Beranda > Artikel > Ini Dia Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Goreng

Ini Dia Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Goreng

cara meluruskan rambut dengan minyak goreng

Bagi Anda yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, mungkin akan selalu bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan rambut lurus yang halus. Jenis rambut lurus akan mudah beradaptasi, mudah diatur dan cocok untuk berbagai gaya rambut yang berbeda. Siapa yang tidak menginginkannya? 

Masalahnya adalah tanpa membuat menjalani perawatan menggunakan bahan kimia yang berat, pergi ke salon, atau meluruskannya dengan catokan setiap hari, akan sulit mendapatkan rambut lurus. Kebanyakan cara di atas bersifat sementara dan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada rambut Anda. Tapi masih ada cara lainnya seperti cara meluruskan rambut dengan minyak goreng berikut ini.

Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Goreng

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan rambut lurus tanpa perlu menggunakan bahan kimia atau pergi ke salon. 

1. Perawatan Minyak Panas 

Terapi minyak panas dapat membantu rambut menyerap minyak dengan lebih baik karena dapat membuatnya lebih halus dan lurus. Cara membuatnya adalah seperti berikut ini:

  • Panaskan minyak kelapa dan oleskan pada rambut. 
  • Kemudian celupkan handuk ke dalam air panas, peras airnya dan balut kepala dengan handuk panas tersebut. 
  • Diamkan selama 5 menit. 
  • Ulangi pembungkusan menggunakan handuk panas sebanyak 3 atau 4 kali. 
  • Cuci bersih dengan sampo. 
  • Sisir menggunakan dengan sisir bergigi jarang. 
  • Lakukan ini dua kali seminggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

2. Minyak Zaitun dan Telur

Minyak zaitun yang juga bisa Anda jadikan sebagai minyak goreng ini ternyata memiliki manfaat untuk meluruskan rambut. Struktur kimia dari minyak alami dalam tubuh kita mirip dengan minyak zaitun. Itulah mengapa minyak yang satu ini membantu memulihkan kembali kondisi minyak pada kepala menjadi normal. Minyak zaitun mengandung hydroxytyrosol dan Vitamin E. Keduanya berfungsi untuk menyehatkan rambut. Telur yang mengandung vitamin dan mineral, serta asam lemak juga dapat membantu untuk meluruskan rambut Anda. Cara untuk bisa menerapkannya adalah:

  • Campur 2 butir telur dengan minyak zaitun
  • Aplikasikan campuran ini pada rambut
  • Kenakan topi mandi dan biarkan selama 20 menit
  • Cuci bersih rambut Anda

Berbagai Cara Lainnya Untuk Meluruskan Rambut

Berikut ini adalah berbagai cara lainnya untuk bisa meluruskan rambut Anda tanpa perlu menggunakan bahan kimia atau ke salon.

1. Dry Blow dengan Udara Dingin

Setelah Anda membiarkan rambut mengering sekitar tiga perempatnya, bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian seperti biasa. Gunakan pengaturan “dingin” pada pengering rambut Anda, pastikan pengering rambut Anda bergerak terus menerus dari akar ke ujung. Jaga jarak pengering rambut sekitar 15 cm dari rambut Anda saat Anda mengeringkannya. Cara ini akan membutuhkan waktu yang lama.

2. Tidur dengan Rambut Basah

Untuk tidur dengan ikat rambut atau rol besar di kepala Anda mungkin menjadi hal yang sulit dibayangkan. Cobalah tidur dengan rambut basah dan karet rambut untuk mengikat rambut menjadi ponytail yang longgar di bagian atas kepala Anda, kemudian buat bentuk sanggul dengan melilitkan rambut Anda di sekitar kuncir tersebut dan mengencangkannya dengan ikat rambut lainnya. Cara ini bisa memberikan bentuk lurus sementara pada rambut Anda ketika di gerai di pagi hari.

3. Bungkus Rambut Anda

Meskipun ada beberapa metode berbeda untuk tekstur dan panjang rambut tertentu, namun semuanya hampir sama. Anda akan membutuhkan jepit rambut “panjang” dan juga syal atau sorban “pembungkus rambut” berbahan satin.

Pisahkan bagian atas tempat Anda membelah rambut menggunakan sisir bergigi rapat dan sisir hingga rata. Pegang rambut dengan kencang, putar rambut ke sisi berlawanan dari kepala Anda dari tempat ia jatuh secara alami dan jepit dengan erat ke sisi kepala Anda. Ulangi metode ini untuk setiap bagian rambut Anda, dan mengencangkannya dengan sorban rambut sebelum Anda tidur di malam hari.

Itulah cara meluruskan rambut dengan minyak goreng serta berbagai cara lainnya yang bisa Anda coba juga, selalu perhatikan kesehatan dari mulut dan gigi Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :