Beranda > Artikel > 7 Cara Mencegah Omicron Agar Tidak Menyebar Lebih Jauh

7 Cara Mencegah Omicron Agar Tidak Menyebar Lebih Jauh

cara mencegah omicron

Saat ini Indonesia kembali menyatakan adanya gelombang ketiga dari virus Covid-19 karena munculnya varian baru, yaitu Omicron. Padahal keadaan sempat membaik, dan memunculkan harapan bahwa setiap orang bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Namun apa boleh di kata, usaha terbaik yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjaga diri masing-masing agar penularan virus Covid dapat ditekan seminimal mungkin. Beberapa cara mencegah Omicron di artikel ini bisa coba Anda lakukan. 

Mengenal Varian Omicron

Omicron adalah nama varian virus Covid19 atau SARS-CoV-2 yang diberikan oleh World Health Organization (WHO). Omicron sendiri adalah varian ke-13 yang ditemukan pada bulan November 2021 di Afrika Selatan. Meskipun penelitian tentang virus baru ini masih terus dilakukan, informasi terkini dari WHO menunjukkan bahwa varian Omicron memiliki penurunan kemampuan dalam menginfeksi jaringan paru-paru. 

Virus varian ini juga dikatakan lebih menyerang bagian atas dari saluran pernapasan, di mana hal ini berbeda dengan varian Delta, dan lainnya yang menyerang saluran pernapasan bagian bawah. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun seseorang positif terdeteksi Omicron, dampak penyakit yang dirasakan tidak akan terlalu parah. Setidaknya tidak separah dampak yang dibawa oleh varian Delta.

Baca Juga: Inilah Vitamin untuk Penderita COVID-19

Bagaimana Varian Omicron Menyebar?

Dalam penelitian terkini telah disebutkan bahwa varian Omicron menyebar 70 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan varian Delta. Penyebaran varian Omicron umumnya masih sama dengan varian Covid-19 yang lain, yakni melalui udara. Penularan Omicron bahkan lebih cepat, dan mudah dari orang ke orang daripada varian Delta. 

Ini karena struktur dari Omicron yang dengan mudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Varian ini memiliki spike protein lebih banyak dari varian Delta, di mana spike protein bertindak sebagai kunci atau pintu masuk bagi virus untuk mengunci reseptor ACE-2, dan menginfeksi sel-sel dalam tubuh. Namun meskipun penyebarannya sangat cepat, Omicron justru bergerak sangat lambat dalam jaringan paru-paru. 

Baca Juga: Efek Samping Vaksin Covid yang Patut Dipahami

Cara Mencegah Omicron

Terdapat 7 cara pencegahan yang dianjurkan untuk membatasi atau memutus rantai penyebaran Omicron. 

1. Ambil Waktu Istirahat di Rumah

Mengambil waktu istirahat di rumah saat Anda merasa tidak enak badan adalah pilihan yang bijaksana. Beristirahat bisa mencegah Anda terpapar virus yang ada di luar rumah. Lakukan juga isolasi mandiri apabila mengalami gejala-gejala Omicron. 

2. Menghindari Keramaian

Menghindari keramaian saat berada di dalam ruangan atau tempat dengan ventilasi yang buruk. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa varian Omicron memiliki tingkat penyebaran yang tinggi, menghindari keramaian akan mengecilkan potensi kita terkena virus Omicron. Apabila perlu pergi ke luar dari rumah, pastikan untuk selalu menjaga jarak sejauh 1 meter dari orang lain.

Personal Health Record

3. Menjaga Jarak

Pemerintah menganjurkan seluruh masyarakat untuk beraktivitas dari rumah. Namun, apabila perlu pergi ke luar dari rumah, pastikan untuk selalu menjaga jarak sejauh 1 meter dari orang lain.

4. Membuat Sirkulasi yang Baik

Saat berada di rumah, pastikan untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di rumah dapat terjaga. Menjaga sirkulasi penting agar udara segar dan bersih dapat masuk dan udara kotor serta bakteri dapat keluar dari rumah. 

Baca Juga: 10 Pantangan Setelah Vaksin COVID yang Ingin Anda Hindari

5. Menggunakan Masker

Menggunakan masker adalah protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan saat beraktivitas di luar ruangan. Masyarakat dianjurkan menggunakan masker yang tidak longgar, agar bakteri atau virus dari luar tidak terhirup ke dalam tubuh kita. 

6. Mencuci Tangan Secara Berkala

Jangan lupa untuk mencuci tangan secara menyeluruh dan berkala dengan sabun, seperti yang dianjurkan pemerintah. Bawa juga hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda dari bakteri dan virus tidak terlihat saat bepergian. 

7. Mendapatkan Vaksinasi Lengkap 

Update terkini masih menunjukkan bahwa vaksinasi adalah salah satu cara efektif untuk menjaga tubuh kita dari paparan virus Covid-19. Oleh karena itu segera daftarkan diri Anda ke sentra vaksinasi terdekat apabila belum mendapatkan vaksinasi lengkap, termasuk booster

Untuk lebih mudah, Anda dapat memudahkan proses pencegahan di rumah dengan memantau saturasi oksigen, suhu dan lainnya dengan menyimpan semua data di aplikasi Personal Health Record Carevo. Dengan begitu kondisi seluruh anggota keluarga dapat terpantau dengan baik.

Adanya gelombang ketiga virus Covid-19 menandakan bahwa perjuangan belum berakhir. Meskipun begitu, kita bisa melakukan cara mencegah Omicron yang dianjurkan, agar rantai penyebaran Omicron dapat terputus. Segera periksakan diri Anda ke dokter, dan klinik terdekat saat mulai mengalami  gejala dari Omicron. Selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan mengikuti cara-cara di atas.

Referensi:

What Is Omicron and How Concerned Should We Be? | Columbia Public Health

Powerpoint title here (who.int)

Update on Omicron (who.int)

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics