Beranda > Artikel > Berbagai Vitamin untuk Imun Tubuh yang Sangat Baik

Berbagai Vitamin untuk Imun Tubuh yang Sangat Baik

Vitamin merupakan kandungan esensial dalam konsumsi makanan manusia dan telah diketahui efeknya dalam mengatur dan meperkuat fungsi sistem imun. Namun, banyak dari kita yang tidak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah yang adekuat. Padahal makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan dan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kita juga tidak dapat mengkonsumsi satu buah sekali dan berharap imun langsung menjadi kuat. Dibutuhkan proses dan diet yang seimbang setiap hari agar imun dapat terjaga selalu. Sebenarnya lebih baik jika kandungan nutrisi dan mineral didapatkan dari makanan daripada mengkonsumsi suplemen. Namun, jika memang tidak memungkinkan maka konsumsi suplemen dapat menjadi alternatif.

Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh dan berperan penting menjaga imun tubuh kita

  1. Vitamin C

Merupakan vitamin menambah imun tubuh terbaik. Kurangnya konsumsi vitamin C akan membuat tubuh menjadi lebih lemas dan cenderung lebih mudah sakit. Diperlukan asupan vitamin C setiap hari karena tubuh tidak dapat membentuknya atau menyimpannya. Namun tidak perlu khawatir, karena banyak makanan yang mengandung vitamin ini seperti jeruk, anggur, stroberi, bayam, brokoli dan masih banyak lainnya.

  1. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin dengan kandungan antioksidan yang tinngi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu imun tubuh dalam melawan radikal bebas yang terjadi dalam sel sehingga sel tidak mudah menjadi rusak. Vitamin E terdapat dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran seperti bayam

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan berbagai reaksi kimia dalam tubuh serta pembentukan senyawa yang berperan dalam proses imunitas. Makanan yang kaya akan vitamin B6 antara lain ayam dan ikan seperti salmon dan tuna. Selain itu, vitamin ini juga ditemukan dalam sayur-sayuran berwarna hijau

  1. Vitamin A

Vitamin A membantu sel imun dalam melindungi tubuh kita dari patogen yang masuk dengan cara mengaktifkan sistem imun secara spesifik. Bentuk vitamin A terdapat 2 macam yaitu retinol atau beta caroten. Keduanya dapat ditemukan dalam makanan seperti wortel, kentang, labu, sayuran berdaun hijau, tuna, daging dan juga produk olahan susu.

  1. Vitamin D

Dikenal dengan nama vitamin matahari, fungsi primer dari vitamin D adalah menjaga kadar kalsium dan fosfor tubuh dalam jumlah optimal. Walaupun terdapat dalam makanan, satu-satunya vitamin yang direkomendasi untuk diberikan suplementasi tambahan selain dari makanan adalah vitamin D. Hal ini dikarenakan jumlah vitamin D dalam makanan tidak mencukupi kebutuhan dalam tubuh. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain salmon, tuna, susu, jus jeruk dan sereal. Jika ingin mengkonsumsi suplemen vitamin D harian, sebaikanya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosisnya

  1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu suplementasi tambahan yang dapat bermanfaat bagi imunitas tubuh terutama diperlukan bagi ibu hamil untuk perkembangan optimal janin. Makanan yang mengandung asam folat seperti buah alpukat dan sayuran berdaun hijau.

  1. Zat besi

Zat besi merupakan senyawa yang dapat membantu sel darah merah membawa oksigen dan menyebarkannya kesirkulasi tubuh. Oksigen sangat penting agar sel dapat berfungsi dengan baik termasuk sel imun. Makanan yang kaya kandungan zat besi antara lain daging merah, ayam, kalkun, kerang dan ikan tuna. Jika anda seorang vegetarian, maka dapat coba mengkonsumsi kacang-kacangan, brokoli dan kangkung

  1. Selenium

Selenium dapat mencegah infeksi dengan mengoptimalkan kerja sistem imun. Kandungan selenium yang tinggi didapatkan dari protein heani seperti makanan laut, hati dan daging serta keju

  1. Zinc

Zinc diperlukan untuk membentuk sel imun yang baru. Perannya dalam pembentukan enzim dan reaksi kimia yang penting dalam proses imunitas. Makanan yang mengandung zinc antara lain kerang, kepiting, yoghurt dan kacang-kacangan.

 

Referensi

  1. 8 Vitamins for an Immune System Boost [Internet]. Cleveland Clinic. 2020. Available from: https://health.clevelandclinic.org/eat-these-foods-to-boost-your-immune-system/
  2. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity [Internet]. Cleveland Clinic. 2020. Available from: https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/
  3. Mora JR, Iwata M, von Andrian UH. Vitamin effects on the immune system: vitamins A and D take centre stage. Nat Rev Immunol. 2008 Sep;8(9):685–98.
  4. Gombart AF, Pierre A, Maggini S. A Review of Micronutrients and the Immune System–Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection. Nutrients. 2020 Jan;12(1):236.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :