saat era pandemi Covid-19 seperti sekarang, menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan disinfektan yang bisa diaplikasikan pada pakaian dan benda-benda di rumah.

Nah, karena disinfektan yang dibutuhkan ada banyak dan mahal, kenapa tidak membuat sendiri saja? Saat ini banyak sekali tutorial DIY atau do it yourself terkait dengan pembuatan disinfektan. Kalau Anda penasaran dengan cara membuat disinfektan, simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan Disinfektan

Bahan yang digunakan untuk membuat cairan disinfektan sebenarnya sederhana dan mudah didapatkan di luar sana. Berikut beberapa produk yang dibutuhkan:

  • Cairan pemutih pakaian. (Usahakan yang memiliki kandungan sodium hipoklorit 5%)
  • Cairan pembersih lantai jenis apa pun.
  • Karbol atau pine oil.

Bahan yang disebutkan di atas tidak langsung dicampur semua. Ada beberapa jenis cairan disinfektan yang bisa dibuat dengan bahan-bahan sesuai dengan standar WHO.

Langkah Membuat Disinfektan

Langkah dalam cara membuat disinfektan akan terbagi menjadi tiga dengan bahan yang berbeda-beda. Secara umum fungsinya sama. Jadi, bisa Anda sesuaikan sendiri mana yang mudah dibuat.

Disinfektan Cairan Pemutih

Siapkan cairan pemutih pakaian yang memiliki kandungan sodium hipoklorit 5%. Cek cairan pemutih pakaian yang akan digunakan, ya. Jika kandungannya hanya 2,5% saja, kadar yang dipakai nanti dua kali lipat dibandingkan dengan campurannya. Jangan lupa gunakan sarung tangan.

Skala yang digunakan untuk campuran cairan pemutih pakaian dengan air adalah perbandingan 1:100. Anda bisa menggunakan satu sendok makan cairan pemutih dengan 1 liter air. Kalau cairannya dengan sodium hipoklorit hanya 2,5%, naikkan dosisnya jadi 2 sendok makan atau volume air dikurangi jadi separuh. Campurkan dan jadilah larutan disinfektan yang bisa Anda gunakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Masukan ke dalam botol semprot.

Campuran ini bisa membunuh berbagai jenis patogen termasuk virus corona. Menyemprotkan cairan disinfektan bisa dilakukan dengan hati-hati, namun Anda tidak perlu takut karena penggunaan cairan pemutih sebagai diinfektan tidak akan merusak kulit. Semprotkan pada berbagai permukaan benda di rumah seperti gagang pintu hingga lantai rumah.

Disinfektan Cairan Pembersih Lantai

Cairan pembersih lantai atau cairan karbol bisa digunakan juga untuk membunuh virus dan bakteri di sekitar rumah. Untuk melakukannya, Anda cukup mengambil satu takaran tutup lalu dicampur dengan 5 liter air. Produk pembersih rumah tangga ini cukup berguna sebagai disinfektan.

Setelah jadi, bisa Anda masukkan ke dalam wadah untuk disemprotkan di area lantai atau bagian rumah yang memungkinkan disentuh oleh banyak orang. Bisa juga sebagai disinfektan virus corona.

Disinfektan dengan Pine Oil

Kalau di rumah ada pine oil yang sering digunakan untuk diffuser, Anda bisa menggunakannya untuk disinfektan. Campur beberapa tetes ke air sebanyak 1 liter. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah semprot untuk diaplikasikan ke seluruh rumah kecuali alat makan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Buat Disinfektan

Membuat sendiri memang lebih hemat, tapi perhatikan beberapa hal di bawah ini agar lebih aman:

  • Usahakan jangan mengubah takaran dengan semaunya, misal dibuat lebih pekat. Kalau hal itu dilakukan bisa saja merusak kulit. Atau kalau terlalu encer bisa tidak bermanfaat.
  • Jangan pakai produk kedaluwarsa.
  • Buat seperlunya saja, agar kandungan zat aktifnya tetap bekerja dengan baik.
  • Jangan mengaplikasikan pada tubuh meski beberapa disinfektan tidak menyebabkan alergi di tangan.
  • Saat membuat disinfektan, gunakan sarung tangan dan masker agar aman dan tidak terkena cipratan bahan yang pekat.
  • Gunakan alat ukur agar campuran bahan bisa akurat dan sesuai dengan rekomendasi WHO.

Nah itu dia cara membuat disinfektan sendiri yang ternyata tidak begitu sulit dilakukan. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dan memproduksi dalam jumlah banyak. Gunakan disinfektan dengan baik agar lingkungan rumah selalu bersih dan terhindar dari virus serta patogen lain yang membawa penyakit.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :