Beranda > Artikel > Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Bahaya Diabetes

Diabetes apabila dibiarkan dapat menimbulkan efek jangka panjang. Gula darah yang tinggi apabila dibiarkan terlalu lama tanpa pemberian obat – obatan diabetes akan menimbulkan komplikasi, bahkan komplikasi yang ditimbulkan dapat bersfiat mengancam nyawa. Bahaya yang mungkin timbul ialah:

  1. Penyakit kardiovaskuler. Diabetes dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskuler, termasuk penyakit jantung koroner dengan gejala nyeri dada (angina), serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah arteri (aterosklerosis). Anda memiliki kemungkinan menderita stroke dan penyakit jantung bila membiarkan diabetes tidak terkontrol.
  2. Kerusakan saraf (neuropati). Gula yang berlebih dapat mengganggu pembuluh darah kecil (kapiler) yang memberikan nutrisi pada saraf, terutama pada saraf – saraf tungkai. Hal ini dapat menyebabkan rasa kesemutan, baal, terbakar, dan nyeri yang umumnya muncul pertama kali di ujung – ujung jari kaki dan kemudian menjalar ke bagian atas. Bila gejala ini dibiarkan, Anda berisiko kehilangan kemampuan untuk merasakan pada tungkai yang terkena. Kerusakan yang terjadi pada saraf pencernaan dapat menyebabkan gejala mual, muntah, diare, dan konstipasi. Pada pria, dapat juga terjadi gejala disfungsi ereksi.
  3. Kerusakan ginjal. Ginjal memiliki jutaan glomerulus yang bertugas menyaring produk – produk sisa dari darah. Diabetes dapat merusak sistem penyaringan ini, dan kerusakan tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal, hingga bersifat ireversibel, dimana Anda membutuhkan transplantasi ginjal.
  4. Kerusakan mara (retinopati). Diabetes dapat merusak pembuluh darah di bagian retina (retinopati diabetikum), hingga menyebabkan kebutaan. Selain itu, diabetes juga meningkatkan risiko kondisi penglihatan serius lainnya seperti katarak dan glaucoma.
  5. Masalah pada kaki. Kerusakan saraf pada kaki atau minimalnya aliran darah ke kaki, dapat meningkatkan risiko serius. Bila Anda mengalami luka pada kaki, maka luka dapat menyebabkan infeksi serius dan luka akan mengalami masa penyembuhan yang lama. Pada kondisi ekstrim, keadaan ini memerlukan penanganan amputasi.           


Hindari Buah – Buahan Berikut ini

Buah – buahan mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga baik bagi kesehatan. Apabila Anda menderita diabetes, tentu saja Anda boleh makan buah – buahan. Namun perlu Anda ketahui bahwa beberapa buah memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga sebaiknya tidak dijadikan pilihan untuk Anda penderita diabetes.

  1. Buah nanas yang juicy memiliki kadar gula yang tinggi, yaitu sebanyak 16 gram gula per cup. Sebaiknya Anda membatasi memakan buah nanas.
  2. Buah kranberi yang alami mengandung hanya sebesar 4 gram gula dalam satu cup. Namun kranberi yang dikeringkan, diawetkan, dan diberikan pemanis tentu saja bukan merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes.
  3. Kismis merupakan snack yang enak dan ringkas. Namun sayangnya memiliki kadar gula yang tinggi yaitu sebesar 115 gram dalam satu cup.
  4. Buah Tin. Buah ini sering dijadikan isian kue dan roti karena rasanya yang manis. Buah ini memiliki kadar gula sebanyak 29 gram dalam satu cup.
  5. Jeruk mandarin. Ukurannya memang kecil namun dalam satu cup (2 buah) terkandung 20 gram gula. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedikit
  6. Buah mangga mengandung banyak serat dan nutrisi namun memiliki kadar gula sebesar 23 gram dalam satu cup
  7. Buah ceri cocok dijadikan cemilan namun dalam satu cup mengandung 20 gram gula
  8. Buah leci mengandung 29 gram gula dalam satu cup
  9. Buah anggur mengandung 23 gram gula dalam satu cup

Buah bukan merupakan pantangan bagi penderita diabetes, namun Anda perlu memastikan untuk memilih buah yang tepat dalam jumlah yang terkontrol. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps Personal Health Record dari Carevo.

Bibliography

  • Which Fruits Have Most Sugar? (2019, July 18). Retrieved from Web MD: https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-fruit-sugar
  • Bauer, J. (2019, September 9). 10 foods to Avoid When You Have Diabetes. Retrieved from Everyday Health: https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/joy-bauer-foods-to-avoid-when-you-have-diabetes/
  • Diabetes. (2020, October 3). Retrieved from Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444#:~:text=Diabetes%20dramatically%20increases%20the%20risk,Nerve%20damage%20(neuropathy).
  • Dansinger, M. (2019, December 28). Hoe Does Diabetes Affect Your Body? Retrieved from Web MD: https://www.webmd.com/diabetes/guide/risks-complications-uncontrolled-diabetes

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :