Beranda > Artikel > Cara-cara Tepat Menaikkan Kadar Gula Darah Anda

Cara-cara Tepat Menaikkan Kadar Gula Darah Anda

cara menaikkan kadar gula darah

Gula Darah

Gula darah memiliki istilah Bahasa Inggris yaitu blood glucose atau glukosa darah. Istilah gula darah adalah gula yang terdapat di dalam darah seseorang yang dibawa dan menjadi sumber “makanan” bagi sel-sel tubuh. Gula darah ini menjadi sumber energi agar tubuh dapat melakukan aktivitas nya dengan baik. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa kadar gula darah juga tidak baik bila berlebihan dan bila kurang.

 

Rentang normal kadar gula darah

Pemeriksaan kadar gula darah dapat dilakukan secara mandiri maupun pemeriksaan yang lebih akurat dengan pemeriksaan di laboratorium. Pada gula darah puasa (minimal berpuasa 12-14 jam) diharapkan gula darah di dalam rentang 70 – 99 mg/dL.

 

Bagaimana tubuh memperoleh gula darah?

Setiap manusia membutuhkan energi yang berasal dari gula darah. Gula darah sendiri diperoleh dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Dari luar tubuh, gula darah diperoleh dengan cara makan atau nutrisi yang ia makan, sedangkan dari dalam tubuh, tubuh memiliki mekanisme untuk membentuk gula darah dengan cara memecah lemak, lalu mengubahnya menjadi gula.

Proses pembentukan gula dimulai dari pemecahan karbohidrat melalui makanan. Disini sistem pencernaan kita akan memecah molekul karbohidrat yang kompleks menjadi rantai gula tertentu. Proses pengaturan jumlah glukosa dalam darah ini ditentukan oleh hormon insulin yang juga turut beredar di dalam darah.

Jadi proses pembentukan gula darah dimulai dari:

  1. Setelah seseorang makan
  2. Di dalam tubuh orang tersebut terdapat pankreas yang menghasilkan hormon insulin dan nantinya berfungsi sebagai pengatur konsentrasi kadar gula darah. (glukosa è glikogen)
  3. Pada jumlah yang terlalu banyak kelebihan glukosa akan disimpan di hati dalam bentuk glikogen.
  4. Glikogen ini juga berperan penting ketika seseorang sedang mengalami kelaparan. Kelak glikogen akan dipecah kembali menjadi glukosa darah.
  5. Proses perubahan glikogen è glukosa dibantu oleh hormon glucagon.

Pada kenyataannya proses ini merupakan sesuatu yang kompleks dan melibatkan banyak sistem hingga dapat terjadi keseimbangan di dalam badan seseorang.

 

Waspadai kadar gula darah yang rendah

Kadar gula darah yang rendah disebut sebagai hypoglycemia / hipoglikemia. Kondisi hipoglikemia merupakan sesuatu yang terukur dan bisa dilihat dengan pengecekan kadar glukosa darah. Nilai untuk bisa disebut sebagai kondisi hipoglikemia yaitu sebesar 70 mg/dL. Pada sebagian orang, kondisi hipoglikemia tidak melulu menunjukkan gejala. Namun, bila Anda menyadari ada beberapa gejala ditambah sudah beberapa waktu tidak makan, bisa jadi Anda mengalami kondisi kekurangan gula darah. Inilah gejala-gejalanya:

  1. Badan terasa gemetar
  2. Berkeringat dingin
  3. Kepala terasa ringan
  4. Mengantuk
  5. Lemas
  6. Berdebar.

Selain gejala-gejala di atas ada beberapa kondisi yang menunjukkan Anda mengalami gejala yang cukup berat, seperti:

  • Kejang
  • Penurunan kesadaran.

 

Hal-hal yang menyebabkan kadar glukosa darah rendah

Banyak faktor-faktor yang mengakibatkan kadar gula darah Anda rendah, seperti:

1. Makan tidak teratur

Bagi kebanyakan orang tidak jarang mereka melewati sarapan, padahal sarapan merupakan sesuatu yang penting dan justru tidak boleh terlewat. Sebetulnya tidak hanya sarapan, ketika seseorang bekerja terlalu fokus, juga dapat kita temukan mereka seringkali melewatkan jam makan yang seharusnya.

2. Aktivitas fisik

Salah satu faktor penentu kadar gula darah adalah aktivitas fisik. Pada olahraga yang memerlukan energi besar, seperti angkat beban, latihan kardio.

3. Anda merupakan penderita diabetes yang menjalani pengobatan rutin

Penderita diabetes merupakan kelompok rentan yang berisiko mengalami kondisi hipoglikemia. Khususnya mereka yang diberikan obat-obatan insulin. Mereka yang masih baru pertama kali menggunakan obat insulin terkadang bingung dengan cara pemakaian obat tersebut. Oleh karena kebingungan itu terjadilah kesalahan pemberian, misal waktu pemakaian yang salah dan dosis yang diberikan terlalu besar dibandingkan dosis yang disarankan.

4. Penderita ganggua hormonal

Gangguan hormonal disini adalah gangguan seperti tumor hipofisis, pankreas.

 

Apa yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gula darah saya yang rendah?

Kebanyakan orang masih bingung bila dalam kondisi gula darah yang rendah, apa-apa saja yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi hipoglikemia, yaitu:

  • Membuat larutan gula. Anda dapat melarutkan sebanyak 1 sendok makan gula ke dalam air hangat, kemudian aduk hingga rata. Lalu minumkan.
  • Konsumsi buah seperti pisang, apel, jeruk.
  • Konsumsi satu sendok makan madu murni atau jelly.

Setelah Anda mengonsumsi beberapa makanan kecil diatas, sangat disarankan setelahnya Anda tetap harus mengonsumsi makanan sesuai dengan jumlah kebutuhan kalori yang Anda miliki.

Berikut ini adalah makanan berkabohidrat kompleks yang bisa Anda konsumsi juga:

  1. Roti, biscuit
  2. Serealia, pasta
  3. Nasi
  4. Buah-buahan.

Kondisi hipoglikemia tidak boleh diremehkan karena gejala dan kerusakan yang ditimbulkan lebih berat dibandingkan kondisi hiperglikemia (kelebihan gula darah). Bila Anda penderita kencing manis dan menggunakan insulin sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi rutin setiap bulan untuk penyesuaian dosis obat gula. Bagi Anda yang hendak berolahraga berat, ada baiknya atur taktik terlebih dahulu, jangan sampai Anda mengalami kurang gula darah. Hindari jangan sampai tidak makan atau melewati waktu makan, khususnya pada pagi hari. Kemudian konsumsi makanan ringan di sela-sela antara jam sarapan dan makan siang. Agar tidak terjadi kesalahan dan membahayakan nyawa Anda, maka berkonsultasilah dengan dokter, sehingga anjuran yang diberikan jadi lebih tepat dan terarah.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Peredaran Darah

 

Daftar Pustaka

  1. Felman A. What should my blood glucose level be? Medical News Today. 2019. Diakses dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/249413. Pada: 2022, 14 Maret.
  2. Roland J. What can you do to raise your blood sugar quickly? Healthline. 2019. Diakses dari: https://www.healthline.com/health/how-to-raise-blood-sugar-fast. Pada: 2022, 14 Maret.
  3. Patient Education – Carbohydrats. UCSF Health. Diakses pada: 2022, 14 Maret. Dari: https://www.ucsfhealth.org/education/carbohydrates

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics