Beranda > Artikel > 4 Cara Mengatasi Depresi dengan Tepat

4 Cara Mengatasi Depresi dengan Tepat

cara mengatasi depresi

Perasaan sedih dan kecewa yang berlarut-larut dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi. Kondisi ini memiliki dampak secara langsung terhadap proses kehidupan sehari-hari. Efeknya bisa bertahan sangat lama serta merenggut kehidupan bahagia seseorang. Depresi juga bukan hal yang bisa dihilangkan begitu saja, perlu waktu dan proses panjang. Berikut ini beberapa cara mengatasi depresi untuk membantu Anda mendapatkan kontrol lebih terhadap kondisi yang dialami.

Mengenal Apa Itu Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan munculnya perasaan sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus. Kondisi ini juga biasa disebut sebagai  major depressive disorder atau clinical depression. Selain menciptakan perasaan sedih, depresi juga memunculkan pemikiran dan mendorong perilaku yang membuat seseorang sulit beraktivitas secara normal sehari-hari, terkadang Anda juga merasa seolah-olah hidup tidak layak untuk dijalani.

Gejala Depresi

Penderita depresi bisa melewati beberapa episode yang dapat terjadi hampir setiap harinya. Beberapa gejala yang menunjukkan sebuah episode sedang terjadi yaitu:

  • Perasaan sedih atau keputusasaan
  • Mudah marah dan merasa frustrasi bahkan untuk hal-hal kecil
  • Kehilangan minat melakukan aktivitas
  • Gangguan tidur seperti insomnia atau hipersomnia
  • Rasa lelah dan kekurangan energi
  • Berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan atau meningkatnya keinginan untuk makan dan penambahan berat badan
  • Kecemasan berlebih
  • Perasaan bersalah terhadap kesalahan terdahulu
  • Sulit berkonsentrasi atau membuat keputusan
  • Munculnya pikiran untuk bunuh diri
  • Masalah fisik yang tidak dapat dijelaskan, seperti sakit punggung atau sakit kepala

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Mental Illness dan Macam-macamnya

Gejala di atas bagi beberapa orang dapat mengganggu aktivitas harian mereka seperti sekolah, bekerja, hingga bersosialisasi yang dapat menyebabkan rusaknya hubungan dengan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar. Beberapa orang lainnya juga bisa merasa sedih secara tiba-tiba tanpa mengerti penyebabnya.

Aplikasi Carevo - Aplikasi Catatan Kesehatan Personal Health Records

Penyebab Depresi

Tidak ada satu penyebab spesifik yang bisa menyebabkan depresi. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan dan memiliki banyak pemicu. Depresi juga tidak datang secara tiba-tiba, melainkan berkembang dalam jangka waktu yang lama. Perlahan-lahan menyebabkan berbagai gejala pada poin sebelumnya. Inilah empat penyebab utama depresi.

1. Genetik

Walaupun tidak ada gen spesifik untuk bisa dilihat dan dilacak sebagai penyebab depresi, namun jika anggota keluarga pernah mengalami depresi maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal tersebut. 

Baca Juga: 10 Pilihan Buah untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

2. Penyakit dan Masalah Kesehatan

Penyakit atau cedera fisik mampu memberikan dampak signifikan pada kesehatan mental. Masalah kesehatan kronis atau masalah kesehatan fisik yang secara drastis mengubah gaya hidup bisa memicu depresi. Kondisi kesehatan lainnya yang berhubungan dengan otak, hormon, siklus menstruasi atau menopause, gula darah rendah, serta masalah tidur juga berkontribusi memicu munculnya depresi.

3. Obat-obatan dan Alkohol

Obat mampu memberikan efek samping berupa depresi. Jika Anda merasa tertekan setelah memulai pengobatan maka perhatikan efek sampingnya atau berbicara langsung dengan dokter. Mungkin ada alternatif lainnya untuk Anda.

Narkoba dan alkohol juga dapat menyebabkan dan memperburuk depresi. Sebagian orang merasa hal ini membantu mereka melewati gejala depresi, namun pada akhirnya kedua hal tersebut hanya akan memperparah depresi.

Baca Juga: Mari Pelajari Cara Memperbaiki Syaraf Otak yang Rusak

4. Kepribadian

Kepribadian tertentu juga bisa dengan mudah memicu depresi muncul. Contohnya, orang yang cenderung menyimpan perasaan dan stres, memiliki harga diri rendah, perfeksionis, dan sensitif terhadap kritik secara alami mempermudah mereka mengalami depresi.

Berbagai Macam Cara Mengatasi Depresi

Untuk bisa sembuh dari depresi diperlukan waktu dan proses panjang. Agar mempermudah hal tersebut, maka berikut ini berbagai macam cara mengatasi depresi.

1. Hindari Menjauh Dari Orang Lain

Semakin Anda mencoba menjauh dari orang lain atau masalah yang dihadapi, maka kondisi depresi dapat menjadi lebih parah. Bersosialisasi merupakan cara untuk memperbaiki dan meningkatkan mood Anda. Cobalah bercerita kepada keluarga, teman, atau orang yang Anda percaya.

2. Kurangi Stres

Stres akan memberikan beban pada tubuh dan juga mental Anda. Semakin stres, maka semakin besar juga kemungkinan mengalami depresi. Ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan sumber dari rasa stres tersebut, jika bisa jauhilah. Anda juga bisa mencari kegiatan lainnya untuk mengalihkan pikiran dari sumber stres tersebut.

3. Tidur Lebih Baik

Tubuh dan pikiran Anda membutuhkan waktu untuk bisa beristirahat. Memiliki jadwal tidur yang baik sangat membantu memperbaiki mood. Jika suasana hati Anda baik, maka kualitas hidup meningkat. Artinya, depresi akan semakin sulit muncul.

Matikan elektronik setidaknya satu jam dan jauhkan benda yang memberikan distraksi sebelum Anda tidur. Gunakan cahaya redup, membaca buku, atau melakukan aktivitas santai lainnya agar memicu rasa kantuk. Menggunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur juga sangat membantu.

4. Perbaiki Pola Makan dan Hindari Alkohol

Makanan merupakan sebuah mood booster untuk memperbaiki suasana hati Anda. Konsumsi makanan sehat yang sesuai dengan selera Anda, kemudian jauhi alkohol karena hanya dapat memperburuk depresi Anda.

Itulah berbagai macam informasi mengenai depresi, mulai dari gejalanya, penyebabnya, hingga cara mengatasinya. Depresi bukan sebuah momok yang harus Anda simpan dalam-dalam, melainkan sesuatu untuk dilawan. Gunakan bantuan profesional untuk mengatasi masalah ini.

Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Carevo Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics