Beranda > Artikel > Bau Mulut Dapat Disebabkan Penyakit Lain, Apa Sajakah?

Bau Mulut Dapat Disebabkan Penyakit Lain, Apa Sajakah?

Bau Mulut

Bau mulut memang suatu kondisi yang tidak menyenangkan. Hal ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri serta mengurangi nilai tampilan Anda. Terkadang, hal ini disebabkan oleh makanan yang baru saja dimakan, seperti durian dan daging kambing. Dua jenis makanan ini memang memiliki aroma yang kuat sehingga bisa menyebabkan bau tak sedap. Namun, sebenarnya bau tak sedap tersebut bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti gangguan saluran pencernaan dan diabetes. Adakah penyakit lain yang mungkin menjadi penyebabnya?

Diabetes

Penderita diabetes mungkin saja akan sering mengalami kondisi ini. Bau mulut yang dihasilkan oleh penderita diabetes cenderung beraroma buah. Hal ini disebabkan jumlah insulin dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengambil gula dari darah. Gula yang diambil dari darah ini sebenarnya menjadi sumber energi, namun karena insulin berkurang, maka gula tetap berada di dalam darah dalam jumlah yang banyak.

Sebagai gantinya, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Lemak memang bisa menjadi sumber energi di samping gula. Namun, tetap akan lebih baik jika gula yang menjadi sumber energi. Karena lemak yang dibakar tubuh untuk sumber energi, maka hasil pembakaran dan pencernaan ini menghasilkan asam keton. Asam keton inilah yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

Masalah pencernaan

Asam lambung yang tinggi adalah masalah pencernaan yang sering terjadi. Hal ini disebabkan pola makan tidak teratur dan tekanan pekerjaan yang tinggi. Orang yang menderita asam lambung biasanya sering sendawa untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam perut.

Sendawa yang terjadi pada penderita masalah pencernaan juga terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. Asam yang naik ke kerongkongan ini kemudian menjadi bau asam yang tercium dari mulut. Jika Anda sering sendawa dan mengalami masalah bau mulut, bisa jadi karena ada masalah pencernaan.

Sinusitis

Mirip dengan penderita masalah pencernaan, penderita sinusitis juga mengeluarkan bau dari mulut yang kurang sedap. Bau yang keluar dari mulut penderita sinusitis disebabkan oleh lendir yang mengandung bakteri dari hidung. Lendir yang mengandung bakteri ini kemudian akan turun ke tenggorokan dari hidung dan menyebabkan bau tersebut.

Kalau Anda curiga menderita sinusitis, ada juga gejala lainnya seperti pilek terus-menerus, demam, sakit kepala, dan lendir yang berwarna kuning kehijauan.

Gigi berlubang

Gigi berlubang menyebabkan sisa-sisa makanan yang sudah dikunyah masuk ke dalam lubang di gigi dan mengendap sehingga menimbulkan bau. Sisa makanan yang terperangkap di lubang gigi dalam waktu yang lama menjadi busuk serta kondisi gusi dan mulut yang bisa saja mendukung terjadinya mulut bau.

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal juga menjadi penyebab bau amis atau bau urin pada mulut. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka zat sisa metabolisme dan racun tidak dapat terbuang bersama dengan urin. Zat sisa pencernaan dan racun ini akan menumpuk dalam tubuh dan akan menyebar ke seluruh tubuh. Dengan begitu, urin dan zat sisa pencernaan ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap karena aromanya tercium dari bagian tubuh tersebut. 

Bau mulut bukanlah suatu kondisi yang bisa disepelekan, terlebih jika terjadi dalam waktu lama. Bisa jadi ada kondisi kesehatan serius yang menjadi penyebabnya.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :