Beranda > Artikel > 8 Cara Mengatasi Kepala Pusing, Berikut Cara Ampuhnya

8 Cara Mengatasi Kepala Pusing, Berikut Cara Ampuhnya

cara mengatasi kepala pusing

Mengalami sakit kepala dan terasa pusing sudah jadi sesuatu yang biasa dialami oleh sebagian besar orang. Meskipun sederhana, namun penyakit ini sangatlah mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Penyebabnya bisa jadi karena dehidrasi, pola tidur tidak teratur, stres, hingga gejala penyakit. Gejala sakit kepala sangat mudah di deteksi sehingga penangannya pun cukup mudah dan tanpa mengonsumsi obat. Cara mengatasi sakit kepala dan kepala pusing sebenarnya kembali pada apa penyebabnya.

8 Cara Mengatasi Pusing dan Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Jika anda mengalami kepala pusing jangan di diamkan, segeralah meredakan sakit kepala tanpa obat dengan beberapa hal berikut ini

1. Gunakan kompres

Cara mengatasi kepala pusing dengan mengompres kepala ini dapat dilakukan dengan menggunakan air dingin atau air panas. Apabila yang terjadi adalah sakit kepala migrain, maka sebaiknya gunakan kompres dingin atau es batu di area yang sakit. Kompres dingin dapat mengurangi rasa sakit dengan cepat karena suhu dingin dapat membatasi pembuluh darah sekaligus membantu mengurangi transmisi rasa sakit oleh saraf ke otak.

Sebaliknya, jika pusing diikuti rasa tegang pada otot di sekitar leher, maka kompres dengan air hangat. Letakkan bantalan pemanas atau kompres hangat di area leher atau belakang kepala untuk mengurangi ketegangannya.

2. Ringankan tekanan di area kepala

Tekanan di area kepala juga menyebabkan sakit kepala dan pusing , seperti mengikat rambut terlalu kencang, mengenakan topi atau helm yang sempit, atau kacamata yang sempit dapat menyebabkan sakit kepala ,cara menghilangkan sakit kepala karena tekanan di area kepala ini cukup sederhana, segera saja lepaskan tekanan di area kepala Anda, lalu pijat-pijat kepala dengan tekanan ringan untuk melancarkan kembali aliran darah dan membantu meredakan sakit kepala.

3. Latihan relaksasi

Rutin melakukan latihan relaksasi juga dapat mengatasi kepala pusing yang sering terjadi beberapa kali. Anda dapat melakukan latihan peregangan sederhana seperti yoga, meditasi dan stretching Latihan dengan tekanan ringan dan dilakukan dengan merilekskan pikiran ini dapat membantu meringankan sakit kepala secara perlahan-lahan.

4. Minum teh

Teh memiliki kandungan kafein yang tidak begitu tinggi. Kandungan kafein ini dapat membantu meredakan sakit kepala yang Anda rasakan. Namun cara mengatasi kepala pusing dengan meminum secangkir teh hangat juga tidak boleh terlalu sering. Minum teh hanya saat kepala terasa sakit saja untuk meredakannya sesaat. Jika terjadi lagi di hari yang sama, sebaiknya coba periksakan diri ke dokter.

5. Matikan lampu

Jika saat merasa pusing Anda sedang berada di ruangan yang cukup terang atau sedang bekerja di depan komputer, sebaiknya segera berhenti. Segera matikan gadget, komputer, atau lampu ruangan untuk mengatasi sakit kepala. Meredupkan pencahayaan juga dapat dilakukan untuk mengurangi penyerapan cahaya yang diterima oleh saraf mata dan membuat Anda merasa pusing.

6. Minum olahan jahe

Selain teh, minuman lain yang cukup efektif sebagai cara mengatasi kepala pusing adalah olahan jahe, terutama jika kepala pusing yang Anda rasakan adalah migrain. Kandungan gingerol dan shogaol pada jahe dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Itu sebabnya kepala pusing dapat mereda setelah meminum air rebusan jahe hangat.

7. Lakukan pijatan ringan

Cara mengatasi kepala pusing lainnya adalah dengan melakukan pijatan ringan. Pijatan ini dapat Anda lakukan sendiri dengan memijat area pelipis atau leher untuk mengurangi sakit kepala tegang. Kepala pusing juga bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak benar dan menyebabkan otot-otot jadi kaku dan tegang. Pijatan ringan ini akan membuat area yang tegang tersebut menjadi rileks.

8. Tetap terhidrasi

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan (dehidrasi) juga salah satu penyebab sakit kepala dan terasa pusing. Itu sebabnya cara mengatasi kepala pusing yang juga efektif adalah banyak minum air putih. Tidak hanya mengkonsumsi air putih saat pusing saja, Anda juga sebaiknya selalu menjaga agar tubuh tetap terhidrasi setiap hari.

Jika kepala pusing terus-menerus terjadi, disertai gejala lainnya seperti mual, keringat dingin sebaiknya langsung Anda periksakan ke dokter karena bisa jadi kepala pusing tersebut sebagai tanda dari adanya penyakit lainnya yang lebih parah.

Mayo Clinic Staff. (2018). Dizziness (http://www.mayoclinic.com/health/dizziness/DS00435)

Higginson, L. (n.d.). Dizziness of light-headedness when standing up (http://www.merckmanuals.com/home/heart-and-blood-vessel-disorders/symptoms-of-heart-and-blood-vessel-disorders/dizziness-or-light-headedness-when-standing-up)

Dizziness? (2015, May 5) (http://my.clevelandclinic.org/symptoms/dizziness/hic_what_is_dizziness.aspx)

Denner, K. (2013, June 21). Neurologist: How to know when dizziness is serious (https://vestibular.org/news/06-21-2013/neurologist-how-know-when-dizziness-serious)

Important facts about falls. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/homeandrecreationalsafety/falls/adultfalls.html.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :