Beranda > Artikel > Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Ampuh Untuk Anda

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Ampuh Untuk Anda

Mabuk perjalanan atau dalam Bahasa Inggris disebut motion sickness merupakan sensasi berputar atau terkocok. Umumnya mabuk perjalanan itu akan dirasakan oleh orang-orang yang sedang berkendara dengan mobil, kapal laut, pesawat atau kereta.

Proses terjadinya mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan dirasakan karena ada perbedaan sensasi yang dialami oleh organ-organ keseimbangan kita, organ-organ tersebut adalah mata, telinga, dan otot-otot di tungkai bawah. Sensasi tersebut kemudian dikirimkan berupa sinyal ke dalam otak kita. Karena sinyal tersebut disampaikan secara bersamaan, otak kita tidak dapat mengolah secara sekaligus, sehingga akhirnya kita merasakan pusing.

Sebagai contoh pada saat kita sedang di dalam pesawat terbang, kita merasakan turbulensi atau getaran di udara, mata kita tidak bisa melihat turbulensi itu, tetapi badan kita bisa merasakan nya.

Faktor risiko dan gejala yang dirasakan

Mabuk perjalanan umum nya dirasakan oleh anak-anak dan ibu-ibu hamil. Pada wanita hamil, pengalaman berupa gangguan di telinga dalam meningkatkan risiko terjadinya sensasi pusing. Selain dari organ kita, mabuk perjalanan juga bisa kita alami saat kita sedang membaca buku atau bermain gawai kita. Kemudian adanya penyakit berupa sakit kepala (umumnya migraine) sebelum nya.

Gejala-gejala yang umum nya dikeluhkan oleh penderita, yaitu berupa rasa mual yang dapat diikuti dengan muntah, kemudian sensasi kehilangan keseimbangan. Selain gejala-gejala yang sudah disebutkan bisa juga ditemukan wajah penderita berubah menjadi pucat disertai keringat dingin dan rasa sakit kepala. Kemudian dari dalam mulut kita, kita bisa merasakan jumlah air liur kita bertambah, perut kita terasa terkocok atau tidak nyaman. 

Bisakah mabuk perjalanan dicegah?

Mabuk perjalanan tentu dapat dicegah ada beberapa tips agar tidak mengalaminya. Ini tips-tips yang bisa diikuti:

  1. Lakukan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dengan cara menarik nafas dalam, sambil mata terbuka dan fokus melihat ke satu objek yang tidak ikut bergerak, atau bisa juga dilakukan sambil memejamkan mata.
  2. Hindari konsumsi alkohol sebelum berangkat dan jangan lupa makan. Makan yang dimaksudkan adalah isi perut jangan sampai terlalu kekenyangan karena justru dapat meningkatkan risiko muntah. Hindari memakan makanan pedas dan asam sebelum perjalanan.
  3. Hirup udara segar, hindari merokok selama perjalanan.
  4. Jangan membaca buku dan bermain gawai selama di sarana transportasi.
  5. Pilihlah posisi yang tepat. Misal pada saat di dalam pesawat, pilih posisi di dekat sayap, kemudian saat di dalam kapal, naiklah ke dek atas kapal, kemudian pada saat berkendara di dalam mobil, duduklah di kursi depan supaya dapat melihat pemandangan dari kaca depan sehingga Anda dapat fokus pada objek yang tidak bergerak.
  6. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan.

 

Obat-obatan yang dapat diminum

Bila Anda masih sering merasa terganggu dengan mabuk perjalanan ini, berikut ini obat-obatan yang dapat dikonsumsi, yaitu Dimenhidrinat dan Scopolamin. Sebelum mengonsumsi obat-obatan disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar dapat terhindar dari minum berlebihan obat dan efek samping nya.

Kapan saya harus pergi berobat ke dokter?

Bila Anda mengalami mabuk perjalanan, rasa tidak nyaman yang dirasakan akan hilang dengan sendiri nya begitu perjalanan berakhir. Anda disarankan untuk mengunjungi dokter bila keluhan-keluhan yang sudah disebutkan tetap dirasakan, meskipun sudah sampai ke tujuan.

  1. Heitz, David (2021, Februari, 8). Motion Sickness. Diakses dari https://www.healthline.com
  2. Why do I get motion sickness? Diakses pada Februari 8, 2021 dari: https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/motion-sickness#1

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :