Beranda > Artikel > Bipolar Disorder

Bipolar Disorder

penjelasan mengenai bipolar disorder adalah

Apa itu Bipolar Disorder?

Gangguan bipolar, yang disebut juga dengan nama gangguan manik-depresi, merupakan suatu gangguan mental yang menyebabkan perubahan mood, energi, tingkat aktivitas, konsentrasi, dan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan sehari – hari secara tidak wajar.

Terdapat tiga jenis gangguan bipolar, dimananya ketiganya menyebabkan perubahan mood, energi, dan tingkat aktivitas. Mood terkadang sangat tinggi, mudah marah, sangat berenergi, dinamakan episode manik, dan mood dapat menjadi sangat turun, sedih, dan menjadi tidak bersemangat, yang dinamakan episode depresi. Sedangkan bila terjadi periode manik yang tidak terlalu ekstrim, dinamakan episode hipomanik.

Gangguan bipolar I merupakan episode manik yang berlangsung minimal 7 hari, atau gejala manik yang sangat berat sehingga seseorang memerlukan perawatan di rumah sakit segera. Biasanya, episode depresi juga terjadi, selama minimal 2 minggu.

Gangguan bipolar II merupakan episode depresi dan episode hipomanik.

Cyclothymic Disorder, atau disebut cyclothymia, merupakan gejala hipomanik disertai gejala depresi yang berlangsung selama 2 tahun. Namun gejala tidak memenuhi kriteria diagnostik sebagai episode hipomanik maupun episode depresi.

 

Apa Saja Ciri – Ciri Bipolar Disorder?

Terkadang seseorang akan mengalami gejala gangguan bipolar yang tidak memenuhi 3 kategori di atas, sehingga dianggap sebagai other specified and unspecified bipolar and related disorders. Gangguan bipolar biasanya terdiagnosis saat akhir usia remaja. Namun terkadang gejala bipolar sudah mulai terlihat sejak kanak – kanak. Penanganan gangguan bipolar juga memerlukan pengobatan dalam jangka waktu panjang.

Orang dengan gangguan bipolar akan mengalami periode emosi intens yang tidak biasa, perubahan pola tidur dan aktivitas, dan kepribadian yang tidak khas. Periode ini dianamakan episode mood. Ketika terjadi periode mood, maka sikap dan mood orang tersebut akan sengat berbeda dengan biasanya. Selama episode tersebut, gejala dapat berlangsung setiap hari, dan berlangsung dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Orang dengan episode manik Orang dengan episode depresi
Merasa sangat “up”, “high”, “elated”, mudah marah Merasa sangat sedih, “down”, kosong, khawatir, dan patah semangat
Merasa ingin melompat Merasa lambat dan lelah
Tidak ingin tidur Kesulitan untuk terlelap, bangun terlalu pagi, atau tidur terlalu lama
Kehilangan napsu makan Peningkatan napsu makan dan berat badan
Berbicara sangat cepat tentang banyak hal yang berbeda – beda Berbicara sangat lambat, serasa tidak ada yang ingin dikatakan, banyak lupa
Merasa pikiran berlomba – lomba Kesulitan untuk berkonsentrasi dan membuat keputusan
Merasa dapat melakukan banyak hal sekaligus Merasa tidak dapat melakukan apapun termasuk hal yang sederhana
Melakukan hal yang berbahaya dan berisiko yang tidak dipikirkan, misalnnya makan dan minum terlalu banyak, menghabiskan banyak uang, atau berhubungan seksual tanpa dipikirkan Tidak tertarik untuk melakukan aktivitas, penurunan keinginan seksual, atau tidak dapat merasa bahagia (anhedonia)
Merasa menjadi orang yang sangat penting, berbakat, dan berkuasa Merasa patah harapan dan tidak berharga, berpikiran untuk bunuh diri dan ingin mati

 

Bagaimana Cara Mengetahui Bipolar Disorder?

Penegakkan diagnosis dan penanganan yang tepat dapat membantu orang dnegan gangguan bipolar untuk menjalankan kehidupan yang sehat dan aktif. Berkonsultasi dengan dokter spesilis psikiatri merupakan langkah awal.

Dokter akan menanyakan riwayat gejala, melakukan pemeriksaan fisik, serta menganjurkan beberapa pemeriksaan laboratorium untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit. Bila Anda mengalami gejala – gejala di atas yaitu berupa perubahan mood yang ekstrim, aktivitas, serta energi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada psikiater.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam tentang Mental Illness dan Macam-macamnya

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record

 

Bibliography

Bipolar Disorder. (2021, February 16). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bipolar-disorder/symptoms-causes/syc-20355955#:~:text=Bipolar%20disorder%2C%20formerly%20called%20manic,or%20pleasure%20in%20most%20activities.

Bipolar Disorder. (n.d.). Retrieved from National Institute of Mental Health: https://www.nimh.nih.gov/health/topics/bipolar-disorder

Bipolar Disorder. (2017, August). Retrieved from National Allliance on Mental Illness: https://www.nami.org/About-Mental-Illness/Mental-Health-Conditions/Bipolar-Disorder

Bipolar Disorder. (2021, October 7). Retrieved from Web MD: https://www.webmd.com/bipolar-disorder/mental-health-bipolar-disorder

Symptoms – Bipolar disorder. (2019, March 14). Retrieved from National Health Service: https://www.nhs.uk/mental-health/conditions/bipolar-disorder/symptoms/#:~:text=Bipolar%20disorder%20is%20characterised%20by,for%20several%20weeks%20or%20months.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics