Home » Cara Melancarkan Peredaran Darah dengan 5 Tanaman Obat

Cara Melancarkan Peredaran Darah dengan 5 Tanaman Obat

cara melancarkan peredaran darah

Mengapa menjaga peredaran atau aliran darah untuk tetap lancar sangatlah penting untuk kesehatan? Karena seperti dikutip dari situs WebMD, sistem peredaran darah yang tidak lancar dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti rambut rontok, impotensi, kulit kering, luka yang sulit sembuh, dan masih banyak lagi. Nah, cara melancarkan peredaran darah berikut menawarkan solusi alami yang tidak hanya berkhasiat, tetapi juga aman bagi tubuh. 

Cara Melancarkan Perderan Darah dengan 5 tanaman obat alami

Selain menggunakan vitamin untuk memperlancar atau meningkatkan aliran darah, kalian bisa menggunakan 5 tanaman di bawah ini untuk melancarkan perederan darah secara alami.

1. Gandarusa

Tanaman ini merupakan jenis semak tropis yang banyak dikonsumsi sebagai minuman herbal. Mengandung banyak antioksidan, khususnya flavonoid dan polifenol, gandarusa pun sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai kondisi penyakit, termasuk radang sendi, demam, pilek, dan sembelit. 

Selain itu, jenis tanaman perdu ini juga sering dijadikan obat pelancar peredaran darah. Hal itu karena gandarusa mengandung salicylic, zat yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Pun, tanaman obat ini juga memiliki sifat antibakteri yang kuat.

2. Ginkgo

Daun ginkgo banyak dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk otak. Namun, tanaman herbal ini sebetulnya juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Berdasarkan beberapa studi laboratorium, yang dilansir dari Mount Sinai’s Icahn School of Medicine misalnya, ginkgo terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan membuka pembuluh darah dan menurunkan tingkat kekentalan darah. Hasil penelitian juga menemukan bahwa ginkgo cukup efektif dalam mengatasi sirkulasi yang buruk di bagian kaki dan tangan, serta mencegah penyakit jantung. 

3. Jelatang

Jika Anda mencari cara melancarkan peredaran darah secara alami yang efektif,  jelatang bisa menjadi salah satu solusinya. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Urtica dioica ini memiliki sifat antikoagulan yang bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi dan mengencerkan darah. 

Tidak hanya itu, sebagai tanaman obat, jelatang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti misalnya vitamin C, D, dan K, serta polifenol sebagai antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, manfaat tanaman ini sangat banyak untuk tubuh, termasuk mengatasi peradangan, mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi. 

4. Bunga Linden

Meski tidak sepopuler gandarusa ataupun ginkgo, bunga linden sering diolah sebagai teh herbal. Minuman sehat ini juga bisa Anda konsumsi dalam keadaan dingin atau panas, lho. Manfaatnya pun sangat banyak untuk tubuh, yakni sebagai obat sakit kepala, flu, dan insomnia.

Anda juga bisa memanfaatkan bunga linden untuk memperlancar sirkulasi darah dan memperkuat sistem pembuluh arteri. Bahkan, bagi Anda yang memiliki masalah dengan hipertensi, teh bunga linden mengandung zat klorogenat dan rutoside yang terbukti efektif dalam menormalkan tekanan darah. 

5. Mahkota Dewa

Masyarakat Indonesia tentunya cukup mengenal tanaman herbal ini. Ya, tanaman mahkota dewa memiliki buah dengan bentuk bulat kecil dan berwarna merah pekat saat matang. Endemik asli dari mahkota dewa sendiri berasal dari hutan Papua. Dalam dunia herbal, daun dari tanaman ini sering dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk memperlancar peredaran darah. Dengan kandungan flavonoid-nya yang tinggi, daun mahkota dewa berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah, yakni dengan cara mengikis timbunan lemak di dinding pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Untuk Anda yang memiliki masalah dengan gula darah tinggi, tanaman herbal ini juga dikenal ampuh dalam menurunkan risiko diabetes. Zat antioksidan dalam daun mahkota dewa mencegah terjadinya penyerapan glukosa di usus sehingga kadar gula darah akan tetap stabil.

Demikian cara melancarkan peredaran darah secara alami dengan memanfaatkan tanaman herbal. Namun, sebaiknya tetap minta masukan ahli medis terkait cara konsumsi yang tepat untuk masing-masing tanaman obat di atas, ya.

Cara Lainnya Dalam Melancarkan Peredaran Darah dan Meningkatkan Kesehatan

Selain dengan menggunakan tanaman herbal di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa cara di bawah yang bisa membantu untuk memperlancar aliran darah agar bisa hidup dengan sehat, beberapa diantaranya adalah seperti ini

1. Berhenti Merokok

Bagi Anda yang merupakan perokok, berhenti adalah opsi terbaik Anda. Kandungan aktif dalam rokok berupa nikotin, dapat merusak dinding pembuluh nadi (arteri) dan mengentalkan darah Anda. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, Anda bisa mencari bantuan dokter yang dapat menawarkan beberapa strategi untuk berhenti merokok.

2. Rajin Minum Air putih

Selalu terhidrasi dengan mencukupkan kebutuhan air putih menjadi cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan sirkulasi darah. Penuhi asupan air putih sebanyak 8-10 gelas air sehari.

3. Rajin Mengonsumsi Makanan Sehat Berupa Sayur dan Buah’

Rajin mengonsumsi sayuran hijau dan buah dapat membantu “membersihkan” pembuluh darah membuat aliran darah di tubuh yang lebih lancar sekaligus menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi sayur dan buah juga membantu mengendalikan berat badan serta membantu menurunkan kolestrol.

4.Melakukan Olahraga

Hidup sehat dengan berolahraga seperti berlari, bersepeda, dan berenang dapat membantu “memasukkan” banyak oksigen ke dalam tubuh dan juga otot. Membantu darah menjadi terpompa, menguatkan jantung, dan menurunkan tekanan darah. Berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari, selama 5 hari dalam seminggu. Olahraga seperti jalan kaki juga bisa membantu menjaga sirkulasi aliran darah.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu tubuh Anda akan sehat dan memudahkan Anda dalam beraktifitas sehari-hari. Catat kondisi kesehatan Anda dengan layanan Personal Health Record pada Aplikasi Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :