Beranda > Artikel > Cara Mencegah Mata Minus

Cara Mencegah Mata Minus

Terdapat ungkapan mata adalah jendela jiwa. Hal ini benar adanya karena dengan mata, kita dapat melihat dunia luar dengan keanekaragamannya. Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga, walaupun organ ini kecil namun fungsinya sangat penting. Mata yang sehat dengan penglihatan yang baik, tidak ada rasa nyeri ataupun gejala lainnya sangat berperan agar kegiatan sehari-hari dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

 

Banyak gangguan yang dapat terjadi pada mata dari ringan sampai berat seperti ganggaun refraksi, galukoma, degenerasi makular, infeksi konjungtivitis sampai kebutaan. Gangguan ini dapat muncul dari masa kanak-kanak sampai pada usia tua, tergantung penyakit dan kondisi tubuh orang tersebut. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi adalah gangguan refraksi, yaitu mata minus atau dalam bahasa medis disebut miopia. Miopia didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk melihat benda jarak dekat, maka dari itu penyakit ini juga disebut rabun jauh. Hal ini terjadi karena bola mata menjadi lebih panjang dari normal sehingga cahaya jatuh didepan retina. Kasusnya terus bertambah setiap tahun diseluruh dunia dikarenakan peningkatan tingkat edukasi dan modifikasi gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak menonton atau bermain dengan gadget. Selain itu, penyebab miopia lainnya yang tidak dapat dimodifikasi adalah karena genetik. Sebenarnya mata minus bukan hal yang berbahaya, namun jika minus mata tinggi atau >5, maka akan mengakibatakan peningkatan komplikasi seperti glaukoma, katarak dan juga lepasnya retina.

Maka dari itu, sangat penting melakukan upaya untuk pencegahan terjadinya mata minus. Cara yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Melakukan kegiatan diluar (outdoor)

Menurut penelitian, anak-anak yang menghabiskan waktu untuk bermain diluar lebih jarang mengalami mata minus walaupun terdapat faktor genetik. Mekanisme proteksi dikarenakan aktivitas diluar rumah dapat menstimulasi keluarnya neurotransmitter dopamin dari retina. Dopamin ini yang dapat mencegah memanjangnya bola mata.

  1. Koreksi penglihatan

Kebanyakan orang tua khawatir jika dokter meresepkan kacamata kepada anaknya dan pemakaian setiap hari dapat menyebabkan anak menjadi dependen terhadap kacamata dan memperburuk keadaan. Namun, hal ini tentu saja salah. Jika koreksi mata tidak segera dilakukan, maka keadaan mata dapat bertambah berat dan progresi penyakit dapat lebih cepat.

  1. Makan-makanan bernutrisi

Makanan yang kaya nutrisi seperti yang kaya omega 3, lutein, zinc, vitamin C dan E dapat membatu penglihatan menjadi lebih baik. Makanan yang direkomendasikan seperti sayuran berdaun hijau seperti bayam; ikan salmon dan tuna; sumber makanan kaya protein seperti telur, kacang-kacangan dan biji-bijian; buah seperti jeruk dan lemon.

  1. Gaya hidup yang baik

Membatasi untuk melihat komputer atau handphone berlebihan karena cahaya yang dipancarkan dapat memperburuk penglihatan. Selain itu, hindari merokok dan minum beralkohol karena radikal bebas yang dihasilkan juga dapat merusak saraf pada mata.

 

Tips lain untuk menjaga kesehatan mata

  1. Menggunakan sunglasses

Jika pergi keluar terutama dibawah terik matahari, sunglasses dapat memberikan proteksi mata terhadap sinar ultraviolet baik UVA maupun UVB yang daoat memperburuk keadaan mata

  1. Berikan waktu istirahat untuk mata

Istirahatkan mata tiap 20 menit jika bekerja menatap layar komputer. Setelah 20 menit, lihat jauh seelama 20 detik. Dan tiap 2 jam, istirahatlah selama 15 menit.

  1. Kontrol ke dokter mata secara rutin

Semua orang perlu mendapatkan pemeriksaan mata secara rutin dari anak-anak sampai dewasa. Terutama pada orang dengan mata minus, hal ini dilakukan untuk melihat progresi penyakitnya dan menentukan apakah koreksi mata perlu diubah atau tidak.

 

Referensi

  • Eye Health, Explained [Internet]. Health.com. Available from: https://www.health.com /condition/eye-health/eye-health
  • 6 Tips for Eye Health and Maintaining Good Eyesight [Internet]. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight
  • Keep Your Eyes Healthy | National Eye Institute [Internet]. Available from: https://www .nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy
  • Myopia Prevention [Internet]. News-Medical.net. 2010. Available from: https://www. news-medical.net/health/Myopia-Prevention.aspx
  • Linkedin. Can We Prevent or Control Nearsightedness? [Internet]. Verywell Health. Available from: https://www.verywellhealth.com/myopia-control-and-prevention-4165839

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :