Beranda > Artikel > Berbagai Macam Obat Radang Tenggorokan Anak

Berbagai Macam Obat Radang Tenggorokan Anak

obat radang tenggorokan anak

Obat radang tenggorokan anak ada banyak sekali macamnya. Dari bentuknya sendiri, ada yang berbentuk cair (sirup), tablet, kapsul, hingga spray (semprot). Ada juga obat antibiotik dan obat analgesik. Tentu tidak semua jenis obat ini cocok diberikan kepada anak saat sakit radang tenggorokan. Lalu, mana sebenarnya obat radang tenggorokan yang tepat untuk anak? Simak penjelasannya berikut ini.

Radang tenggorokan pada anak

Radang tenggorokan adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Penyakit ini menyerang tenggorokan, salah satu bagian dari saluran pernafasan dan pencernaan manusia. Biasanya, radang tenggorokan disebabkan oleh serangan virus. Namun dalam beberapa kasus, ada juga yang disebabkan infeksi bakteri.

Penyakit radang tenggorokan memang dapat sembuh sendiri tanpa harus diberi obat. Pada anak-anak, radang tenggorokan yang disebabkan virus bisa sembuh kurang lebih satu minggu. Namun, gejalanya dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Gejala tersebut biasanya berupa sakit saat menelan, pusing, hingga demam.

Beda sebab, beda penanganan

Meski bisa sembuh sendiri, radang tenggorokan jelas akan mengganggu aktivitas anak. Untuk itu, sebaiknya Anda segera memberikan penanganan. Perlu Anda ketahui, penyebab radang tenggorokan tidak selalu sama. Beda sebab, beda pula penanganannya. Berikut penjelasannya.

Serangan virus

Virus adalah penyebab radang tenggorokan yang paling umum. Biasanya, radang tenggorokan disebabkan oleh serangan virus flu. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat sembuh sendiri.

Infeksi bakteri

Selain virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Munculnya bakteri penyebab radang ini bisa berasal dari mulut, amandel, hingga penyakit sinusitis. Berbeda dengan radang yang disebabkan oleh virus, radang yang disebabkan oleh bakteri tidak bisa sembuh sendiri. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik sebagai pengobatan. 

Berbagai macam obat radang tenggorokan anak

Setelah mengetahui penyebab penyakit, sekarang mari kita bahas bersama-sama tentang obat radang tenggorokan anak. Seperti yang telah Anda ketahui, obat radang anak ada banyak sekali jenisnya. Dilihat dari bentuknya saja sangat variatif. Begitu pula jika dilihat dari fungsinya. Ada obat khusus untuk mengatasi virus, ada juga yang khusus untuk menyembuhkan infeksi bakteri pada tenggorokan. Berikut uraiannya:  

Obat analgesik

Jenis ini merupakan obat yang paling sering diresepkan pada pasien radang tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh virus. Analgesik berfungsi untuk meredakan rasa sakit yang timbul karena peradangan pada tenggorokan. Obat analgesik yang sering diresepkan adalah jenis ibuprofen dan parasetamol,

Baik ibuprofen maupun parasetamol dapat dijumpai dalam bentuk tablet maupun sirup. Bagi anak yang masih sulit menelan tablet, obat sirup bisa dipilih. Perhatikan dosis serta aturan minum sebelum memberikannya pada si kecil.

Baca Juga : Bahaya Meminum Obat Tidak Sesuai Dosis

Obat antibiotik

Selanjutnya ada obat antibiotik. Jika jenis analgesik diberikan pada radang tenggorokan yang disebabkan virus, maka antibiotik khusus diberikan pada radang yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis antibiotik yang umum digunakan adalah amoxilin serta penisilin.

Meski keduanya umum diresepkan pada pasien radang tenggorokan, bukan berarti Anda bisa menggunakannya dengan bebas. Ini karena penggunaan antibiotik harus diawasi oleh dokter. Jangan membeli obat sembarangan karena bisa berdampak buruk pada anak. Selalu ikuti petunjuk atau resep dari dokter.

Obat tetes hidung

Ada kalanya radang tenggorokan pada anak juga disertai dengan hidung tersumbat. Kondisi tersebut jelas akan membuat anak semakin tidak nyaman. Untuk itu, sebagai pengobatan Anda bisa memberikan obat tetes hidung.

Obat tetes hidung yang beredar di pasaran umumnya mengandung oxymetazoline yang merupakan dekongestan. Cara kerjanya adalah menghilangkan rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat dengan menyusutkan pembuluh darah di sekitar hidung. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter jika ingin memberikan obat jenis ini pada si kecil.

Penanganan tambahan

Selain memberikan obat radang tenggorokan anak, Anda juga bisa melakukan beberapa tindakan penanganan tambahan seperti berikut:

  1. Memberi minuman hangat seperti air hangat dengan madu serta makanan yang mudah dicerna, seperti sup atau bubur.
  2. Minta anak berkumur dengan obat kumur antiseptik. Jika tidak memiliki obat kumur antiseptik, larutan garam bisa menjadi alternatif. 
  3. Selalu sediakan air minum agar anak tidak dehidrasi.
  4. Jauhkan anak dari asap, terutama asap rokok. Ini karena asap dapat memperparah radang pada tenggorokan.


Obat radang tenggorokan anak memang sangat beragam jenisnya. Namun, bukan berarti Anda bisa asal memilih obat untuk anak. Gunakanlah layanan teleheath untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis secara online melalui layanan Carevo untuk mengetahui mana jenis obat yang tepat untuk si kecil. Semoga lekas sembuh!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :