Beranda > Artikel > Inilah 5 Khasiat Buah Menteng untuk Ibu Hamil

Inilah 5 Khasiat Buah Menteng untuk Ibu Hamil

buah menteng untuk ibu hamil

Buah menteng untuk ibu hamil ternyata memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk perkembangan janin dan juga bagi ibu hamil itu sendiri. Apa saja manfaat buah menteng bagi ibu hamil?

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai berbagai manfaat buah menteng yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebelum kita mengetahui manfaatnya, silakan simak informasi mengenai apa itu buah menteng berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Saffron bagi Kesehatan

Apa Itu Buah Menteng?

Nama buah menteng diambil dari nama tempat yang ada di Jakarta karena konon katanya, buah ini paling sering ditemukan di daerah tersebut. Namun, di sebagian daerah mengenal buah ini dengan nama buah kepundung.

Buah menteng merupakan tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Phyllanthaceae dan memiliki nama ilmiah Baccaurea Racemosa. Anda dapat menemukan buah ini di berbagai dataran Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Buah menteng memiliki bentuk fisik seperti buah duku, hanya saja ukurannya lebih besar dengan diameter sekitar 2 hingga 7 cm. Kulit buah menteng ini memiliki warna kekuningan dengan warna daging buah yang bermacam-macam yaitu ada yang putih, merah, dan juga bening.

Saat ini, buah menteng sudah mulai langka dan jarang ditemukan. Meski demikian, banyak orang yang sangat menanti musim panen dari buah menteng karena kandungannya yang sangat baik bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Buah Menteng untuk Ibu Hamil?

Buah menteng memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini, Anda akan menemukan 5 manfaat dari buah menteng untuk ibu hamil, yaitu:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebagai ibu hamil, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh  demi menjaga kesehatan janin dan juga diri sendiri. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengonsumsi buah menteng yang kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Krokot

2. Membantu Perkembangan Janin

Buah menteng memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu perkembangan tulang bayi selama dalam bentuk janin. Selain itu, kandungan fosfor dalam buah ini juga dapat membantu perkembangan sel membran janin.

3. Mengatasi Anemia

Beberapa ibu hamil ada yang mengalami anemia selama masa kehamilan karena berkurangnya kandungan besi, asam folat, dan vitamin B12 dalam tubuh. Untuk mengatasi anemia tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi buah menteng yang memiliki seluruh kandungan yang dibutuhkan selama masa kehamilan, salah satunya untuk mengatasi anemia.

Baca Juga: Benarkah Antibiotik Membuat Tubuh Menjadi Kebal Obat?

4. Berfungsi sebagai Detox

Buah menteng kaya akan antioksidan yang dapat berfungsi sebagai detox. Kandungan ini dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat mengganggu perkembangan janin.

5. Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil memerlukan cairan yang banyak. Sumber cairan yang dibutuhkan oleh ibu hamil bisa didapat dari buah menteng yang hampir sebagian besar kandungan di dalam buah ini adalah air. 

Jadi, itulah berbagai manfaat dari buah menteng yang sangat baik bagi ibu hamil. Buah menteng tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja, namun juga janin yang berada di dalam kandungannya.

Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi untuk memenuhi nutrisi dan kebutuhan janin selama berada di dalam kandungan. Lakukan olahraga ringan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan juga janin. Selalu jaga kesehatan Anda serta catat segala informasi seperti gejala, hasil pengecekan,  dan lainnya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :