Beranda > Artikel > 10 Pilihan Buah untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

10 Pilihan Buah untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

buah untuk kesehatan jantung dan paru-paru

Jantung dan paru-paru merupakan dua organ yang memiliki hubungan erat dan merupakan “nahkoda kapal” untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari dalam darah, kemudian memompa dan menyebarkan darah yang berisi oksigen ke seluruh tubuh. Kedua organ tersebut merupakan organ yang saling berhubungan dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Tanpa kedua organ tersebut, tubuh manusia tidak dapat berjalan semestinya.

Berdasarkan data dari World Health Organization 2020, penyakit jantung koroner dan infeksi paru-paru masuk dalam 10 penyakit yang paling mematikan di dunia. Di Indonesia sendiri, penyakit jantung koroner masuk kedalam salah satu penyakit yang terbanyak. Lebih mengerikannya lagi, penyakit ini disebut sebagai “silent killer” atau pembunuh tanpa suara karena pada kebanyakkan kasus, orang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki penyakit ini, hingga menimbulkan gejala yang fatal hingga kematian mendadak. Selain itu, mengingat kondisi pandemi dimana virus COVID-19 menargetkan kedua organ ini sebagai target utama mengharuskan kita semua dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru tanpa memandang usia.

 

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung dan paru-paru?

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan kedua organ penting tersebut seperti olahraga teratur dan makan makanan yang sehat. Kandungan yang paling baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru adalah makanan yang kaya akan protein, lemak baik, vitamin, dan antioksidan. Kandungan tersebut salah satunya dapat anda konsumsi dari buah-buahan. Berikut ini merupakan pilihan buah-buahan yang baik anda konsumsi untuk kesehatan jantung dan paru-paru:

 

1. Alpukat

Alpukat terkenal memiliki kandungan asam oleik yang kaya akan lemak baik atau lemak tak jenuh. Lemak baik sangat diperlukan untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. (1) Tak hanya itu, alpukat juga mengandung banyak mineral lainnya seperti potasium. Berdasarkan penelitian Department of Health and Human Services yang dilakukan di Amerika Serikat, potasium berfungsi untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. (1,2)

 

2. Bit

Buah bit merah mengandung banyak sekali kandungan yang dapat membantu menyehatkan fungsi jantung dan paru-paru. Salah satu kandungan tersebut adalah nitrat. Nitrat bermanfaat terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Nitrat dapat membantu merelaksasikan pembuluh darah yang menstabilkan tekanan darah tinggi, serta mengoptimalkan pembawaan oksigen di dalam darah. Buah bit dapat membantu mengurangi resiko hipertensi dan penyakit paru-paru kronik lainnya. Selain itu, buah bit juga mengandung magnesium, potasium, vitamin C, dan antioksidan yang berfungsi untuk mengoptimalkan kerja paru-paru dan jantung. (3,4,5)

 

3. Beri

Buah beri merupakan salah satu buah yang paling baik anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama blueberi. Buah beri merupakan buah yang kaya akan antioksidan bernama antosianin dan flavonoid. Kedua antioksidan ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk merelaksasikan pembuluh darah dan menstabilkan tekanan darah, sehingga dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, buah beri juga dapat menurunkan kolesterol jahat dengan mengurangi stress oksidatif di dalam tubuh dan memperkuat sistem imun anda. (5,6)

 

4. Pisang

Pisang merupakan buah dengan kandungan potasium yang paling banyak berdasarkan penelitian. Selain potasium, pisang juga mengandung serat, folat, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diet serat tinggi memiliki resiko yang lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung dan paru-paru. (6,7)

 

5. Apel

Tentunya anda pernah mendengar pepatah yang terkenal “an apple a day keeps the doctor away” (makan satu apel sehari, menjauhkan dokter/penyakit). Pepatah tersebut diciptakan tentunya karena memiliki alasan khusus. Buah apel dikenal sebagai buah yang rendah kalori, namun mengandung tinggi serat dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat imunitas tubuh. Apel juga kaya akan antioksidan yang bernama polifenol, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena nutrisinya, apel juga dipercaya dapat mencegah penyakit paru-paru, jantung, diabetes, hingga stroke. (7, 8)

 

6. Labu kuning

Karotenoid yang merupakan antioksidan yang terkandung pada labu, tidak hanya memberikan warna kuning namun juga merupakan agen anti-inflamasi yang baik untuk membantu memelihara kesehatan jantung dan paru-paru. Penelitian menunjukkan orang yang rutin mengkonsumsi makanan kaya akan keratinoid memiliki fungsi jantung dan paru-paru yang lebih baik. (7)

 

7. Tomat

Kandungan utama yang terdapat pada tomat adalah likopen. Likopen merupakan antioksidan poten yang dapat menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Semakin merah buah tomat, maka kandungan likopen yang ada di dalamnya akan semakin tinggi, yang berarti antioksidannya semakin tinggi juga. Karena manfaatnya sebagai penangkal radikal bebas, tomat menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi tomat terbukti dapat membantu memperbaiki kerusakkan paru-paru akibat merokok. (6,7)

 

8. Mengkudu

Walaupun jarang disorot, ternyata buah eksotis ini memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang, buah mengkudu mengandung senyawa seperti xeronin, dan antioksidan lainnya yang sangat baik bagi anda yang memiliki hipertensi. Tekanan darah yang terjaga merupakan kunci dari jantung dan paru-paru yang sehat, oleh sebab itu penting bagi anda untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga mampu merelaksasikan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. (9)

 

9. Anggur

Bagian yang paling sehat pada buah anggur terletak pada kulit dan bijinya. Kulit dan biji anggur kaya akan antioksidan polifenol dan resveratrol yang dapat membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan mengurangi resiko peradangan pada pembuluh darah. (5,7)

 

10. Manggis

Sama seperti anggur, bagian yang paling memiliki manfaat pada buah manggis adalah kulitnya. Ekstrak kulit manggis diteliti memiliki antioksidan yang bernama xanthones, yaitu antioksidan yang sangat poten yang mampu mengobati penyakit jantung dan paru-paru dengan mengurangi penumpukkan lemak di pembuluh darah dan mengurangi kolesterol jahat. (7,10)

 

Terdapat berbagai macam variasi buah-buahan yang bisa anda konsumsi sebagai sumber nutrisi tambahan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru anda. Selain rutin mengkonsumsi buah-buahan segar, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya untuk menunjang kesehatan jantung dan paru-paru anda.

Selalu jaga kesehatan anda, rutin periksa kesehatan dan simpan riwayat maupun catatan kesehatan anda di aplikasi Personal Health Record dari Carevo (https://www.carevo.id/personal-health-record/)

 

Referensi

  1. Mahmassani HA, Avendano EE, Raman G, Johnson EJ. Avocado consumption and risk factors for health disease: a systematic review and meta-analysis. The American Journal of Clinical Nutrition. 2018; vol 107, issue 4, p. 523-36. Diakses dari: https://academic.oup.com/ajcn/article/107/4/523/4964644
  2. Weschenfelder C, de Santos JL, de Souza PAL, de Campos VP, Marcadenti A. Avocado and cardiovascular health. Open Journal of Endocrine and Metabolic Diseases. 2015; vol. 5, no. 7. Diakses dari: https://www.scirp.org/journal/paperinformation.aspx?paperid=58403
  3. Clifford T, Howatson G, West DJ, Stevenson EJ. The potential benefits of red beetroot supplementation in health and disease. Nutrients. 2015; 7(4): 2801-22. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4425174/
  4. Friis AL, Steenholt CB, Lokko A, Hansen M. Dietary beetroot juice – effects on physical performance in COPD patients: a randomized controlled crossover trial. Int J Chron Obstruct Pulmon Dis. 2017; 12: 1765-73. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5479267/
  5.  Moreb NA, Albandary A, Jaiswal S, Jaiswal AK. Fruits and vegetables in the management of underlying conditions for COVID-19 high risk groups. Foods. 2021; 10(2): 389. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7916708/
  6. Basu A, Rhone M, Lyons TJ. Berries: emerging impact on cardiovascular health. Nutr Rev. 2010; 68(3): 168-77. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3068482/
  7. Larsen VG, Potts JF, Omenaas E, Heinrich J, Svanes C, Aymerich JG, Burney PG, et al. Dietary antioxidants and 10-year lung function decline in adults from the ECRS survey. Eur Respir J. 2017; 50(6): 1602286. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5739275/
  8. Boyer J, Liu RH. Apple phytochemicals and their health benefits. Nutr J. 2004; 3: 5. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC442131/
  9. West BJ, Deng S, ISami F, Uwaya A, Jensen CJ. The potential health benefits of noni juice: a review of human intervention studies. Foods. 2018; 7(4): 58. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5920423/
  10. Xie Z, Sintara M, Chang T, Qu B. Daily consumption of a mangosteen-based drink improves in vivo antioxidant-inflammatory biomarkers in healthy adults: a randomized, double blind, placebo controlled clinical trial. Food Sci Nutr. 2015; 3(4): 342-48. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4534161/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :