Beranda > Artikel > Jenis – Jenis Diet: Balanced Diet

Jenis – Jenis Diet: Balanced Diet

balanced diet

Apa itu Balanced Diet?

Balanced Diet atau diet seimbang merupakan pola diet dengan konsumsi 5 jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang. Diet seimbang dapat menjaga keshatan seseorang serta mengurangi risiko berbagai penyakit. Untuk menjaga kesehatan, seseorang perlu mengonsumsi sejumlah nutrisi dan kalori. Diet seimbang akan memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun tidak makan melebihi jumlah kalori yang telah direkomendasikan.

Menurut rekomendasi The United States Departement of Agriculture (USDA), proporsi makanan menggunakan piramida makanan. Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini rekomendasi makanan berdasarkan piring yang seimbang. Untuk memenuhi diet seimbang, seseorang harus makan buah – buahan dan sayur – syauran sebanyak ½ piring. Sedangkan, ½ sisanya dipenuhi oleh gandum dan protein. USDA juga merekomendasikan untuk makan produk dairy rendah lemak ataupun nutrisi lainnya di dalam produk dairy untuk menyertai tiap porsi makan.

 

Komposisi Makanan dalam Balanced Diet

Terdapat 5 kelompok makanan untuk memenuhi diet seimbang, yaitu:

1. Sayuran: sayuran berdaun hijau (brokoli, bayam, selada), sayuran berwarna merah dan oranye (wortel, paprika, tomat, ubi), beans dan peas (kidney beans, black beans, chickpeas, lentils), sayuran berbahan pati (kentang, jagung, green peas), dan sayur – sayuran lainnya (jamur, iceberg lettuce)

2. Buah – buahan: segala jenis buah buahan dan sari buah – buahan, misalnya pada apel, jeruk, peach, pir, anggur, semangka, melon, stroberi, nanas, mangga, kismis, ceri, dan sari buah murni

3. Gandum: whole grains (roti, beras coklat, popcorn, oatmeal), dan refined grains (pretzels, English muffins, corn tortilla, regular pasta)

4. Makanan berprotein: seafood (salmon, tuna, trout, sardine, herring, mackerel, udang, kepiting, oyster), daging, ayam, dan telur, kacang – kacangan, biji – bijian, kedelai

5. Produk dairy: susu dan yogurt, serta keju

Jumlah kalori yang Anda dapatkan dari makanan akan digunakan sebagai energi oleh tubuh. Tubuh membutuhkan kalori untuk berjalan, berpikir, bernapas, dan fungsi – fungsi tubuh lainnya. Rata – rata kebutuhan kalori seseorang ialah 2000 kalori per hari untuk tetap mempertahankan ebrat badan. Namun jumlah pasti kalori yang dibutuhkan setiap orang per harinya tergantung dari usia, jenis kelamin, serta tingkat aktivitas fisik.

Pria pada umumnya membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan wanita, dan seseorang yang memiliki aktivitas fisik tinggi juga memerlukan kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak memiliki aktivitas fisik tinggi.

Terdapat beberapa makanan yang dikenal dengan “empty calories”, yaitu makanan yang memiliki kalori besar namun nutrisi yang kecil. Makanan – makanan tersebut sebaiknya dihindari, yaitu:

1. Kue, cookies, donat

2. Daging yang sudah diolah

3. Minuman soda dan minuman bernergi

4. Minuman buah – buahan yang ditambahkan gula

5. Es krim

6. Chips, dan makanan yang di goreng

7. Pizza

Makanan – makanan ini tidak selalu berupa empty calories. Anda dapat memodifikasinya bila Anda membuatnya sendiri. Misalnya membuat pizza dengan bahan dasar wholemeal, dan diberi sayur – sayuran segar diatasnya.

 

Manfaat Balanced Diet

1. Diet seimbang meningkatkan energi, meningkatkan fungsi tubuh, serta menguatkan sistem imun dan mencegah kenaikan berat badan

2. Diet seimbang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Makanan yang bervariasi dapat menyediakan segala nutrien yang dibutuhkan, serta mencegah defisiensi vitamin dan nutrisi tertentu

3. Mencegah serta menangani beberapa jenis pennyakit. Makanan yang sehat serta seimbang dapat mencegah perkembangan penyakit seperti diabetes, aknker, serta penyakit jantung.

4. Tubuh menjadi lebih bertenaga serta Anda juga dapat mengontrol berat badan Anda

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Bibliography

Krans, B. (2020, June 29). Balanced Diet. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health/balanced-diet

Eat Well. (2019, March 27). Retrieved from National Health Service: https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/

Fletcher, J. (2019, January 4). A guide to eating a balanced diet . Retrieved from Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324093

Chang, S. (2021, August 3). Back to Basics: All About MyPlate Food Groups. Retrieved from US Department of Agriculture: https://www.usda.gov/media/blog/2017/09/26/back-basics-all-about-myplate-food-groups

Health, N. (2019, September 3). HOW TO MAINTAIN A BALANCED DIET. Retrieved from Narayana Health: https://www.narayanahealth.org/blog/how-to-maintain-a-balanced-diet/

Australian Guide to Healthy Eating. (2017, May 1). Retrieved from Eat for Health: https://www.eatforhealth.gov.au/guidelines/australian-guide-healthy-eating

 

Baca juga: Jenis – Jenis Diet: Atkins Diet

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :